Kucing Eksotis: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

Kucing Eksotis
Klik Disini

Kucing Eksotis merupakan kucing yang dihasilkan dari perkawaninan silang antara ras Kucing Persia dengan American Shorthair (kucing bulu pendek Amerika).

Ras Eksotis memiliki ciri fisik, karakter, dan kesehatan seperti ras Persia, hanya saja ia juga telah mewarisi sifat American Shorthair lengkap dengan bulunya yang pendek.

Jenis Kucing Eksotis

Kucing Eksotis

Jenis kucing Eksotis memiliki tinggi badan yang pendek dengan bahu yang besar dan otot yang kuat. Berat badan pada umumnya bisa mencapai sekitar 3.5-6 kg.

Baca juga Kucing Siberia: Harga, Ciri Ciri, & Makanan Terbaik

Kemudian pada bagian bulu, ia mewarisi gen American Shorthair, dimana bulunya pendek, tetapi lebih panjang sedikt dari kucing berbulu pendek lainnya. Selain itu jika dipegang terasa halus, lembut, padat, dan dapat berdiri.

Lalu mengenai  kepala kucing Exotis, ia memiliki bentuk bulat dan besar, dengan dahi yang lebar. Serta pada bagian pipi cukup berisi lengkap dengan rahang yang kuat.

Di bagian matanya, berbentuk bulat dan besar, dengan warna mata bisa berwarna kuning, biru, tembaga, dan keemasan.

Harga Kucing Eksotis

Kucing Eksotis

Harga kucing Eksotis termasuk kedalam kategori yang lumayan mahal, sebab harga untuk yang kitten saja, mencapai jutaan.

Baca juga Jenis Kucing Kampung: Langka, Termahal, dan Warna Nya

Berikut ini beberapa daftar harga kucing eksotis yang beredar di internet:

  1. Eksotis Shorthair Kitten harga Rp3.900.000
  2. Eksotis Shorthair Kitten Hitam harga Rp3.500.000
  3. Eksotis Shorthair Kitten Peaknose harga Rp5.000.000
  4. Eksotis Shorthair Jantan Rp7.700.000
  5. Eksotis Shorthair Kitten Hitam Putih Rp4.000.000

Sifat Kucing Eksotis

Sifat Kucing Eksotis diturunkan oleh ras American Shorthair, sehingga keduanya sangat mirip dalam hal tingkah laku sehari hari.

Baca juga Kucing Scottish Fold: Jenis Dan Harga Mix Exotic

Berikut ini sifat sifat Eksotis Shorthair Cat:

1. Tenang

Jenis Eksotis merupakan kucing yang memiliki tingkah perilaku tenang tidak mudah panik, dalam menghadapi berbagai ancaman maupun gangguan dari binatang lain ataupun manusia, ia cenderung akan tetap tenang.

Hal ini karena ia mewarisi karakter dari American Shorthair yang memiliki sikap tenang saat menghadapi sesuatu.

2. Anggun

Selain tenang, kucing ini bersifat anggun atau cool. Layaknya manusia, seorang kucing yang tenang jika diperhatikan juga akan terlihat cool.

3. Lincah

Meski kucing ini tenang dalam menghadapi suatu hal, namun sekali ia bergerak ataupun bermain. Gerakanya sangat lincah, ini juga disebabkan oleh warisan dari kucing Amerika Bulu Pendek.

Sangat jarang loh, menemukan kucing yang bertipe seperti ini, seolah olah memiliki kepribadian yang banyak.

4. Aktif

Jenis Eksotis memang kucing yang tenang, tapi sekali dia bergerak. Maka dia akan aktif kesana kemari. Ini juga tak luput dari warisan American Shorthair yang aktif bergerak.

5. Senang Bermain

Selain aktif, kucing ini juga termasuk hewan yang suka bermain. Apalagi Eksotis cukup dengan manusia, sehingga apabila ia sedang bersama pemilikinya. Ia akan mengajak sang pemilik untuk bermain.

Kunci dari sifat kucing yang agak saling bertolak belakang ini adalah karena mereka hasil perpaduan dari dua ras yang memiliki sifat berbeda pula.

Namun jika diperhatikan lebih dalam, sebenarnya tidak bertolak belakang. Karena sifat yang dipunyai berjalan sesuai kondisi. Jika sedang istirahat dia tenang, tapi jika waktunya bermain, dia akan sangat aktif.

Jadi kalau diibaratkan ke manusia, justru lebih condong seperti bersifat professional.

Cara Merawat Kucing Eksotis

Kucing Eksotis termasuk ke dalam kategori kucing yang memiliki bulu pendek, namun pendeknya masih agak panjang. Jadi bisa dibilang medium, sehingga cara perawatan kucing seperti ini benar benar harus diperhatikan.

Alasan harus diperhatikan adalah agar kucing tidak kutuan apalagi jamuran. Karena semakin panjang bulu, resiko kutuan dan jamuran juga semakin tinggi.

Berikut ini cara merawat jenis Eksotis:

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

1. Berikan Makanan yang Bergizi dan Tinggi Protein

Ras Eksotis termasuk yang memiliki nilai jual tinggi, selain karena Ras. Ini juga disebabkan oleh makanan mereka yang tidak sembarangan dan berkualitas.

Oleh sebab itu, jangan rusak kucing jenis ini dengan memberikan makan secara sembarangan. Apalagi sampai memberikan nasi atau ikan asin. Ini cukup berbahaya untuk kesehatan bulu kucing.

2. Mandikan Kucing Secara Teratur dengan Sampho

Meski kucing sebenarnya bisa mandi sendiri, Namun sebagai pemilik yang bertanggung jawab Anda harus tetap memandikan minimal seminggu sekali.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kutu yang berkembang biak di bulu kucing. Sebab mandi kucing yang dilakukan dengan menjilati bulunya, tidak bisa membersihkan kutu bila sudah terlanjur bertelur di bulu.

Oleh sebab itulah diperlukan yang namanya samphoo kucing untuk menghindari hal hal samacam itu.

3. Sering Ajak Dia Main

Nah hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus sering sering mengajak dia main. Sebab kucing ini tergolong ke dalam jenis kucing yang suka terhadap manusia dan juga suka bermain dengan pemiliknya.

Dengan mengajaknya bermain, selain akan menambah kedekatan hubungan antara hewan peliharaan dengan pemiliknya, juga akan mencegah kucing menjadi stress karena bosan dan jarang diajak main.

Hal semacam ini sangat berarti bila kucing Anda sering ditinggal kerja, dan dirumah tidak ada hewan peliharaan lain yang bisa diajak bermain.

Demikian informasi mengenai Kucing Eksotis lengkap dengan jenis, harga, makanan, hingga cara perawatan yang paling tepat agar kucing tetap sehat.