Kucing Hamil Berapa Bulan ? Cek Berapa Lama & Cirinya

kucing hamil berapa bulan
Klik Disini

Kucing hamil berapa bulan dan ciri cirinya masih sering suka ditanyakan oleh para pecinta kucing yang masih awam, atau masih baru belajar memelihara hewan yang menggemaskan ini.

Sebagai hewan mamalia, kucing memang berkembang biak dengan melahirkan. Oleh sebab itu, ia akan mengalami fase kawin dan hamil. Baru nanti akan melahirkan beberapa ekor anak lucu setelah usia kehamilanya sudah cukup matang.

Cara Mengetahui Kucing Hamil Berapa Bulan

kucing hamil berapa bulan

Untuk mengetahui kucing hamil berapa bulan. Maka Anda harus membaca mengenai ciri ciri kucing hamil secara lengkap.

Sebab berbeda dengan manusia yang dihitung dari terakhir menstruasi. Maka bagi kucing tidak berlaku demikian.

Baca juga Ciri ciri kucing paling lengkap

Berikut ini cara mengetahui kucing hamil berapa bulan:

  • Jika perut mulai membesar dengan ukuran puting yang mulai membesar pula, maka kemungkinan usia kehamilan kucing sudah memasuki setengah bulan (2 minggu – 3 minggu).
  • Bila kucing sudah mulai menjilati bagian kelaminnya, maka artinya usia kehamilan sudah sekitar 55 – 60 harian alias sudah mau melahirkan.

Untuk itu, bilamana Anda hendak memperkirakan usia kehamilan kucing secara manual, ya harus dengan melihat tanda tanda seperti yang sudah admin jelaskan diatas.

Bagaimana? cara mengetahui kucing hamil berapa bulan sangat mudah kan?

Berapa Lama Kucing Hamil Setelah Dikawinkan

kucing hamil berapa bulan

Untuk mengetahui jarak antara kehamilan dan masa kawin, maka Anda harus mengingat rentang waktu proses perkembangbiakan kucing.

Baca juga Kucing British: Harga dan jenis Kucing British Shorthair terlengkap

Berikut berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan:

Waktu yang dibutuhkan untuk kucing betina bisa hamil adalah setelah sekitar 3 hari pasca dilakukan perkawinan dengan pejantan. Sedangkan ciri ciri kehamilan yang terlihat jelas adalah setelah 30 hari setelah perkawinan, dimana harusnya perut kucing sudah mulai terlihat membesar.

Dikutip dari berbagai sumber, umumnya masa pembuahan ovum oleh sperma pejantan adalah 2 – 3 hari setelah sperma itu masuk kedalam Rahim kucing betina.

Jadi apabila kamu melakukan program perkawinan kucing dengan data yang dicatat dan dilakukan di kandang, maka kamu akan bisa mengetahui tahapan tahapan kehamilan kucing hingga melahirkan.

Perlu di ketahui pula, Masa kehamilan kucing itu berlangsung sekitar 58 – 67 hari, atau sekitar 2 bulanan. Sedangkan jarak antara perkawinan dengan kehamilan adalah 2 – hari.

Lalu pada saat mejelang usia persalinan, kucing betina biasanya akan terlihat mulai menjilati alat kelaminnya dan mungkin membuat suara yang tidak biasa dan terasa tidak nyaman.

Apabila tanda tanda seperti itu terlihat di kucing kamu, maka siap siap saja. Oh ya, bagi kucing yang pertama kalai hamil, biasanya ia juga akan terlihat mondar-mandir dan bersikap cemas (seperti manusia).

Ciri Ciri Kucing Hamil 1 Bulan

Bilamana Anda masih bingung apakah kucing Anda sudah hamil 1 bulan atau belum. Coba perhatikan ciri ciri dibawah ini, untuk memastikannya.

Baca Juga Olive Care Vitamin Kucing: Review, Cara Pemakaian, dan Manfaatnya

Berikut ini ciri ciri kucing hamil 1 bulan:

1. Puting Lebih Besar dan Bewarna Merah

Ciri pertama yang bisa kalian lihat adalah pada perubahan putingnya. Dimana pada saat memasuki usia kehamilan 14 – 18 hari, putting terlihat sudah mulai membesar dari sebelum hamil.

Adapun pada bagian warnanya juga terlihat lebih merah.

2. Kucing Alami Ngidam dan Muntah

Layaknya manusia, kucing juga akan alami ngidam dan muntah saat kehamilan awal. Jadi apabila kamu mendapatki hewan kesayangan telah mengalami masa ini, dengan dibarengi putting yang bewarna lebih merah dari sebelumnya.

3. Perut Terlihat Mulai Membesar

Saat kucing Anda memasuki usia hampir pas 1 bulan, maka perutnya sudah terlihat agak membesar. Karena sudah berisi beberapa janin kucing yang nantinya akan dilahirkan 1 bulan kemudian.

Umumnya perut kucing mulai terlihat besar pada minggu ke empat, atau sekitar umur 1 bulan.

4. Nafsu Makan Meningkat

Ketika kucing mulai memiliki janin pada perutnya, maka nafsu makan mereka juga akan meningkat. Dan ketika usia kehamilan kucing sudah 1 bulan, maka peningkatan nafsu makan akan terlihat lebih jelas.

5. Perubahan Sikap Menjadi Manja dan Jarang Bergerak

Seperti manusia, Ibu kucing juga akan mengalami perubahan sikap menjadi lebih manjad dan lebih suka diam daripada bertingkah.

Sebab pada masa kehamilan, kucing akan mudah mengalami kelelahan akibat membawa beberapa janin sekaligus pada perutnya.

6. Meningkatnya Berat Badan

Saat kucing hamil, tentu berat badanya akan bertambah. Apabila sebelum masa perkawinan kucing kamu telah menimbangnya, maka coba perhatikan berapa berat yang sudah ia punya setelah hamil.

Pastinya di usia kehamilan 1 bulan, berat badan kucing telah bertambah cukup pesat dari sebelum ia mengandung.

Untuk usia 1 bulan, biasanya penambahan berat kucing berkisar 1 Kg. Ini tergantung dari berapa anak yang ada di perut ibu kucing.

Demikian artikel mengenai kucing hamil berapa bulan, lengkap dengan pembahasan mengenai cara mengetahui usia kehamilan kucing beserta ciri cirinya yang paling umum.