Kucing Savannah: Jenis, Harga Dan Makanan Terlengkap

kucing savannah
Klik Disini

Kucing Savannah merupakan salah satu jenis kucing hibrida yang berasal dari hasil perkawinan silang antara kucing liar Serval dari Afrika dengan kucing domestik Ras Siam, Bengal, dan Mesir.

Perkawinan silang ini, pertama kali dilakukan oleh seorang peternak kucing bernama Jude Frank, dimana ia mencoba mengawinkan kucing Bengal dengan Serval, sehingga lahirkan jenis baru bernama Savannah.

Nah akibat percobaan itu, Savanah menjadi salah satu kucing unik yang berdarah Hibrida. Namun tak hanya itu, ternyata Savanah memiliki keunikan lain.

Yang mana keunikan tersebut adalah ia telah dinobatkan sebagai ras kucing terpanjang oleh Guiness World Rekor. Dimana kucing yang berhasil memecahkan rekor dunia tersebut memiliki panjang 44 cm.

Jenis Kucing Savannah

Kucing Savannah

Kucing Savannah merupakan kucing hasil dari persilangan beberapa ras dengan kucing liar Serval hingga akhirnya menciptakan jenis Baru.

Baca juga Scabies Kucing: Gejala, Obat, & Harga Suntik Terupdate

Dan jenis baru itu bisa dikelompokan menjadi beberapa jenis. Berikut daftarnya:

1. Savannah F1                                   

Savannah F1 merupakan jenis kucing yang masih memiliki darah keturunan Serval sebanyak 50 persen. Biasanya Savannah ini dihasilkan saat Anda pertama kali mencoba perkawinan silang Antara Serval dengan Kucing Ras lain, seperti Bengal.

2. Savannah F2

Apabila Anda mencoba mengawinkan F1 dengan kucing lain seperti Siam misalnya, maka keturunan nya hanya akan memiliki 25% darah Serval. Lah kucing ini nantinya yang dinamakan dengan Savannah F2.

3. Savannah F3

Savannah F3 adalah bentuk selanjutnya dari Savannah, dimana ia merupakan hasil perkawinan dari Savannah F2 dengan kucing ras lain selain dari ras Serval. Karena nantinya kadar darah Serval di kucing F3 hanya 12,5 %.

Ini karena Savannah F3 sudah dikawinkan beberapa kali dan menjadi kucing hibrida.

4. Savannah F4

Jenis Kucing Savannah F4 adalah keturunan dari kucing F3 yang telah dikawinkan silang kembali dengan selain Serval, sehingga ini menyebabkan darah keturunan Serval sisa 6,25% saja.

Kucing jenis ini adalah yang paling hibrida dari F3. Apalagi kalau induk induk persilangnya beda beda.

5. Savannah F5

Terakhir adalah ada jenis Savannah F5. Ini merupakan jenis Savannah terakhir yang hanya memiliki darah Serval sebanyak 3,15 % saja. Karena dari setiap anak F1 hingga F4 dikawinkan dengan selain ras Serval sehingga akhirnya tercipta Savannah dengan gen Serval 3,15 % saja.

Harga Kucing Savannah

kucing savannah

Harga kucing Savannah dengan kualitas bagus biasanya sekitar US$ 25.000 atau sekitar Rp356 juta, ini biasanya untuk yang jenis F1, yang masih memiliki darah Serval sekitar 50%.

Baja juga Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

Namun harga itu dicapai saat sekitar 2014. Untuk saat ini harganya sudah agak turun. Bahkan di Indonesia disebut sebut hanya sekitar Rp35 Jutaan, tapi bukan yang F1.

Alasan kenapa kucing ini mahal, karena Kucing Serval itu termasuk kucing liar, dimana tubuhnya bahkan terlihat seperti macan tutul. Karena banyak tutul tutulnya, khas kucing hutan gitu.

Selain itu, dalam perawatanya juga tidak sembarang, biaya perawatan bulanan untuk kucing ini cukup mahal loh, apalagi untuk pakan sehari harinya.

Tak cukup disitu, dalam menyediakan tempat untuk memeliharanya juga tidak bisa sembarangan. Nah karena hal inilah, wajar sekali jika breeding memberikan harga yang cukup mahal untuk jenis kucing yang satu ini.

Makanan Kucing Savannah

Makanan Kucing Savannah adalah daging dagingan yang masih segar dan jangan sekali kali berikan makanan kucing pabrik yang seperti biasa kamu berikan ke ras kucing lain.

Baca juga Cara Mengobati Scabies Kucing Secara Tradisional 

Kenapa bisa demikian ? Karena Kucing Savannah merupakan hasil keturunan dari kucing liar Serval yang sehari harinya berburu untuk mendapatkan daging segar.

Perilaku ini yang akhirnya membuat keturunannya memiliki sifat yang sama, yaitu suka daging. Bahkan kalau Anda ingin memeliharanya, selain menyediakan daging segar sehari hari. Kamu perlu menyediakan lahan yang cukup lebar dengan rumput di bawahnya, biar kucing nyaman saat kamu pelihara.

Sebagai kucing yang dihasilkan dari kucing liar, maka naluri bertempat tinggal layaknya hutan juga masih melekat.

Bukan rahasia umum lagi, untuk mendapatkan keturunan kucing hutan dengan sifat lembut dan naluri berburu yang rendah. Paling tidak harus menghabiskan sampai sekitar 7 turunan loh.

Jadi bila Savannah ini masih keturunan pertama, maka pantas saja jika masih memiliki naluri kuat induknya, sehingga makanan pun harus daging segar.

Yah paling tidak Anda harus selalu menyediakan daging ayam segar di dalam rumah, untuk makanan sehari hari Savannah.

Dan tak lupa pula, jangan sampai memelihara binatang kecil lainya di rumah, kalau tidak mau nanti malah jadi sasaran dari Savannah. Pokoknya jangan memelihar burung deh, atau nanti malah di makan.

Kecuali Anda memiliki kandang besar yang bisa membatasi pergerakan dari Savannah ini.

Demikian informasi mengenai Kucing Savannah lengkap dengan jenis jenis, harga, dan makanan apa yang cocok untuk mereka.