Kucing Sphynx: Asal, Harga Dan Makanannya Terbaru

Kucing Sphynx
Klik Disini

Kucing Sphynx merupakan salah satu ras kucing paling unik, karena jika kita lihat secara kasat mata, kucing ini benar benar terlihat seperti tidak memiliki bulu di tubuhnya.

Namun jika dilihat secara detail, ternyata sebenarnya ada, cuma jumlahnya benar benar sangat sedikit, sehingga nyaris tidak terlihat. Apalagi kalau yang biasa memelihara kucing Anggora atau semacamnya, mungkin akan terkejut.

Kucing Sphynx

Kucing Sphynx

Dikutip dari Wikipedia, asal Kucing Sphynx adalah dari daerah Toronto Kanada, dan ditemukan pada tahun 1966. Jadi bila Anda menganggap ini berasal dari Mesir, jelas salah. Walaupun memang menggunakan nama Sphynx yang identic dengan tanah Mesir.

Baca juga Kalung Kucing Nama, Lonceng Dan Harga Terbaik

Jika ingin mengetahui sejarah ditemukan nya kucing ini, maka kita bisa memulainya dari awal, dimana saat itu ada sepasang kucing lokal yang berhasil melahirkan anak kucing tanpa bulu.

Lalu seiring berjalan nya waktu, pada tahun 1970, CFA sebagai salah satu organisasi cacing dunia, akhirnya memutuskan untuk melakukan perkembangbiakan ras ini dengan diberi nama Canadian Hairless.

Namun sayangnya setelah berjalan beberapa waktu, mereka menyadari adanya masalah terkait kesehatan kucing tersebut yang sangat serius. Oleh sebab itu, CFA akhirnya mengakhiri usaha perkembangbiakan ras tersebut, dan dibiarkan punah tanpa memiliki keturunan lagi.

Selanjutnya pada tahun1975, pemilik pertanian di Minnesota bernama Milt dan Ethelyn berhasil menemukan dua ekor anak kucing tanpa bulu lagi yang dilahirkan dari induk kucing domestik seperti kasus awal tadi.

Lalu kedua kucing tersebut dibeli oleh breeder (peternak kucing professional) untuk di perkembangbiakan dan silangkan demi memperoleh keturunan yang tidak memiliki gangguan kesehatan yang fatal.

Dan puncaknya mereka mencoba mengawinkan hasil keturunan dari kedua kucing tanpa bulu itu dengan ras Devon rex, demi memiliki garis keturunan kucing tanpa bulu dengan gen kesehatan yang baik.

Adapun hasil dari percobaan tersebut ternyata benar benar menghasilkan anak kucing tanpa bulu dengan kesehatan yang normal, dan anak kucing tersebut diperkenalkan ke dunia dengan nama “Kucing Sphynx”.

Lalu sejak saat itu, keturunan kucing ini beberapa kali di silangkan terus dengan ras Devon rex, hingga mendapatkan gen kucing yang lebih bagus.

Dan anak anak dari hasil persilangan tersebut yang menjadi nenek moyang Sphynx masa ini.

Harga Kucing Sphynx

Kucing Sphynx

Harga Kucing Sphynx sangat bervariasi tergantung dari usia dan induk, namun harga pasaran nya berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp25.000.000 . Semakin dewasa usia kucing, maka harganya akan semakin tinggi.

Baca juga Rekomendasi Kandang Kucing Dan Harga Terbaru

Nah untuk melihat detail nya, bisa lihat table di bawah ini:

Nama KucingUsiaHarga
Sphynx Kitten2 BulanRp2.000.000
Sphynx Anakan3 BulanRp3.200.000
Sphynx Anakan Jantan6 BulanRp4.200.000
Sphynx Anakan Betina6 BulanRp4.200.000
Sphynx Asli Betina Jantan1 TahunRp10.500.000
Sphynx Ras Asli2 TahunRp21.000.000
Sphynx Tipe Jantan Nonped3 TahunRp6.000.000
Sphynx Dewasa3 TahunRp 25.000.000

Harga harga diatas tidak mesti sama dengan harga yang ditawarkan penjual. Sebab penjual akan melakukan kalkulasi modal dan biaya yang telah mereka keluarkan.

Selain itu, vaksin atau tidak vaksin juga biasanya akan mempengaruhi harga kucing di sebuah breeding. Namun untuk range dan perkiraan harganya, maka bisa melihat data tabel di atas.

Tujuannya agar setelah kamu melihat perkiraan harganya, kamu jadi bisa menyiapkan budget sebelum memutuskan pergi ke peternakan kucing.

Makanan Kucing Sphynx

Kucing Sphynx

Kucing Sphynx adalah salah satu jenis kucing yang memiliki bulu sangat sedikit, bahkan nyaris tanpa bulu. Oleh sebab itu, dalam memberikan makanan pun jelas tidak boleh sembarangan.

Baca juga Kucing Bulu Pendek: Jenis Amerika Dan Eropa Terbaru

Nah agar Anda tidak khawatir dan bingung, maka Anda bisa memberikan makanan ke kucing Sphynx dengan produk Royal Canin Sphynx, alasannya karena produk ini dibuat secara khusus untuk jenis ras unik ini.

Bahkan di bagian depan kemasan nya, ditegaskan secara khusus dengan gambar kucing Sphynx beserta nama di bawahnya.

Perlu Anda ketahui pula, makanan kering dari merk Royal Canin Sphynx memiliki kandungan energi yang ideal untuk kebutuhan spesifik ras Sphynx. Karena ia tak memiliki bulu yang banyak, maka makanan energy yang masuk juga harus banyak agar tubuh tetap hangat.

Lalu kombinasi khusus dari minyak borage, biotin, vitamin A dan seng akan meningkatkan kesehatan kulit dan membantu memerangi kulit berjerawat yang nyaris tanpa bulu itu.

Perlindungan dan penghalang kulit akan dibantu oleh asam lemak omega-3 dan omega-6 (EPA DAN DHA), yang memang terkenal dengan efeknya untuk melindungi dan membuat kulit jadi lembab.

Lalu kandungan Taurin yang di kombinasi dengan L-Karnitin yang terkandung di dalamnya akan membantu meningkatkan kekuatan kontraksi otot jantung dari ras Sphynx ini.

Sementara itu, untuk harga Royal Canin Sphynx biasa di banderol dengan harga Rp250.000 hingga Rp300.000. Data ini kami peroleh dari beberapa marketplace besar di Indonesia. Namun bila itu terlalu mahal, Anda bisa mencoba merk lain yang untuk kucing secara umum.

Demikian pembahasan kami mengenai artikel yang berjudul Kucing Sphynx: Asal, Harga, & Makanan Terbaik.