Kucing Domestik: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

kucing domestik
Klik Disini

Kucing Domestik adalah kucing yang khas asli dari suatu daerah, seperti jika di Indonesia bernama kucing kampung lokal. Yang mana kucing tersebut merupakan khas Indonesia dan sudah menjadi kucing rumahan.

Adapun jika menurut Wikipedia, kucing domestik merupakan kucing rumahan yang sudah dijinakan atau bisa juga berarti kucing besar (singa, dll) yang dijinakan.

Jenis Kucing Domestik

kucing domestik

Jenis jenis kucing domestik yang paling umum di Indonesia bisa dibedakan berdasarkan warna bulu atau pun jenis indukan.

Baca juga Kucing Eksotis: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

Berikut daftar jenis kucing Domestik:

1. Kucing Domestik Belang Tiga

Jenis pertama berasal dari warna bulu yang mengandung tiga warna berbeda, atau biasa disebut sebagai kucing Belang Tiga.

Kucing Belang Tiga memang memiliki kemungkinan untuk dilahirkan di ras apa saja, asal memiliki kelainan genetika, utamanya pada induk jantan.

2. Kucing Oren

Kucing Oren / Orange sering sekali menjadi artis karena suka dijadikan sebagai konten keren berkat keberanian dari kucing ini. Digambarkan dalam setiap konten creator, kucing oren adalah kucing yang berbulu oren polos dengan sifat yang berani.

Terkadang dia bahkan berani bertengkar dengan 2 anjing sekaligus, atau kadang kadang ketika bertemu ular, kucing oren juga terlihat suka bertarung dengan ular tersebut.

3. Kucing Hitam

Kucing Hitam adalah jenis ras kampung lokal yang memiliki warna hitam polos pada tubuhnya, kucing jenis ini jarang dipelihara dan umumnya menjadi kucing liar di perumahan.

Salah satu hal yang membuat kucing hitam jarang dipelihara di rumah adalah, beberapa orang justru takut terhadap warna bulunya yang hanya hitam saja tanpa ada motifnya, sehingga terlihat seram.

4. Kucing Putih

Berbeda nasib dengan kucing hitam, kucing Dom warna putih polos justru kadang kadang suka dipelihara sama orang, selain karena terlihat bersih, warna putih juga terlihat tidak menakutkan.

5. Kucing Klawuk

Kucing Klawuk adalah kucing yang memiliki warna klawuk mirip abu abu disertai dengan warna hitam kecil sebagai motif. Klawuk sering sekali terlihat berkeliaran di sekitar perumahan, sebab kucing dengan bulu seperti ini memang cukup banyak.

Apalagi kucing Dom terkenal suka kawin, jadi meski anakan masih kecil, kadang mereka sudah mengandung anak lagi. Sehingga proses perkembangbiakan kucing ini cukup cepat.

6. Kucing Oren Point Putih

Selain warna oren polos, ada juga warna kucing orange yang justru terlihat memiliki motif putih pada bagian bulunya.

7. Kucing Abu Abu

Kucing Abu Abu merupakan kucing dom yang memiliki warna abu abu polos, biasanya ini dihasilkan oleh hasil persilangan dengan ras lain.

8. Kucing Mixdom

Kucing Mixdom berarti jenis kucing yang dihasilkan dari perkawinan silang antara domestik dan ras lain seperti Persia, Siam dan Anggora.

Harga Kucing Domestik

kucing domestik

Harga kucing Dom di Indonesia tidak terlalu besar, sangat berbeda dengan ras kucing lain yang bisa mencapai puluhan juta. Hal yang bisa membuat kucing Dom lokal bisa memiliki harga adalah jika ia di Mix dengan ras kucing lain.

Baca juga Kucing Siberia: Harga, Ciri Ciri dan Makanan Terbaik

Jenis KucingHarga
Kucing Mixdom PersiaRp500.000
Kucing Mixdom AnggoraRp500.000
Kucing Mixdom Persia KittenRp100.000
Kucing Mixdom Anggora KittenRp100.000
Kucing Mixdom EksotisRp1.000.000
Kucing Mixdom Eksotis KittenRp500.000

Sifat Kucing Domestik

kucing domestik

Ras Domestik merupakan sebutan bagi kucing rumahan yang biasa berkeliaran di pemungkiman warga. Sehingga sudah memiliki kedekatan dengan manusia.

Baca juga Jenis Kucing Kampung: Langka, Termahal dan Warna Nya

Nah Berikut ini sifat kucing Domestik yang mungkin belum kamu tahu:

1. Suka Berburu

Kucing Dom identiknya masih memiliki naluri berburu yang cukup tinggi bila melihat hewan yang lebih kecil darinya.

Beberapa daftar hewan yang kerap diburu oleh kucing adalah burung, tikus, cicak, belalang, kecoa, tupai, kadal, dan beberapa hewan kecil lainya.

2. Tidak Takut Manusia

Ras Domestik sudah terbiasa hidup berdampingan dengan manusia dari dia kecil, sehingga sifat kucing ini tidak terlalu takut dengan manusia dan santai saat berpapasan.

Kucing jenis ini hanya akan takut apabila diusir dengan sedikit kasar, baru ia akan takut lari.

3. Suka Berantem

Ras kucing lokal Indonesia memang terkenal dengan sifatnya yang suka berantem dengan sesama kucing, biasanya ini terjadi malam hari saat orang mulai terlelap tidur.

Kucing Berantem suka menghasilkan bunyi berisik akibat berlarian sambil sesekali pada berteriak mengeong.

4. Suka Makan Apa Saja

Kucing lokal yang sudah terbiasa tinggal di jalanan atau di lingkungan manusia, sehingga suda terbiasa makan apa saja untuk mengobati rasa lapar. Alhasil  ia tak memiliki makanan yang tida ia suka.

Mulai dari hewan kecil, nasi, sisa makanan manusia, roti, tahu, tempe, dan beberapa makanan manusia lainya kerap dimakan oleh kucing lokal ini.

Bahkan kadang kala tak jarang mereka terlihat sedang makan rumput sesekali. Demikianlah informasi mengenai Kucing Domestik dan beberapa hal yang harus kamu tahu mengenai jenis kucing ini.