Kucing Belang Tiga: Ciri, Fakta, Mitos Dan Harga Terbaru

kucing belang tiga
Klik Disini

Kucing Belang Tiga merupakan Kucing yang memiliki warna hingga 3 buah dengan nama lain berupa kucing tiga warna, kucing telon, kucing calico dan kucing belacu.

Kucing belang 3 ini biasanya memiliki warna bulu putih sebagai dasar dan warna belang yang terdiri dari 2 jenis warna, seperti hitam dan orange.

Ciri ciri Kucing Belang Tiga Jantan

kucing belang tiga

Kucing belang 3 biasanya terlahir akibat genetika langka dan tidak dikaitkan dengan ras kucing apapun, dan untuk membedakan kucing ini antara pejantan dan betina juga cukup gampang.

Baca juga Sampo Kucing: Bagus, Anti kutu & Alami Terbaik

Berikut ini ciri ciri kucing belang tiga jantan yang bisa dijadikan sebagai pedoman saat ingin membedakannya dengan betina:

  • Kucing Jantan memiliki anus, skrotum, dan penis di bawah pangkal ekor

Jika Anda ingin melihat ketiga bagian tersebut, cobalah dekati kucing belang tiga Anda, dan tangkaplah dia dengan ramah.

Lalu angkat bagian ekor kucing dan lihatlah, apabila ada 3 bagian yang terdiri dari anus, skrotum, dan penis, maka itu adalah jantan.

  • Kucing Jantan tidak memiliki puting

Setelah memeriksa pada bagian ekornya, maka selanjutnya coba lihat dibagian perutnya, apakah ada putting atau tidak. Jika tidak terlihat, coba raba dengan pelan, bila sudah dipastikan tidak ada. Maka dia adalah jantan.

  • Kucing Belang 3 jantan cenderung suka berkelahi

Selayaknya kucing lain, kucing jantan belang 3 juga suka berkelahi dan bermain bersama teman kucingnya. Untuk itu, coba lihatlah.

  • Kucing Jantan lebih aktif dari betina

Ciri ciri kucing belang 3 jantan yang lainya adalah pejantan lebih terlihat aktif bergerak dan bermain daripada yang betina. Karena yang betina cenderung terlihat lebih diam dan manja.

Fakta dan Mitos Kucing Belang Tiga

kucing belang tiga

Kucing Belang 3 sebagai kucing langka dan banyak diincar, ternyata memiliki fakta dan mitos yang menyelimuti mereka. Banyak sekali hal hal berupa cerita yang tidak tahu apakah itu fakta atau pun mitos.

Baca juga Kucing Sphynx: Asal, Harga, & Makanan Terbaik

Nah berikut daftarnya mitos dan fakta tersebut:

1. Kucing Belang 3 Jantan, Sangat Jarang Ada

Banyak beredar kabar bahwa jika memang ada kucing belang 3, pasti itu betina. Nah hal ini ternyata tak sepenuhnya mitos, karena faktanya memang sangat jarang ada kucing jantan yang memiliki belang tiga.

2. Kucing Belang 3 Jantan Mandul

Nah berita ini adalah benar, kucing jantan yang terlahir dengan bulu belang 3 ini memang biasanya mandul. Hanya ada sekitar 1 pejantan yang tidak mandul dari total 10 ribu kucing jantan 3 warna (1:10000).

3. Kucing Belang 3 Jantan Tidak Ada Karena dimakan Induknya

Faktanya adalah kelahiran kucing jantan belang 3 adalah sangat sedikit sekali, perbandinganya bahkan 1:3000. Oleh sebab itu, kelangkaan pejantan ini bukan disebabkan karena dimakan induknya

4. Jenis Kucing Pembawa Keberuntungan

Karena jumlahnya yang sangat sedikit dan langka, maka banyak orang yang menganggap jenis ini adalah kucing keberuntungan. Bahkan di Amerika disebut kucing uang.

Jika Anda tahu patung kucing Maneki Neko dari Jepang, itupun merupakan patung kucing tiga warna. Sehingga memang benar benar banyak orang yang memercayai kalau kucing ini adalah pembawa keberuntungan.

5. Kucing Belang 3 Harganya Mahal

Faktanya memang benar, kucing ini dibanderol sekitar 2000 dolar, atau setara Rp28 juta. Tak heran kucing ini disebut kucing keberuntungan. Bayangkan saja jika kamu menemukan kucing kampung belang 3, bisa dijual dengan harga puluhan juta.

Cuma sayangnya biasanya yang memiliki harga mahal adalah yang jantan. Karena yang versi jantan, sangatlah sedikit jumlahnya.

6. Memiliki Sifat Buruk

Mitos yang mengatakan kucing ini memiliki sifat buruk, maka adalah salah. Sebab warna bulu kucing tidak mempengaruhi sifat kucing.

Justru yang mempengaruhi sifat kucing adalah ras dan induknya. Apabila induknya masih memiliki sifat liar yang kuat. Maka keturunan nya pun akan masih memiliki sifat liar, setidaknya sampai beberapa keturunan.

7. Kucing Belang 3 Adalah Ras Langka

Fakta yang benar adalah kucing ini bukanlah ras khusus, melainkan kucing yang terlahir karena kelainan gen. Namun kucing jenis ini memang benar benar langka, karena hanya bisa dilahirkan saat ada kelainan.

Dan jika pun ingin kawin silang, sayangnya mayoritas pejantan adalah mandul. Bahkan perbandingan dari itu, hanya ada 1 pejantan yang sehat dari total 10 ribu kucing jantan belang 3.

Artinya sangat mustahil untuk bisa memperbanyak jenis kucing ini lewat perkawinan silang, setidaknya untuk sekarang.

Harga Kucing Belang Tiga

kucing belang tiga

Harga kucing belang tiga umumnya seharga 2000 dolar atau setara Rp28.000.000, harga yang mahal ini disebabkan karena kelahiran kucing ini hanya bisa dilakukan secara alami ketika ada kelainan gen.

Baca juga Kalung Kucing Nama, Lonceng Dan Harga Terbaik

Sehingga belum ada yang bisa mencoba melahirkan kucing ini dengan cara perkawinan silang. Oleh karena itulah kucing ini langka dan mahal.

Demikian informasi mengenai kucing belang tiga yang coba kami bahas secara lengkap untuk Anda para pecinta kucing tanah air.