Kucing Albino: Ciri Ciri, Harga dan Jenis Terbaru 2022

kucing albino

Kucing Albino adalah kucing yang tidak memiliki pigmentasi warna pada bulunya, sehingga warna yang ia punya hanya putih polos tanpa corak apapun.

Biasanya kucing ini juga dihasilkan dari induk yang memiliki masalah pigmentasi, baik cuma satu atau dua induk sekaligus. Namun umumnya adalah karena dua induk yang sama sama memiliki masalah pigmen.

Ciri Ciri Kucing Albino

kucing albino

Sebagai kucing yang dilahirkan dengan kelainan pada pigmen warna, maka ada beberapa hal yang ikut terpengaruh dari kelainan tersebut, sehingga malah menjadi ciri khas bagi kucing ini.

Baca juga Kenapa Kucing Takut Air dan Timun?

Berikut ciri ciri kucing Albino yang telah diketahui:

1. Memiliki Tingkat Sensitif Matahari yang Tinggi

Albino di lahirkan akibat kelainan genetik pada bagian gen TYR. Padahal TYR ini adalah gen yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Nah melanin ini yang nantinya berubah jadi pigmen warna.

Selain itu, karena terdapat kelainan gen kucing, maka membuat kulit mereka menjadi cukup sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Oleh sebab itu, khusus Albino, memang tidak disarankan untuk terlalu lama dan sering kena paparan sinar matahari. Karena dikhawatirkan malah menjadi rusak kulit atau bulunya.

2. Memiliki Fisik yang Mencolok

Kelainan genetik yang terjadi pada Albino, telah membuat mereka menjadi memiliki ciri fisik yang mencolok. Seperti bulu putih yang lebih mirip tidak bewarna (putih tipis, kaya transparan).

Kemudian Albino juga memiliki ciri lain berupa warna yang agak transparan, karena masalah pigmentasi ini juga terkadang berpengaruh ke bagian mata.

Jadi selain bulu, Anda juga bisa memeriksa ciri fisik pada bagian mata Albino.

Baca Juga : Apakah Kucing Boleh Makan Nasi Dan Apa Makanan Penggantinya?

3. Albino Cenderung Kurang Aktif

Kucing jenis ini ternyata juga memiliki ciri khas lain pada bagian perilaku, dimana mereka cenderung kurang aktif. Sebab memang secara bawaan, mereka ada kelainan genetik, maka secara insting akan mengurangi pergerakan harian demi melindungi kesehatan tubuhnya.

Mengapa demikian? Karena ketika mereka terlalu aktif bergerak, justru bisa menggangu kesehatan tubuh.

4. Memiliki Sepasang Mata yang Unik

Albino cenderung memiliki warna mata merah muda atau biru. Namun kedua warna tersebut, biasanya memiliki pigmen warna yang tipis / sedikit, sehingga cenderung terlihat transparan.

Ini terjadi karena gangguan gen TYR memang dalam beberapa kasus juga memepengaruhi bagian mata kucing.

5. Kekebalan Tubuh yang Kurang

Kelainan genetik yang terjadi pada Albino, nampaknya juga mempengaruhi sampai ke kesehatan kucing. Sebab, diketahui kalau Albino memiliki kekebalan tubuh yang kurang, bahkan mereka juga gampang sakit.

Puncaknya, kalau terlalu lama terpapar sinar matahari, maka mereka akan mengalami gangguan kulit dan bulu yang cukup serius.

Jadi untuk merawat kucing ini, diperlukan keperhatinan yang lebih dibanding jika merawat kucing yang normal.

Harga Kucing Albino Mata Merah

kucing albino

Harga kucing Albino Mata Merah rata rata sekitar Rp10.000.000 – Rp30.000.000, semakin dewasa dan bagusnya keadaan kucing, maka harganya juga makin mahal.

Baca juga 4 Cara Mengetahui Umur Kucing Berapa Bulan yang Benar

Alasan kenapa harga kucing ini bisa mencapai di atas 10 juta adalah karena mereka termasuk langka. Apalagi mereka ada ketika mengalami kelainan genetik pada bagian bulunya.

Selain itu, kebanyakan Albino mata merah juga diturunkan dari kedua induk yang Albino. Sedangkan bila kedua induk sama sama memiliki pigmen bagus, maka akan sangat jarang ada kelahiran Albino.

Dan bila ada perkawinan silang antara Albino dan kucing yang memiliki pigmen bagus, maka anaknya juga belum tentu Albino.

Oleh sebab itulah, kelahiran kucing ini juga termasuk langka. Alhasil, harga untuk satu ekornya cukup mahal.

Jenis Kucing Albino Mata Merah

kucing albino

Jenis kucing Albino mata merah adalah sebutan bagi Albino yang memiliki warna mata merah. Namun biasanya warna merah tersebut cenderung warna muda, sehingga malah cenderung terlihat transparan.

Baca juga 6+ Cara Mengobati Kucing Flu Dan Sesak Nafas Secara Alami

Seperti yang dijelaskan di atas, Albino terlahir gara gara ada masalah dengan gen TYR, sehingga masalah pigmentasi pada kucing jadi terganggu.

Nah salah satu yang terganggu adalah pada pigmentasi warna. Yang mana biasanya bola mata kucing memiliki warna yang bold dan tebal. Namun pada Albino malah tipis dan cenderung transparan.

Selain itu, bila pada kucing normal maka mata kucing bisa bewarna apa saja. Namun pada Albino hanya memiliki warna biru dan merah muda.

Tapi tidak memulu yang bermata merah adalah Albino. Karena hanya yang berbulu putih tanpa pigmen dengan warna mata biru dan merah yang bisa disebut Albino.

Itupun warna yang dipunyai tipis semua. Baik bulu maupun mata, sama sama tipis, sehingga beberapa orang menyebutnya hampir transparan.

Albino mata merah ini termasuk jenis yang langka. Bahkan persentase kelahiranya hanya sekitar 2% saja. Jadi bagi yang memilikinya, berarti cukup beruntung.

Demikian informasi yang bisa kami berikan terkait kucing Albino lengkap beserta ciri ciri, harga, dan jenisnya. Semoga bermanfaat.