5 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

cara mengatasi kucing tidak mau makan
Klik Disini

Cara mengatasi kucing tidak mau makan harus diketahui dahulu penyebabnya, baru nanti mencari solusi yang paling tepat sesuai dengan penyebab yang telah ditemukan.

Adapun penyebab kucing tidak mau makan juga cukup beragam, mulai dari makanan, perubahan lingkungan, stress, hingga penyakit. Jadi Anda harus melalakukan identifikasi penyebab tersebut agar mudah dalam mengembalikan nafsu makan kucing.

Obat Alami Kucing Tidak Mau Makan

cara mengatasi kucing tidak mau makan

Obat alami kucing tidak mau makan yang paling terkenal adalah madu, Anda bisa mencampurkan sedikit madu kedalam makanan basah kucing, agar makanan tersebut bisa ikut termakan karena terasa manis.

Baca juga Cara Mengobati Scabies Kucing Secara Tradisional

Namun yang perlu diingat jangan kasih madu secara brutal, karena pencernaan kucing tidak diciptakan khusus untuk minum madu dengan dosis banyak.

Nah alasan kenapa madu menjadi obat alami, karena madu dikenal sebagai salah satu obat alami yang bisa membantu menaikan nafsu makan kucing. Dan perlu Anda ketahui, Khasiat madu untuk kucing yang luar biasa, sudah dikenal sejak dahulu oleh para pecinta kucing.

Nah selain menggunakan madu, ternyata Anda juga bisa mencoba melakukan ini sebagai bentuk upaya cara mengatasi kucing tidak mau makan. Berikut caranya:

  • Panaskan Makanan Basah Kucing

Salah satu cara mengatasi kucing tidak mau makan yang pertama adalah bisa dengan upaya memanaskan makanan kucing basah di microwave dengan tempo yang singkat, biar tidak terlalu panas.

Tujuan dihangatkan nya makanan basah ini, biar bau yang dikeluarkan tambah menyengat dan siapa tahu bisa menggoda kucing untuk mencium dan memakan makanan tersebut.

Cara ini paling efektif digunakan saat kucing yang tidak mau makan disebabkan oleh bosan sama makanan sehari hari / bagi yang sedang flu.

  • Mencari Makanan Kucing Merk / Rasa Lain

Jika Anda menemukan penyebab kucing tidak nafsu makan karena sudah lama tidak mengganti makanan kucing. Maka cara mengatasi kucing tidak mau makan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari makanan kucing merk lain dengan rasa yang berbeda pula.

Baca juga Cara Menghilangkan Kutu Kucing Alami: Garam & Telon

Tapi perlu saya ingatkan, karena ini sifatnya mencoba, jadi sebaiknya beli yang repack saja. Tujuanya biar kalau kucing tetap gak suka, gak terbuang sia saia. Toh kalaupun justru malah suka, tinggal beli lagi yang ukuran besar.

  • Membuat Makanan Racikan Sendiri

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat makanan kucing ala racikan sendiri. Anda bisa mencampurkan beberapa bahan sekaligus untuk membuat makanan khusus ini.

Beberapa bahan makanan yang populer adalah ikan ikanan, daging ayam, dan beberap bahan makanan lain yang bersumber dari daging hewan lain.

Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

cara mengatasi kucing tidak mau makan

Cara mengatasi kucing tidak mau makan dan lemas harus dengan cara mencari tahu dahulu penyebabnya, baru nanti dicari solusi paling tepat. Karena beda penyebab, maka cara mengatasinya pun beda.

Baca juga Kucing Mixdom: Jenis, Ciri Ciri, dan Harga Terbaru

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

Langkah pertama dalam cara mengatasi kucing tidak mau makan dan lemas memang adalah dengan mengetahui dahulu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab yang umum:

  • Bosan Dengan Makanan yang Biasa

Nah penyebab umum yang biasanya terjadi adalah karena bosan dengan makanan yang biasa ia makan. Seperti halnya manusia, kucing juga bisa merasa bosan dengan rasa makanan yang sama terus tiap harinya.

Jika ini yang terjadi, kamu bisa pergi ke Petshop. Lalu cari makanan kucing lain dan beli yang ukuran repack. Jika memungkinkan jangan beli satu merk.

Biar ketika kamu coba merk A dan belum berhasil, bisa lanjut ke merk selanjutnya tanpa harus balik lagi ke Petshop.

  • Tidak Mau Makan Setelah Ganti Makanan

Ini adalah kebalikan dari penyebab pertama, ketika Anda merasa sudah lama menggunakan merk tertentu dengan rasa yang sama, lalu berinisiatif mengganti dengan merk lain. Maka saat sedang apes dan ternyata kucing tidak cocok, ya jadinya anabul tidak mau makan.

Jangankan untuk makan, untuk nyium aja kayaknya ogah. Untuk itu, salah satu saran yang bisa sampaikan adalah ketika berinisiatif akan ganti merk, beli ukuran repack terkecil.

Tujuanya biar kalau tidak cocok kayak gini, tidak mubazir dan tidak rugi banyak juga. Selain itu, Anda juga bisa melihat review makanan kucing terlebih dahulu sebelum membelinya.

  • Kucing Stres

Layaknya manusia, kucing ternyata juga stress loh. Ini biasanya saat terjadi perubahan lingkungan yang cukup signifikan. Apakah itu Anda pindah rumah, pergantian cuaca, hingga kamu baru saja membeli hewan peliharaan lain (Utamanya Anjing).

Karena kucing dan anjir sering tidak akur. Meski tidak semuanya, ada juga yang akur dan malah saling menyayangi sih.

  • Sakit

Nah penyebab terakir yang paling umum adalah karena kucing sedang mengalami sakit. Penyakit yang umum bikin nafsu makan kucing menurun drastis adalah demam, flu, dan batuk.

Pokoknya hampir mirip sama manusia dah, Nah kalau sudah begini, ya sebaiknya pergi ke dokter hewan saja. Atau bisa juga membeli obat di apotek sesuai dengan keluhan yang dialami kucing.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi kucing tidak mau makan dan lemas lengkap dengan obat alaminya.