6 Tanda Kucing Mau Melahirkan Dan Persiapan Nya

tanda kucing mau melahirkan
Klik Disini

Tanda kucing mau melahirkan memang harus kamu tahu, sebab ini sangat bermanfaat saat kamu menemukan kondisi dimana kucing kamu hamil dan sudah waktunya untuk melahirkan anaknya.

Dengan mengetahui tanda tandanya, maka akan membuat kamu menjadi tidak gugup saat menghadapi anabul kesayangan mau melahirkan. Selain itu, ini juga biar kamu tidak salah mengambil tindakan saat menyambut calon anggota baru.

Tanda Kucing Mau Melahirkan

tanda kucing mau melahirkan

Saat kucing Anda hamil muda, sebaiknya kamu kenali dan ketahui mengenai tanda tanda kucing mau melahirkan. Utamanya agar kamu nanti tetap tenang dalam membantu proses persalinan.

Baca juga Ciri Ciri Kucing Cacingan: Penyebab & Obat Alami Terbaru

Berikut tanda kucing mau melahirkan:

1. Kucing Jadi Lebih Manja

Tanda kucing mau melahirkan yang pertama adalah induk kucing berubah sikap menjadi lebih manja kepada pemiliknya. Ia akan lebih sering menggesekan tubuh dia ke kaki Anda sebagai wujud rasa manja.

Selain itu, mereka juga menjadi caper karena ingin dimanja.

2. Mengeong Sepanjang Waktu

Nah tanda kedua adalah induk kucing jadi aktif bersuara hingga bisa dibilang brisik. Karena suara yang dikeluarkan sangat sering terjadi.

3. Menjilati Tubuhnya

Nah, tanda ketiga adalah induk kucing menjadi lebih sering menjilati tubuhnya, utamanya daerah yang deket dengan lubang kelahiran.

Tanda seperti ini biasanya dikeluarkan kalau memang benar benar sudah saatnya kucing mau lahir.

4. Mencari Tempat Yang Nyaman dan Hangat

Biasanya jika sudah hitungan jam, maka induk kucing akan segera mencari tempat yang paling nyaman untuk melahirkan, dan biasanya juga mencari tempat yang hangat.

Atas dasar inilah kebiasaan kucing kampung pada beranak di lemari atau di bawah kolong tempat tidur dengan membawa kain sebagai alas.

Nah Anda sebagai pemilik, bisa menempatkan induk kucing kedalam kandang beserta dikasih kain kain untuk alas induk kucing melahirkan.

5. Keluar Cairan Dari Kelenjar Susu

Nah tanda selanjutnya adalah akan keluar cairan dari kelenjar susu kucing saat sudah dekat waktu kelahiran. Ini juga terjadi kepada manusia, dimana biasanya saat sudah mau melahirkan, beberapa wanita sudah mulai keluar ASI.

6. Air Ketuban Pecah

Nah tanda kucing mau melahirkan yang lain adalah pecahnya air ketuban induk kucing. Untuk tanda ini, bila sudah terjadi dan kamu saksikan. Maka saya ucapkan selamat, karena tinggal menunggu jam saja untuk anak kucing yang pertama keluar dari induk kucing kesayangan.

Persiapan Kucing Mau Melahirkan

tanda kucing mau melahirkan

Sebagai pemilik kucing yang bertanggung jawab, saat Anda sudah menyadari tanda kucing mau melahirkan, maka segera persiapkan alat alat untuk membantu kucing yang mau melahirkan.

Baca juga Kucing Domestik: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

Nah berikut adalah beberapa alat yang bisa dipersiapkan:

  1. Kotak bersarang untuk ditaruh di kandang / tempat yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  2. Bantalan Penyerap yang ditaruh disekeliling kontak bersarang untuk digunakan sebagai penyerap segala jenis cairan yang akan keluar saat kucing melahirkan.
  3. Bantal Pemanas yang ditaruh dibawah kotak bersarang, tujuanya untuk menghangatkan suhu, terutama saat anak kucing sudah lahir. Biar mereka tidak kedinginan.
  4. Handuk bersih, nah handuk ini digunakan untuk membersihkan anak kucing saat sudah lahir.

Penyebab Kucing Susah Melahirkan

Layaknya pada manusia, beberapa kucing juga bisa mengalami susah melahirkan loh, misalkan yang harusnya sekian jam sudah keluar semua. Ini bisa memakan waktu lebih lama lagi.

Baca juga Kucing Eksotis: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

Berikut ini penyebab kucing susah melahirkan:

  • Panggul Kucing Abnormal

Maksud dari panggul kucing abnormal adalah pada bentuknya. Oleh sebab bentuk panggul yang tidak normal pada kucing, akan membuat jalan keluar persalinan jadi terganggu, dan efek selanutnya akan membuat induk kucing susah dalam melahirkan anak mereka.

  • Panggul Kucing Sempit

Nah penyebab kucing susah melahirkan yang kedua adalah karena panggul kucing sempit. Ini juga biasa terjadi manusia, karena panggul sempit, maka jalan keluar bayi kucing juga jadi sempit.

Nah akibat jalur keluar sempit, maka anak kucing menjadi susah keluar. Tak heran nantinya prosesnya bisa berlangsung 2x dari biasanya.

  • Kontraksi Uterus Tidak Memadai atau Lemah

Selanjutnya adalah permasalahan pada Uterus. Dimana kontraksi Uterus yang harusnya kuat, malah lemah. Akibatnya anak kucing kurang mendapat dorongan untuk keluar.

Nah dalam kasus seperti ini, biasanya induk kucing jadi susah mengeluarkan anak anaknya karena kurangnya kontraksi uterus.

Tanda Air Ketuban Kucing Pecah

Tanda air ketuban kucing pecah adalah munculnya cairan yang keluar dari jalur peranakan kucing. Tanda seperti ini hampir mirip sama yang dialami manusia. Sebab sama sama melahirkan pula.

Saat Air ketuban sudah pecah, maka tinggal menunggu jam saja untuk kucing betina bisa melahirkan semua anak anaknya.

Tapi yang paling umum dan normal adalah dibutuhkan hingga setengah hari untuk induk kucing bisa melahirkan sampai selesai.

Demikian artikel mengenai tanda kucing mau melahirkan lengkap dengan penyebab, dan persiapan yang harus kamu lakukan untuk membantu proses persalinan.