Kucing Caracal: Harga, Cara Merawat dan Bahaya Nya Update

kucing caracal
Klik Disini

Kucing Caracal adalah kucing yang tersebar di daerah Asia Barat, Asia Selatan, dan Afrika. Kata Caracal sendiri berasal dari bahasa Turki “karakulak” yang berarti telinga hitam.

Sedangkan di India dan Pakistan disebut syahgosh, lalu di Afrika di sebut Rooikat. Meski memiliki nama nama atau penyebutan yang berbeda, namun itu tertuju ke jenis kucing yang sama, yaitu Caracal.

Harga Kucing Caracal

kucing caracal

Harga kucing Caracal berada di angka sekitar 100 juta sampai 200 jutaan jika kamu ambil dari luar negeri, sedangkan jika merupakan hasil keturunan yang lahir di Indonesia, bisa kamu beli di harga 60 jutaan.

Baca juga Kucing Peaknose: Harga Dan Perbedaan dengan Flatnose

Di Tokopedia sendiri, saya pernah melihat ada yang menjual Caracal Africat Cat dengan harga Rp67.500.000. Wow fantastis bukan ?

Harga yang mahal ini tak lepas dari cara mendapatkanya yang sudah lengkap dengan perawatanya yang susah pula. Jadi apabila seorang peternak ingin merawat kucing ini untuk dijual lagi, maka ia harus siap siap dengan biaya harian yang harus dikeluarkan.

Oleh sebab itulah harga jual Caracal sangat fantastis, mencapai ratusan juta.

Cara Merawat Kucing Caracal

kucing caracal

Untuk bisa merawat kucing Caracal dengan baik, maka lakukan beberapa langkah langkah di bawah ini:

Baca juga 7 Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar Terupdate

1. Sediakan Kandang Luas Lengkap dengan Arena Bermain

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Caracal adalah pastikan kamu sudah menyediakan kandang yang cukup luas dengan mainan khas Negara Afrika.

Kenapa bisa demikian ? Sebab kucing ini terbiasa hidup di tanah luas Afrika, sehingga mereka perlu kandang yang cukup luas pula. Ini untuk membuat mereka nyaman dan tidak stress.

Selain itu, kamu juga perlu menyediakan berbagai mainan tambahan yang memiliki khas dan nuasa afrika. Tak lupa sediakan pula, sebuah pohon kecil untuk mereka bermain dan bersantai ria di pohon.

Kucing ini masih tergolong kucing yang liar, jadi Anda perlu menyediakan banyak hal yang berkaitan dengan habitat mereka.

2. Suhu Harus Panas

Kucing Caracal berasal dari tempat yang panas, jadi usahakan suhu di kandang Anda juga disetting agak panas.

Jangan sampai, kucing yang sudah Anda beli dengan mahal, malah tidak betah hanya karena suhu.

3. Makanan Kucing Berupa Dari Daging

Nah, inilah sayang saya sebut diawal sebagai pengeluaran harian yang cukup mahal. Sebab paling tidak, kamu harus sering menyediakan daging segar buat makanan mereka.

Caracal merupakan kucing liar yang biasa makan binatang yang lebih kecil darinya, sehingga mereka akan makan daging.

Lalu bilamana Anda ingin ia makan makanan pabrik, mungkin bisa saja mau. Tapi harus dengan melatih secara perlahan. Dengan cara mencampurkan dengan daging.

Namun apabila Anda melakukan ini, maka saat dijual kembali. Harga Caracal Anda bisa terjun bebas, tidak seperti saat Anda membelinya.

Karena kebiasan makanan mereka sudah mulai berubah akibat dicampur dengan makanan pabrik.

Selain jenis makanan, waktu memberikan makanan juga harus diperhatikan. Caracal adalah hewan nocturnal, artinya mereka lebih sering beraktivitas malam hari, termasuk dalam hal makan.

Jadi usahakan kasih makan saat waktu sudah mulai malam yah kawan, kalau siang mereka akan tidur.

4. Tidak Usah Kasih Minuman yang Banyak

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan agar perawatan berjalan dengan semestinya adalah jangan berikan minuman secara masif. Sebab kucing ini adalah kucing liar gurun yang sudah terbiasa minum sedikit, bahkan bisa sehari gak minum.

Oleh sebab itu, sediakan minuman sedikit saja. Dan baru diberikan kembali jika memang benar benar sudah habis

Hal ini dilakukan biar tidak mubazir juga, jangan sampai kamu kasih minuman yang banyak. Dan malah bisa habis ketika sudah satu minggu.

Jadi lebih baik berikan mereka secukupnya saja ya kawan. Biar cepat habis, lalu ganti yang baru.

5. Kasih Alas Berupa Pasir

Nah selanjutnya, kalau bisa berikan pasir di kandang yang sudah kamu sediakan yah. Yang perlu kamu ingat lagi adalah jangan lupa ganti / bersihkan secara berkala.

Agar sisa sisa makanan maupun bekas BAB tidak membuat kandang menjadi kotor dan malah menimbulkan penyakit ke kucing kesayanganmu ini kawan.

Apakah Kucing Caracal Bahaya

Kucing Caracal termasuk ke dalam kucing yang memiliki sifat agresif dan cukup berbahaya kalau sedang marah atau merasa terganggu. Apalagi kalau kucing ini merupakan hasil tangkap atau masih keturunan pertama dari kucing liar Caracal, maka sifat agresif dan liarnya masih kuat.

Baca juga Jamur Pada Kucing: Jenis dan Cara Mengobati Biar Sembuh

Kucing ini tidak boleh dipelihara oleh sembarangan orang, karena Anda perlu menyediakan kandang yang luas dengan makanan daging mentah.

Dan jangan lupa jauhkan dari anak anak atau peliharaan lainya yang jauh lebih kecil dari mereka.

Karena di afrika sana, bahkan kucing ini dianggap hama. Sebab kucing ini ketika masuk kedaerah perkampungan, tak jarang mereka memangsa hewan ternak seperti ayam, anak domba, dll.

Demikian ulasan kami mengenai kucing Caracal ini kawan.