4 Cara Mengobati Scabies Kucing Secara Tradisional

cara mengobati scabies kucing
Klik Disini

Cara mengobati scabies kucing bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara tradisional, menggunakan obat apotek, hingga upaya dengan menggunakan obat suntik.

Sebagai pemelihara kucing yang bertanggung jawab, berbagai upaya harus dilakukan agar scabies pada kucing bisa cepat sembuh, karena kalau kelamaan terjangkit juga kasihan dan juga biar tidak menyebar kemana mana sampai parah atau malah biar tidak menular ke orang rumah.

Cara Mengobati Scabies Kucing Secara Tradisional

cara mengobati scabies kucing

Scabies meski sama sama disebabkan oleh kutu, namun berbeda dengan kucing kutu-an. Karena kutu scabies menyerang hingga kedalam jaringan kulit. Sehingga sangat menyiksa dan berpotensi cepat parah.

Baca juga Kucing Belang 3 Membawa Rezeki, Benarkah? Cek Faktanya

Berikut ini usaha yang bisa dilakukan untuk cara mengobati scabies kucing secara tradisional:

1. Pisahkan Kucing yang Infeksi dengan Kucing Lainnya

Sebelum melakukan pengobatan kepada kucing scabies, sebaiknya isolasi dulu dari kucing lainnya. Anda harus berupaya agar kucing yang lainnya tidak tertular. Sebab penyakit ini termasuk yang gampang menular.

Bahkan kepada manusia juga bisa menular, jadi Anda perlu hati hati dan selalu cuci tangan hingga bersih setelah bersentuhan.

2. Berhenti Berbagi Wadah Kepada Kucing yang Masih Sehat

Untuk mencegah potensi tertularnya kucing yang masih sehat, Anda bisa berupaya dengan cara berhenti berbagi wadah antara kucing sehat dan infeksi.

Anda harus menyikat wadah dan gunakan sabun agar benar benar bersih, jangan sampai masih tertinggal kutu atau telur nya.

3. Bersihkan Kandang dan Alat Makan

Selanjutnya coba kalian sterilkan kandang dan alat makan dengan mencucinya hingga bersih. Atau jika Ada uang, gunakan wadah yang baru untuk kucing yang masih sehat.

Pokoknya sebisa mungkin menghindari potensi yang bisa menyebabkan kucing sehat tertular dari yang sakit.

4. Obati Kucing Scabies dengan Minyak VCO

Minyak VCO merupakan kependekan dari Virgin Coconut Oil, sehingga Anda bisa memakai ini bila memang tidak terlalu suka dengan obat kimia seperti salep.

Cuma karena ini bahan alami, maka proses penyembuhan biasanya tidak secepat salep dari dokter. Tapi ini sangat minim efek samping. Sebab masih merupakan bahan alami. Anda dapat menggunakan bahan ini sebagai upaya cara mengobati scabies kucing.

Berapa Lama Scabies Kucing Sembuh

cara mengobati scabies kucing

Apabila Anda menggunakan obat dokter, terhitung dari mulai awal pengobatan, maka kucing akan mulai terlihat sembuh setelah berlangsung selama sekitar 30 hari. Namun jika Anda menggunakan bahan alami atau tradisional, maka potensinya bisa lebih lama dari 30 hari itu.

Baca juga Obat Scabies Kucing di apotik

Intinya sih, semakin cepat ditangani maka proses sembuh nya akan lebih cepat. Misalkan saja scabies yang baru menyerang area telinga tentu akan lebih cepat sembuh dibanding yang sudah menjalar ke setengah badan.

Dan apabila yang sudah menyerang hingga ke seluruh badan, maka potensi sembuhnya juga akan semakin lama dibandingkan yang baru terkena setengah badan saja.

Selain itu, jika belum parah, cara mengobati scabies kucing jadi agak lebih mudah.

Apakah Scabies Kucing Bisa Sembuh Sendiri

Dikutip dari berbagai sumber, Scabies kucing tidak bisa sembuh sendiri, Anda harus memberikan pengobatan baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan pergi ke dokter hewan.

Baca juga Cara Menghilangkan Kutu Kucing Alami: Garam & Telon

Namun Pada umumnya, para pecinta kucing yang memiliki keuangan pas hanya akan pergi ke apotek untuk membeli salep dan sampo yang memang khusus dibuat untuk menghilangkan scabies.

Nah bagi yang keuangan lumayan lega, mereka biasanya lebih memilih memeriksakan kucing mereka ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya.

Tapi yang perlu diingat adalah entah bagaimanapun caranya, itu adalah bebas. Yang penting sebagai pemilik harus berusaha mencoba menyembuhkan scabies kucing.

Scabies Kucing Menular ke Manusia

Scabies pada kucing dapat menular ke kulit manusia dan dapat bertahan hingga 10 hari setelah scabies nempel ke kulit manusia, namun kutu scabies tidak dapat melakukan reproduksi di kulit manusia.

Baca Juga Kucing Mixdom: Jenis, Ciri Ciri, dan Harga Terbaru 2022

Sehingga setelah sekitar 10 hari, biasanya Anda akan sembuh. Tapi apakah Anda mau selama 10 harian itu kena scabies ? tentu tidak bukan ?

Jadi Anda memang diharapkan untuk terus berhati hati ketika sedang merawat salah satu kucing kamu yang sudah kena scabies. Ketika Anda melakukan upaya cara mengobati scabies kucing, harap selalu perhatikan kebersihan tangan Anda.

Cucilah tangan Anda setelah melakukan kontak langsung dengan kucing atau kandang kucing. Jangan asal cuci tapi yah, gunakan sabun atau sampo kucing.

Nah kalau sudah terlanjut terinfeksi, maka Anda harus memeriksakan diri Anda ke dokter, walaupun scabies tidak akan bereproduksi dalam kulit Anda.

Namun scabies akan bertahan di kulit Anda selama sekitar 10 harian, jadi jika selama itu tidak mau menderita, sebaiknya obati kulit Anda ke dokter atau dengan salep yang memang dibuat khusus untuk itu.

Demikian informasi mengenai cara mengobati scabies kucing tradisional dan beberapa pertanyaan umum yang kerap ditanyakan perihal penyakit ini.