Kucing Burma: Harga dan Makanan Paling Cocok 2022

kucing burma

Kucing Burma adalah adalah spesies kucing yang berasal dari Burma (Myanmar) dan memiliki harapan hidup yang cukup tinggi, karena mencapai 16 – 18 tahun.

Selain itu, kucing ini termasuk jenis yang kuat karena memiliki badan berotot dengan berat badan antara 4 hingga 6 Kg. Dan dengan berat badan segini, ukuran mereka tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk di jadikan peliharaan.

Apalagi sifat kucing ini memang terkenal ramah terhadap manusia, dan mudah beradaptasi di lingkungan baru. Selain itu, karena nenek moyangnya terbiasa hidup dengan manusia, kucing ini menjadi cukup gampang untuk dilatih.

Harga Kucing Burma

kucing burma

Harga rata rata kucing Burma adalah Rp6.000.000 – Rp30.000.000, di mana semakin dewasa kucing, semakin mahal harganya. Dan semakin diketahui siapa induknya, harganya juga semakin bagus.

Baca juga Kenapa Kucing Mendengkur Saat dielus? Cara Mengatasinya

Jadi harga Rp6.000.000 sampai Rp15.000.000 –an itu untuk harga anakan dengan berbagai kualitas dan umur.

Sedangkan untuk Rp15.000.000 keatas, biasanya dimiliki oleh kucing yang telah dewasa. Apalagi kalau diketahui ibu bapakanya. Misal bapaknya keturunan pemenang kontes atau semacamnya, maka harganya juga menjadi semakin mahal.

Dikutip dari Catbreedslist, harga Burma dewasa di luar negeri bisa mencapai angka $1000 – $1500, atau menurut kurs bulan Agustus 2022, sekitar Rp15 juta hingga Rp 22,5 Jutaan.

Baca juga 10 Cara Membersihkan Telinga Kucing: Baby Oil & Zaitun

Penyebab mahalnya Burma ini adalah karena para breeder selalu menjaga kualitas dari kucing ini, artinya mereka selalu melakukan perkawinan kucing dengan induk induk berkualitas.

Sehingga anak yang dihasilkan pun berasal dari induk induk yang bagus dan tidak tercampur dengan ras lain yang harganya di bawah harga Burma.

Makanan Kucing Burma

kucing burma

Apabila Anda ingin memelihara kucing Burma, maka Anda bisa memberikan makanan olahan pabrik yang biasanya diberikan ke kucing lain.

Baca juga Manfaat Memelihara Kucing Menurut Spiritual & Islam

Sebab kucing ini juga sudah terbiasa, namun bila sesekali ingin memberikan menu daging, maka tidak mengapa.

1. Royal Canin

kucing burma

Royal Canin adalah salah satu makanan kucing buatan pabrik yang terkenal. Selain karena bahan yang digunakan, merk ini juga terkenal karena sering mengeluarkan produk dengan kebutuhan khusus.

Seperti untuk kucing menyusui, kucing yang ingin bulunya panjang, hingga kucing yang membutuhkan protein tinggi juga ada. Nantinya tinggal disesuaikan dengan kucing Anda.

Apakah sedang hamil, menyusui, normal, atau bagaimana.

2. Pro Plan

Proplan adalah salah satu merk makanan kucing menengah keatas, karena harga yang ditawarkan juga cukup diatas rata rata. Namun meski begitu, kualitas makanan yang ditawarkan juga sebanding.

Bahkan Pro Plan juga merupakan saingan utama bagi Royal Canin di kelasnya. Bagi yang ingin tahu bedanya, silahkan cek perbedaan Proplan VS Royal Canin.

Namun yang jelas, masing masing merk memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Toh meski  menggunakan merk sama, tapi hasilnya bisa berbeda. Sebab selera kucing kadang berbeda beda.

3. Whiskas

Whiskas juga termasuk ke dalam merk makanan kucing Burma yang cukup direkomendasikan. Sebab Whiskas juga tak kalah bagusnya dengan merk merk yang telah kami sebutkan diatas.

Selain itu, merk ini juga sudah cukup terkenal di kalangan pecinta kucing Indonesia, sebab distribusinya sudah cukup menyeluruh. Bahkan sudah bisa di beli di minimarket maupun warung warung sembako di kampung.

Di tempat saya sendiri, di daerah Jawa Tengah, ada toko sembako yang menjual makanan kucing dan cukup laris juga.

4. Me-O

Merk Me-O juga menjadi salah satu pilihan untuk kamu berikan ke anabul. Nutrisi yang terkandung didalamnya juga cukup bagus, ya sebanding dengan harganya.

Me-O juga termasuk kedalam merk yang sering digunakan oleh pecinta kucing, karena harganya yang cukup terjangkau di kantong.

Namun meski murah, tapi nutrisinya juga cukup tinggi.

5. Cat Choize

Cat Choize merupakan salah satu merk makanan kucing lain yang berasal dari kalangan menengah, sebab harga yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau.

Selain itu merk ini juga meng-klaim kalau memiliki kelebihan sebagai sumber protein dengan kualitas tinggi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh kucing, dan bisa meningkatkan kekuatan tulang dan gigi.

Atau bila ingin melihat lebih dalam, bisa langsung cek ke review makanan kucing Cat Choize.

6. Ori Cat Kitten

Ori Cat Kitten adalah salah satu makanan kucing yang cukup laris dan suka di beli oleh pecinta anabul tanah air. Harganya yang terjangkau dan banyak yang melakukan review positif menambah kepopuleran produk  ini.

Selain itu, komposisi yang ditawarkan oleh Ori Cat Kitten juga cukup bagus. Namun jika Anda ingin menggunakanya, jangan lupa kasihkan ke anak kucing yah.

Sebab produk ini telah dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kitten, bukan kucing dewasa.

Nah, kira kira begitulah informasi mengenai Kucing Burma yang dapat tim kami sampaikan. Karena kucing Burma tergolong kucing yang berharga mahal. Sebaiknya juga gunakan produk menengah keatas.

Dan jangan lupa pula selingi dengan daging, semoga membantu.