Jenis Kucing Persia Medium: Harga dan Ciri Ciri nya

kucing persia medium

Kucing Persia Medium adalah salah satu jenis kucing Persia yang memiliki hidung setengah pesek ( tidak mancung & tidak pesek) dan merupakan hasil perkawainan dengan kucing lokal.

Artinya, Persia medium dihasilkan dari perkawinan silang antara Persia dan Lokal, yang kemudian menghasilkan perpaduan hidung antara kedua ras (tidak mancung dan tidak pesek)

Harga Kucing Persia Medium

kucing persia medium

Harga kucing Persia medium berkisar antara Rp250.000 – Rp10.000.000, tergantung dari usia dan kualitas induk jantan dan betina yang disilangkan.

Baca juga Biaya Steril Kucing: Jantan & Betina Terbaru 2022

Nah berikut ini harga kucing Persia Medium yang ada di marketplace:

Jenis & UsiaHargaTempat
Kucing Betina Umur 1 bulanRp1.563.000Priceza.co.id
Kucing Persia Medium Abu Abu 8 BulanRp9.999.999Priceza.co.id
Kucing Medium 2 BulanRP1.300.000Priceza.co.id
Kucing Medium BetinaRp799.999Tokopedia.com
Kucing Medium Longhair JantanRp2.400.000Tokopedia.com
Kucing Flatnose MediumRp1.600.000Tokopedia.com
Kucing Medium LonghairRp1.800.000Tokopedia.com

Jenis Kucing Persia Medium

kucing persia medium

Medium Persian Cat yang dihasilkan dari perkawinan silang antara Persia dan kucing lokal ternyata bisa dibedakan sesuai warna bulu dan tipenya loh.

Baca juga Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Paling Lengkap

Nah berikut ini jenis kucing Persia Medium:

1. Persia Medium Shorthair

Persia Medium Shorthair merupakan hasil perkawinan silang antara Persia Betina denga Jantan lokal, atau bisa juga sebaliknya. Yaitu Persia Jantan dan Betina Lokal.

Ciri khas yang dimiliki oleh Persia Medium adalah memiliki bulu yang menyerupai induk lokal, sehingga berbulu pendek. Selain itu mereka juga akan mewarisi gen lain dari indukan lokal.

Entah itu dari bentuk fisik lain, hingga sifat yang biasanya menjadi ciri khas dari kucing lokal pada umumnya.

2. Persia Medium Longhair

Persia Medium Shorthair adalah hasil perkawinan antara Persia dan kucing lokal berbulu panjang. Sehingga hasilnya adalah anak kucing yang memiliki bulu panjang.

Meski pada sebagian kasus, persilangan antara Persia dan lokal berbulu pendek juga bisa menghasikan kucing bulu panjang. Tapi hal ini terjadi cukup jarang, karena kenyataanya mereka malah lebih sering dihasilkan dari perkawinan dua induk yang sama sama memiliki bulu panjang pada tubuhnya.

Hal itu karena syarat perkawinan dengan kucing lokal shorthair, maka sang anak harus mewarisi gen fisik dari Persia.

Ciri Ciri Kucing Persia Medium

Untuk mengenal lebih dalam mengenai kucing Persia Medium, maka Anda haru membaca karakteristik yang dimiliki mereka.

Baca juga Makanan Kucing Anggora Biar Gemuk dan Pantangan Nya

Nah berikut ini adalah beberapa ciri ciri kucing Persia Medium yang bisa terlihat jelas:

1. Memiliki Hidung yang Sedang / Medium

Artinya, jenis kucing ini memiliki panjang hidung yang tidak mancung ataupun pesek, sehingga dikatakan berhidung medium (sedang).

Karakteristik semacam ini bisa didapat oleh Persia Medium, karena ia merupakan anak dari hasil perkawinan silang antara Persia yang berhidung pesek, dengan kucing lokal yang memiliki hidung normal dan sedikit mancung.

Oleh sebab itulah, hasil campuran antara kedua gen telah menghasilkan anak kucing dengan bentuk hidung tidak pesek dan juga tidak mancung.

2. Bentuk Wajah Tidak Terlalu Datar

Meski pada umumnya kucing Persia memiliki muka datar akibat hidung yang pesek. Namun pada versi Persia Medium, justru mukanya tidak datar datar banget, karena masih ada tonjolan dari hidung yang memang tidak pesek.

Jika Anda mencoba membandingkan antara Medium dan Peaknose dalam satu meja, Anda akan dapat melihatnya dengan jelas. Betapa ratanya jenis Peaknose jika dibandingkan dengan Persian Medium.

3. Wajahnya Tidak Terlalu Bulat, Cenderung Agak Lancip

Meski normalnya kucing Persia memiliki wajah yang bulat karena gemuk, namuk pada versi Medium, justru wajahnya tidak terlalu bulat dan agak lancip mirip indukan yang berasal dari lokal.

Perkawinan silang antara dua ras kucing, memang pada umumnya akan menghasilkan perpaduan dua gen dari masing masing induk kucing.

Baca Juga : Penyebab Kenapa Kucing Mengeong Terus Tengah Malam dan Gelisah

4. Bulu Kucing Persian Medium Ada yang Panjang dan Ada yang Pendek

Bulu kucing Persian Medium memang terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda, yaitu shorthair dan longhair. Namun meski ada yang memiliki shorthair, tapi jika dibandingkan dengan kucing bulu pendek lainya, maka bulu kan terlihat sedikit lebih panjang.

Begitupun sebaliknya, jika yang versi longhair, akan terlihat kalau panjang bulunya tidak sepanjang kucing Persia.

5. Kaki Kucing Medium Sedikit Lebih Kuat dibanding Persia Murni

Kaki kucing Persian Medium akan mewarisi gen dari induk kucing kampung, sehingga akan memiliki lebih banyak kekuataan di bagian kaki di banding yang keturunan murni.

Namun jika dibandingkan dengan ras Lokal, Maka Persia Medium masih kalah dalam hal kekuatan dan panjangnya.

Sebab Persia Medium, masih mewarisi gen kucing Persia yang terkenal pendek dan memiliki badan yang gemuk. Sehingga hasil perpaduan ras tersebut menghasilkan anak kucing yang seperti ini.

Demikian lah informasi kucingku.id mengenai Kucing Persia Medium lengkap dengan harga, jenis, dan ciri ciri terbaru.