Kucing Bulu Pendek: Jenis Amerika Dan Eropa Terbaru

Kucing bulu pendek
Klik Disini

Kucing bulu pendek menjadi salah satu jenis hewan yang favorit untuk dipelihara, utamanya yang tidak suka ribet dan sukanya yang praktis. Sebab dengan bulunya yang pendek, diharapkan akan lebih mudah dirawat.

Selain itu, dari segi sisi cuaca, kucing yang memiliki bulu pendek akan lebih cocok dengan iklim Indonesia yang panas, jadi tidak mudah gerah. Kecuali bagi kalian yang rumahnya dingin serba AC, itu beda lagi.

Jenis Kucing Bulu Pendek

Kucing bulu pendek

Jenis Kucing Bulu Pendek memang menarik untuk kita bahas lebih dalam, apalagi memang banyak suka. Tapi sebenarnya jenisnya apa saja sih?

Baca juga 13 Ciri Ciri Kucing Paling Lengkap Sedunia

Berikut ini 7 jenis kucing bulu pendek yang cukup populer:

1. British Shorthair

British Shorthair menjadi salah satu jenis bulu pendek yang populer untuk dipelihara. Sesuai namanya, kucing ini berasal dari British / Inggris.

Selain itu, kucing ini juga kadang kadang dikenal dengan nama “British Blue” sebab memang paling banyak adalah bewarna seperti biru.

Baca juga Kucing British: Harga & Jenis British Shorthair

Ciri khas dari British Shorthari adalah memiliki rahang yang tebal beserta dengan tulang yang besar, dan badan gempal.

2. American Shorthair

American Shorthair juga tak kalah populernya dengan jenis yang pertama. Mereka mulai diperkenalkan ke dunia dari saat warga Eropa banyak yang datang ke Amerika.

Lalu untuk ciri khas dari kucing ini adalah memiliki sepasang mata yang lebar, telinga bulat, serta moncong persegi. Selain itu, yang menjadikanya disukai, juga karena sifatnya yang santai.

3. Abyssinian

Abyssinian menjadi salah satu ras kucing yang laris di kalangan peternak kucing. Apalagi Kucing ini terlihat sangat atletis dan memiliki sifat senang menjelajah dan bermain.

Diketahui pula, ia juga salah satu ras kucing yang cukup pintar. Tak heran ia juga tak kalah populer dengan ras ras diatas.

4. Siamese Cat

Siamese Cat kalau di Indonesia disebut Kucing Siam. Bagi yang tidak tahu Siam, nama itu merupakan nama Negara Thailand pada jaman dahulu.

Kucing ini selain mudah dirawat, juga ternyata merupakan pribadi yang aktif, sehingga bisa mengobati kesunyian rumah ketika sedang gabut.

5. Bengal

Ras kucing selanjutnya yang memiliki bulu pendek adalah Bengal. Jenis ini merupakan hasil persilangan antara American Shorthair dengan Asian Leopard. Sehingga masih memiliki sifat kucing liar.

Baca juga Kucing Bengal: Harga dan Jenis Terlengkap

Kucing Bengal terlihat sangat keren, terutama karena memiliki corak khas kucing hutan. Kucing ini juga populer dipelihara, namun tidak untuk di dalam rumah.

6. Russian Blue

Russian Blue merupakan kucing yang berasal dari Rusia. Uniknya meski memiliki nama Blue, namun kucing ini justru memiliki warna abu, hanya saja sekilas seperti warna biru.

Dengan bulunya yang pendek, kucing yang satu ini juga sangat mudah dirawat. Apalagi selain pendek, bulu mereka juga sangat padat, dan tidak mudah rontok. Asal tidak salah sampo yah.

7. Burmilla Bulu Pendek

Dikutip dari Wikipedia, Burmilla merupakan kucing hasil persilangan antara kucing burma dengan chinchilla. Nah, dari hasil persilangan tersebut menghasilkan Burmilla bulu pendek dan bulu panjang.

Karena hasil persilangan, kucing ini cukup susah ditemukan meski kamu berusaha mencari di peternakan. Namun apabila kamu berhasil mendapatkanya, wow itu sangat indah.

Kucing Bulu Pendek Amerika

Kucing bulu pendek

Kucing bulu pendek Amerika juga dikenal dengan istilah American Short Hair. Jenis kucing ini ternyata masih keturunan dari kucing bulu pendek Eropa dan Britania Raya.

Baca juga Olive Care Vitamin Kucing: Review, Cara Pemakaian & Manfaat

Jadi ini bukan merupakan ras murni melainkan keturunan dari ras lain yang akhirnya memiliki perbedaan tersendiri dengan ras sebelumnya.

Jika meruntut sejarah panjangnya, America Shorthair pertama kali diperkenalkan ke benua Amerika di tahun 1620. Nah semenjak kejadian itulah ras ini mulai dikembangkan hingga menjadi jenis yang cukup populer.

Ada hal menarik lainya yang terkait denga jenis yang satu ini loh. Ternyata pada awalnya kucing ini bernama “bulu pendek”, lalu di tahun 1960 berubah lagi menjadi “bulu pendek domestik”. Mungkin kalau di Indonesia di sebut kucing kampung.

Baru setelah tahun 1966, jenis ini perkenalkan kembali dengan nama “kucing bulu pendek Amerika / Amerika Shorthair Cat”.

Kucing Bulu Pendek Eropa

Kucing bulu pendek eropa juga memiliki nama dunia berupa European Shorthair Cat. Meski bernama Eropa, namun awal mulanya ia berasal dari Swedia.

Baca juga Kucing Hamil Berapa Bulan ? Cek Berapa Lama & Cirinya

Ras kucing ini sangat saling terkait dengan American Shorthair dan British Shorthair. Karena ketiga kucing ini merupakan kerabat dekat.

Ras kucing ini juga ternyata memiliki beberapa fakta menariknya loh. Berikut diantaranya:

  • Harapan hidup panjang, bisa sampai 22 tahun
  • Memiliki sifat penyayang, sehingga bisa bersahabat dengan peliharaan lain
  • Memiliki kecerdasan di atas rata rata ras lain
  • Sangat jarang mengalami gangguan kesehatan
  • Mudah obesitas
  • Meski menyandang nama Eropa, tapi asalnya dari Swedia

Demikian penjelasan mengenai kucing bulu pendek, baik dari Amerika maupun Eropa.