Kucing Mixdom: Jenis, Ciri Ciri dan Harga Terbaru 2022

Kucing mixdom
Klik Disini

Kucing Mixdom adalah jenis kucing yang dihasilkan dengan cara perkawinan silang antara induk kucing domestik dengan induk kucing Ras apapun. Namun sebaiknya gunakan induk ras bagus sebagai yang jantan dan domestik yang betina.

Istilah Mixdom itu sendiri adalah singkatan dari Mix Domestik, yang artinya campur domestik. Campuran antara induk ras dengan induk domestik.

Jenis Kucing Mixdom

Kucing mixdom

Kucing Mixdom sebagai hasil persilangan antara kucing domestik dan kucing ras lain, sejatinya bisa memiliki jenis yang banyak. Sebab itu tergantung dari seberapa banyak kucing ras yang di silangkan dengan kucing domestik.

Baca juga Kucing Belang 3 Membawa Rezeki, Benarkah? Cek Faktanya

Nah berikut ini beberapa jenis Kucing Mixdom yang umum ada di Indonesia dan dunia:

1. Munchkin Mixdom

Jenis kucing ini adalah hasil persilangan antara Ras Munchkin dan Domestik. Jenis Mixdom ini tergolong yang populer diantara campuran lain. Sebab hasil keturunan yang dihasilkan cukup bagus.

Biasanya mereka akan memiliki kaki pendek dan termasuk kelompok hewan yang mungil karena badannya tergolong kecil. Tapi warna bulu mereka, biasanya cukup indah.

2. Persia Mixdom

Selanjutnya adalah jenis yang dihasilkan dari persilangan antara Persia dan Domestik. Kucing jenis ini biasanya masik memiliki ciri khas Persia yang agak dominan.

Sehingga di pasar pun masih cukup laku, namun dengan persentase sekitar 50% dari nilai Persia asli.

3. Tuxido Mixdome

Tuxido Mixdome juga merupakan hasil dari persilangan dengan kucing Dom. Ciri khas dari jenis kucing ini adalah biasanya memiliki 2 buah warna bulu saja, yaitu hitam dan putih.

Namun meski begitu, Tuxido cukup populer di kalangan pecinta kucing, sebab untuk pemeliharaan dan perawatan bisa dilakukan dengan cukup mudah.

4. Kucing Tabby Mixdome

Kucing Tabby campuran ini memiliki ciri khas berupa bulu bergaris dengan pola warna bulu yang terlihat seperti berpencar.

Adapun warna yang sering dimiliki oleh kucing ini adalah keabuan, kecokelatan atau orange. Lalu di bagian kaki dan dada biasanya ada tanda putih.

5. Kucing Maine Coon Campuran

Maine Coon terkenal sebagai kucing berbulu panjang, sehingga hasil keturunanya pun akan memiliki ciri khas bulu yang panjang.

Campuran dari kucing ini cukup diminati oleh para kalangan pecinta kucing, sebab harganya cukup jauh dengan yang asli. Jadi lebih terjangkau gitu.

6. Kucing Siam Campuran

Kucing siam cukup banyak peminatnya di Indonesia, dan ini juga yang akhirnya ada keturunan kucing siam dan domestik. Kucing hasil campuran ini mewarisi dua gen yang cukup berbeda dari kedua induknya.

Oleh sebab itu, ciri fisik dan sifatnya benar benar diwarisi oleh kedua ras induknya.

7. Himalaya Mixdom

Ras selanjutnya yang tak kalah populer adalah Himalaya & Dom. Bahkan keduanya cukup sering dikawinkan, sehingga di pasarnyapun stoknya tidak sampai kekurangan.

Sama seperti jenis lainya, Himalaya Mixdom memiliki nilai jual yang cukup jauh dengan yang asli, paling tidak hanya sekitar 50 persenan.

Ciri Ciri Kucing Mixdom

Kucing mixdom

Kucing Mixdom yang dihasilkan dari 2 perkawinan antar ras, jelas memiliki ciri ciri yang hampir sama dengan para induknya. Namun secara umum meski berbeda beda ras, bisa dilihat melalui beberapa bagian tubuh.

Baca juga Cara Menghilangkan Kutu Kucing Alami: Garam & Telon

Berikut ini ciri ciri kucing mixdom:

1.  Bulu Ekor Mirip Anggora dan Persia

Dikutip dari berbagai sumber, bulu ekor kucing Mixdom cenderung mirip dengan Anggora dan Persia. Karena sebagian besar kucing yang disilangkan dengan domestik adalah kedua ras tersebut.

Tak heran sebagian besar ras mixdom yang beredar juga mirip Persia dan Anggora.

2. Leher Terlihat Pendek

Ciri selanjutnya bisa kalian lihat di lehernya, dimana leher mereka terlihat seperti sangat pendek dan beberapa diantaranya malah nyaris terlihat seperti tidak memiliki leher sama sekali.

Namun kasus leher yang super pendek itu cukup jarang, yang paling umum adalah hanya terlihat pendek. Tidak sampai parah banget.

3. Wajah Oval

Sebagai hasil dari sebuah persilangan dua ras yang cukup berbeda leluhur, maka Mixdom cenderung memiliki wajah oval. Apalagi umumnya mereka juga keturunan dari Persia dan Anggora.

Kedua ras tersebut memang ras yang paling populer di Indonesi untuk dipelihara, sehingga tak jarang ketika keluar rumah, mereka mengawini kucing kampung.

Alhasil terlahirlah ras semacam ini.

4. Bulu Kucing Pendek (Shorthair)

Kebanyakan hasil dari perkawinan silang ini adalah menghasilkan keturunan kucing bulu pendek hingga medium. Artinya meski agak panjang, namun tidak sepanjang seperti Maine Coon itu.

Jadi memang mayoritas Mixdom, utamanya di Indonesia adalah termasuk ke dalam Shorthair Cat.

Harga Kucing Mixdom

Harga kucing Mixdom tergantung dari rasa apa yang menjadi induknya, namun rata rata dijual mulai dari Rp150.000 hingga Rp2.000.000. Semua tergantung dari umur, kondisi dan ras induk.

Baca juga Kucing Belang Tiga: Ciri, Fakta, Mitos, & Harga

Berikut ini secara detail, beberapa perkiraan harga pasaran Mixdom di Indonesia:

  • Mixdom Persia Kitten, harganya sekitar Rp150.000 – Rp200.000
  • Mixdom Anggora Kitten, harganya sekitar Rp150.000 – Rp300.000
  • Himalaya Mixdom Anak, harganya sekitar Rp300.000 – Rp500.000
  • Bengal Mixdom harganya diatas 1 juta
  • Siam Midxom Anak, harganya sekitar Rp150.000 – Rp200.000

Demikian pembahasan mengenai artikel kami yang berjudul Kucing Mixdom: jenis, ciri ciri, dan harga terbaru 2022.