Kucing Muntah Kuning: Penyebab, Obat & Pertolongan Pertama

kucing muntah kuning
Klik Disini

Kucing muntah kucing adalah kejadian muntah yang dialami kucing dengan mengeluarkan dzat campuran asam lambung dan empudu serta bewarna kuning.

Nah kejadian itu umum dialami kucing sebagai suatu reaksi terhadap apa yang tidak seharusnya ada di perut kucing. Sehingga sebab musabab muntah tersebut bisa beraneka ragam loh catslovers.

Penyebab Kucing Muntah Kuning

kucing muntah kuning

Penyebab kucing muntah kuning bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal, tidak harus karena sakit, meski kucing sedang sehat, mereka juga bisa muntah sebagai reaksi atas suatu hal.

Baca juga Cara Merawat Kucing Bagi Pemula yang Benar

Berikut ini penyebab kucing muntah kuning:

1. Konsumsi Makanan / Benda Asing

Penyebab umum mengenai kucing yang muntah biasanya disebabkan oleh kucing yang makan makanan yang tidak seharusnya ia makan, seperti kecoa, rumput, atau hal lainya.

Saya pribadi pernah menjumpai kucing perumahan tanpa pemilik yang memakan rumput, kemudian tak berselang lama, ia memuntahkan rumput tersebut beserta dzat yang bewarna kuning.

2. Makan terlalu cepat

Apakah kamu tahu apa yang dinamakan dengan keselek pada manusia, umumnya keselek pada manusia disebabkan oleh makan terlalu cepat. Nah ini juga terjadi pada kucing, yang mana ia bisa muntah jika makan terlalu cepat dan keselek.

3. Salah Memberi Makan

Penyebab berikutnya yang umum terjadi adalah disebabkan oleh kesalahan pemberian makanan atau minuman yang menyebabkan dia bereaksi seperti itu karena perutnya tidak cocok.

MIsalkan kamu mencapurkan beberapa merk makanan untuk percobaaan pergantian makanan. Selang beberapa lama, bila tidak cocok maka secara alami, kucing bisa memuntahkanya kembali dengan disertai dzat yang bewarna kuning, karena makanan tersebut sudah sempat masuk ke area perut.

4. Infeksi Bakteri Atau Parasit

Nah ini biasanya terjadi ketika kucing baru saja memakan hewan liar atau baru saja meminum air WC. Beberapa binatang yang bisa memicu infeksi bakteri atau semacamnya adalah kecoa dan tikus got.

Karena kedua hewan tersebut hidup di tempat kotor yang banyak bakteri dan parasitnya. Bahkan bila kucing tidak pernah makan kecoa, sekali dia makan kecoa, bisa langsung muntah saat itu juga.

5. Keracunan

Sama seperti manusia, kucing yang mengalami keracunan juga berpotensi untuk muntah muntah disertai dengan keluarnya lendir bewarna kuning.

Adapun keracunan makanan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari makanan sudah expired, makanan sudah jamuran, hingga makan bintang yang mengandung parasite.

6. Reaksi Normal Dari Empedu

Empedu pada kucing berfungsi sebagai pemecah lemak yang tidak diperlukan tubuh kucing, dan hasil dari reaksi tersebut adalah menghasilkan lendir warna kuning atau hijau. Nah pembuangan lendir tersebut bisa melalui kotoran saat pup, atau bisa melalui muntah.

7. Kucing Habis Operasi

Nah apabila kucing Anda terkena penyakit lalu di operasi, kadang kala kucing akan muntah. Ini normal sebagai reaksi akibat tindakan operasi tersebut.

Pertolongan Pertama Kucing Muntah Kuning

kucing muntah kuning

Ketika kamu menghadapi permasalahan kucing muntah yang disertai lendir berwarna kuning tidak perlu panik, yang penting kamu harus melakukan hal hal yang benar.

Baca juga Wet Food Kucing: Harga & Cara Menyimpan Agar Bisa Lama

Nah berikut ini cara melakukan pertolongan pertama kucing muntah kuning:

1. Jangan Berikan Makanan Apapun Sekitar 12 jam

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah jangan memberikan makanan apapun ke kucing yang baru muntah, biarkan perut dia kosong dan memuntahkan hal hal yang menjadikan perutnya tidak enak.

Baru setelah sekitar 12 jam, kamu coba berikan makanan  kembali dengan makanan yang biasa. Namun sebelum itu, periksa terlebih dahulu apakah makanannya berjamur atau tidak.

2. Berikan Sedikit Air Kelapa Atau ES Setelah Sekitar 12 Jam

Tujuan diberikanya air kelapa adalah untuk menetralkan perut kucing yang sempat bermasalah. Seperti yang sudah kita tahu, air kelapa memang memiliki manfaat untuk menetralkan racun.

Selain air kelapa, Anda juga bisa menggunaka air es. Adapun cara pemberianya adalah bisa dilakukan menggunakan sendok.

3. Berikan Sedikit Makanan Setelah 30 Menit dikasih Minum

Salah satu hal lain yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah memberikan sedikit makanan kepada kucing setelah melakukan langkah yang kedua.

Jadi pemberian makan ini dilakukan saat kondisi perut kucing sudah kita coba netralkan dari segala hal yang mungkin menjadi penyebab dia muntah kuning.

Obat Alami Kucing Muntah Kuning

kucing muntah kuning

Obat Alami Kucing Muntah Kuning adalah air kelapa atau air es, karena air kelapa bermanfaat untuk menetralkan perut kucing kemungkinan kemasukan makanan / benda yang seharusnya tidak masuk ke perut kucing.

Baca juga Grooming Kucing: Arti, Harga Dan Syarat Terlengkap

Seperti misalkan ternyata kucing muntah kuning setelah dikasih makanan yang setelah diperiksa ada jamurnya, maka air kelapa akan membantu menetralkan keadaan perut kucing.

Namun perlu diingat, berikan air kelapa setelah sekitar 12 jam pasca muntah, Anda bisa lakukan hal yang saya jelaskan diatas mengenai pertolongan pertama pada kucing muntah.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan kucing muntah kuning.