Gejala Scabies Kucing: Obat, & Harga Suntik Terupdate

scabies kucing
Klik Disini

Scabies Kucing adalah penyakit kudis pada kucing yang biasanya disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei dan Notoedres cati dan bersifat menular, baik ke sesama hewan maupun ke manusia.

Pada kucing peliharaan, umumnya penyakit scabies ditularkan dari hewan lain yang sudah terinfeksi, sebab penularan penyakit ini memang cukup gampang dan cepat.

Gejala Awal Scabies Kucing

scabies kucing

Scabies adalah salah satu penyakit mengerikan yang menyerang kucing, karena selain menular. Kalau sudah parah, kucing akan terlihat sangat mengerikan dan menjijikan. Oleh sebab itu, segera obati saat sudah mengetahui sejak awal.

Baca juga Cara Mengobati Scabies Kucing Secara Tradisional

Berikut ini gejala awal scabies kucing:

1. Sering Menggaruk dan Menggigit Kulit

Salah satu gejala awal dari penyakit ini adalah kucing terlihat sering menggaruk tubuhnya disertai kadang kadang seperti menggigit bulu dan kulitnya.

Bila ini terjadi coba periksa ke area yang di jilat secara terus menerus, lihatlah apakah terdapat luka, iritasi, atau koreng. Karena umumnya yang kena scabies akan mengalami hal tersebut.

2. Bulu Rontok Sebagian

Nah gejala kedua yang mulai terlihat adalah bulu kucing akan mulai rontok pada bagian yang terinfeksi, ini biasanya disebabkan karena kutu scabies sudah mulai beraksi di dalam kulit anabul kesayangan.

Apabila sudah demikian, langsung saja bawa ke dokter sebelum tambah parah, apalagi kalau sudah menyebar. Maka tampilan kucing benar benar tidak enak dilihat loh.

3. Muncul Koreng / Iritasi Kulit Pada Bagian Bulu Rontok

Tidak seperti kerontokan bulu yang terjadi akibat salah makan atau salah sampo. Rontoknya bulu kucing biasanya akan dibarengi dengan munculnya koreng atau iritasi pada bagian tersebut.

Kalau sudah masuk fase ini sih, sudah cukup parah. Anda benar benar harus cepat cepat mengobatinya. Karena kasian, kucing akan merasakan gatal sepanjang waktu, tanpa memiliki hari libur.

4. Kulit Berkerak

Selanjutnya yang akan dialami kucing adalah munculnya kerak kulit akibat dari perbuatan kutu yang telah menginfeksi kulit kucing secara brutal.

Kalau ini sampai terjadi, saya sendiri sebagai pecinta kucing, selain merasa kasian, juga jijig dan takut pada bentuknya. Bahkan saya bisa merinding dibuatnya.

Kalau pada tahap ini, sudah tidak bisa ditawar. Anda harus benar benar membawanya ke dokter agar cepat sembuh. Sebab untuk yang sedang saja bisa sampai 1 bulan baru sembuh, apalagi yang sudah parah seperti ini. Bisa makin lama loh.

Obat Scabies Kucing

scabies kucing

Obat Scabies kucing bisa Anda dapatkan di online maupun offline, namun umumnya adalah berbentuk salep dan obat semprot yang harus dicampurkan dahulu dengan air bersih.

Baca juga Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

Berikut ini daftar obat scabies kucing:

  • Scabies

Obat Scabies ini adalah salah satu yang memiliki bentuk berupa salep dan bisa mengobati infeksi ecto parasit / sarcoptes scabiei ticks. Anda dapat menggunakanya dengan cara dioleskan ke bagian kulit yang terinfeksi.

Sementara itu, untuk harganya berkisar Rp30.000 kalau di marketplace besar seperti shopee, lazada, dan tokopedia.

  • Amitraz

Amitraz adalah obat scabies yang berbentuk cair, dan untuk menggunakanya adalah harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Baru nantinya di semprotkan pada area infeksi.

Setelah disemprot secara perlahan, Anda bisa menggosok gosok kulit kucing tersebut. Lalu untuk harga adalah sekitar Rp70.000 –an.

  • Scadix

Obat yang ketiga adalah Scadix. Merk ini merupakan salah satu yang cukup laris karena mengandung trichlorfon, neomycin sulphate dan juga ampicillin trihydrate guna mengatasi scabies.

Adapun cara memakainya adalah tinggal Anda semprotkan ke kulit scabies secara merata sesuai anjuran / dosis.

  • Biodin Natural Antiseptic

Biodin Natural Antiseptic adalah salah satu obat yang bisa berguna untuk menyembuhkan kucing akibat bakteri, jamur maupun parasit kutu seperti scabies.

Yang menarik dari obat ini adalah dalam memakainya, tidak perlu dibilas lagi. Jadi tinggal tunggu hingga kering. Alasan kenapa tidak usah dibilas, karena jika dijilat oleh kucing maka tidak akan membahayakan.

  • Flluffy

Sama seperti merk diatas, Fluffy juga mengklaim kalau obatnya tidak apa apa jika dijilat kucing. Jadi untuk memakai ini, cukup semprotkan ke bagian yang ada scabies nya.

Lalu setelah itu tidak usah diapa apain, karena tanpa dibilaspun, jika terjilat oleh lidah kucing. Maka tidak akan menyebabkan keracunan atau masalah apapun.

Harga Suntik Scabies Kucing

Harga suntik scabies kucing yang umum berlaku di dokter hewan adalah antara Rp100.000 – Rp300.000, ini tergantung dari jenis obat yang disuntikan oleh dokter langganan Anda.

Baca juga Kucing Mixdom: Jenis, Ciri Ciri, dan Harga Terbaru 2022

Adapun jenis obat suntik yang akan dipakai juga nantinya disesuaikan dengan keadaan kucing, apakah baru gejala awal atau justru sudah parah.

Jadi kesimpulannya, semakin parah keadaan kucing Anda, maka potensinya adalah harga suntik scabies kucing menjadi semakin mahal lagi. Demikian informasi mengenai Scabies Kucing: gejala, obat, dan harga suntik terupdate.