Kucing Calico: Harga, Ciri-Ciri dan Cara Merawat 2022

kucing calico

Kucing Calico adalah jenis kucing yang memiliki warna belang dari dua warna lain, sehingga total warna bulunya ada tiga macam.

Calico memiliki nama populer lain berupa kucing belang tiga, kucing tiga warna, kucing telon, kucing kaliko dan kucing belacu. Calico sendiri merupakan nama luar negerinya, sedangkan kalau di Indonesia lebih terkenal dengan nama kucing belang tiga dan kucing telon.

Kucing ini bukanlah sebuah ras, melainkan seekor kucing yang bisa berasal dari ras mana saja. Asalkan dia memiliki bulu bewarna belang dari dua warna lain, maka disebut Calico.

Harga Kucing Calico

kucing calico

Harga kucing Calico untuk yang dewasa mencapai $2000 atau setara Rp30.000.000, karena kucing ini termasuk langka maka harganya jadi mahal.

Baca juga Kucing Burma: Harga dan Makanan Paling Cocok 2022

Barikut ini harga kucing Calico di marketplace:

Jenis KucingHargaNama Marketplace
Calico Betina DewasaRp5.000.000Tokopedia
Calico Munchkin BetinaRp9.000.000Tokopedia
Calico Persia 2,5 BulanRp1.750.000Tokopedia
Calico Jantan DewasaRp15.000.000Tokopedia
Calico Jantan Dewasa TelonRp20.000.000Tokopedia
Persia Calcio Delitu KittenRp1.300.000Tokopedia
Calico Anggora Betina 3 BulanRp2.310.000Tokopedia

Ciri Ciri Kucing Calico

kucing calico

Kucing Calico sebagai kucing yang unik dan langka, ternyata memiliki ciri ciri khusus loh. Ciri ciri ini bila Anda tahu, maka bisa dengan gampang menyebut mana yang namanya Calico.

Baca juga Cacing Pita Pada Kucing: Bahaya & Cara Membunuhnya

Berikut ini ciri ciri kucing Calico:

1. Memiliki Warna Bulu Belang Dari Dua Warna

Calico memiliki ciri khusus berupa warna belang dari dua warna, sehingga total warnanya ada tiga. Biasanya warna dominanya adalah putih, sedangkan campuran belang adalah hitam dan orange.

Apapun rasnya, biasanya kucing ini memiliki tipe warna seperti itu. Sebab itu merupakan cacat lahir akibat kelainan genetika.

Perlu Anda ketahui, kucing ini memang bisa terlahir dari berbagai macam ras, asalkan sang pejantan memiliki kelainan genetika.

Secara mayoritas, kelainan genetik yang menyebabkan terjadi kelahiran Calico memang karena kucing jantan. Dan sebelumnya, saya juga sudah pernah membahasnya di artikel kucing belang tiga.

2. Biasanya Merupakan Betina

Menurut Ahli, dari 3001 kelahiran kucing telon, ada 3000 kucing yang berkelamin betina dan hanya ada 1 yang menjadi pejantan. Artinya perbandingan antara Calico Betina dan Jantan adalah 3000:1.

Maka dari itu kucing jantan yang memiliki warna bulu Calico biasanya sangat jarang sekali, makanya sekali ada biasanya harganya mahal.

Cara Merawat Kucing Calico

kucing calico

Untuk merawat kucing Calico tidaklah rumit, hanya tinggal sesuaikan saja dengan rasnya, apakah dia seekor Persia, Anggora, Munchkin, Kampung, atau bahkan seekor Siam.

Baca juga Kucing Abisinia: Harga, Jenis, dan Fakta Terbaru 2022

Berikut cara merawat Kucing Calico yang paling umum untuk dilakukan:

1. Memberikan Tempat Tinggal yang Layak

Cara yang pertama adalah memberikan tempat tinggal yang layak, bisa berupa kandang maupun tempat lain tapi yang tidak langsung di lantai.

Artinya saat kucing ingi tidur, masih ada alasnya, tidak langsung bersentuhan dengan lantai yang dingin.

2. Memberikan Makan 3x Sehari Secara Layak

Selanjutnya adalah dengan memberikan makan sebanyak 3x sehari atau lebih, yang penting kucing jangan sampai kekurangan makanan.

Namun selain 3x, Anda juga harus memberikan makanan yang layak. Anda bisa membeli makanan olahan pabrik untuk kucing yang memiliki nutrisi bagus, minimal yang standar lah.

Dan Apabila kucing ras mahal, jangan lupa berikan makanan yang berkualitas juga. Agar ketika Anda hendak menjualnya, kucing kamu masih memiliki harga yang masih pantas.

3. Sering Mandikan Kucing

Sebagai pemilik kucing, Anda harus rajin membersihkan bulu kucing dengan memandikan mereka. Bisa seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

Tinggal Anda atur sesuai dengan aktivitas kucing, jika dia sering beraktivitas diluar ruangan sehingga bulunya kotor. Maka bisa Anda bersihkan seminggu sekali.

Namun bila bulu kucing jarang kotor, maka bisa coba bersihkan sekitar 2 minggu sekali. Pokoknya kondisional saja, atau baca juga berapa kali kucing mandi seminggu yang benar.

4. Ajak Kucing Bermain

Sebagai bentuk perhatian kamu ke anabul, jangan lupa untuk sesekali ajak mereka bermain. Misalkan sepulang kerja, sempatkan Anda untuk bisa bermain dengan dia.

Tujuanya agar kedekatan antara Calico dengan sang pemilik tidak renggang akibat jarang bermain bersama.

Selain itu, Anda juga bisa sesekali mengajak mereka berjalan jalan, entah itu ke taman atau kemana. Pokoknya jalan jalan.

5. Berikan Vitamin Atau Vaksin

Untuk menjaga kucing agar tetap sehat wal afiat, jangan lupa sering beri dia vitamin, tujuanya agar badan mereka tidak mudah sakit.

Selain usaha menggunakan vitamin, Anda juga bisa menggunkan vaksin. Bahkan biasanya kucing yang sudah vaksin memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan yang belum. Jadi bisa kamu vaksin untuk menjaga kesehatan kucing sekaligus menaikan harga ketika ingin menjualnya.

Demikianlah penjelasan tim kami mengenai apa itu kucing Calico beserta beberapa hal lain yang menyangkut jenis kucing ini.