Kucing Abisinia: Harga, Jenis dan Fakta Terbaru 2022

kucing abisinia

Kucing Abisinia adalah adalah ras kucing bulu pendek tertua yang pernah di dokumentasi dan diketahui oleh pihak kucing dunia. Apalagi kucing ini sangat mirip dengan lukisan Mesir kuno.

Pada jaman dulu, bangsa Mesir Kuno sangat memuja Abisinia hingga membuatkan kuil khusus untuk mereka. Bahkan jaman dulu, kucing ini juga sangat dilarang untuk diperjualbelikan. Sebab merupakan hewan sakral.

Namun seiring berjalanya waktu, ketika mendekati abad 20, kucing ini mulai diperkenalkan untuk menjadi peliharaan manusia biasa. Bahkan ada pula yang menjadikan hewan penjaga ladang.

Harga Kucing Abisinia

kucing abisinia

Harga kucing Abisinia di dunia untuk yang ukuran kecil bisa mencapai $500 – 1000$ atau setara Rp7.500.000 – Rp15.000.000. Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai $1200 – $2000 atau setara Rp18.000.000 – Rp30.000.000.

Baca juga 10 Cara Membersihkan Telinga Kucing: Baby Oil & Zaitun

Harga tersebut nantinya disesuaikan dengan breeder. Alasan kenapa harga kucing ini cukup mahal adalah karena para breeder sangat menjaga kualitas keturunan dari para Kucing Abinisia.

Jadi keturunan yang mereka jual adalah kucing Abisinia Asli, bukan campuran dengan kucing lain. Selain itu, kualitas makanan dari kucing ini juga di jaga dengan baik, sehingga harganya juga makin mahal.

Dan apabila Anda ingin mendatangkanya langsung dari luar negeri, maka Anda juga akan dikenakan biaya kirim dan bea cukai.

Jenis Kucing Abisinia

kucing abisinia

Jenis kucing Abisinia adalah sebuah ras kucing yang diberikan tubuh proporsional, karena memiliki tulang dan otot yang cukup tangguh dan kuat.

Baca juga Kucing Burma: Harga dan Makanan Paling Cocok 2022

Selain itu, badanya juga termasuk langsing dan tidak gemuk, sehingga otot dan tulangnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bahkan dulunya, Abisinia menjadi salah satu ras yang kerap dijadikan sebagai kucing penjaga oleh warga luar negeri. Tak tanggung tanggung, wilayah yang harus dijaga adalah perkebunan yang luas. Sehingga bisa dibayangkan mengenai kekuatan tubuhnya.

Tak hanya sampai disitu, kucing ini juga memiliki bentuk wajah agak segitiga dengan dagu yang agak menonjol, sehingga ini membuat badan dia lebih terlihat proporsional.

Bulunya yang pendek juga tak luput memberikan kesan badan yang bagus dan ramping. Tidak seperti ras lain yang justru terlihat memiliki badan yang gemuk berisi.

Fakta Kucing Abisinia

kucing abisinia

Sebagai kucing yang unik dan mahal, ternyata Abisinia memiliki fakta fakta menarik yang bisa digali demi menambah pengetahuan Anda mengenai ras ini.

Baca juga Cacing Pita Pada Kucing: Bahaya & Cara Membunuhnya

Berikut ini fakta kucing Abisinia yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Abisinia adalah Kucing Aktif, Bukan Kucing yang Suka dipangku

Fakta pertama yang dimiliki kucing ini adalah mereka bukakanlah tipe kucing pemalas yang hanya ingin dipangku pangku, melainkan mereka tipe kucing aktif yang doyan gerak kesana kemari.

Oleh sebab itulah mereka memiliki tubuh professional dengan tulang dan otot yang kuat demi menunjang pergerakan mereka yang aktif.

Maka dari itu, jika kamu memelihara kucing ini, jangan lupa sediakan arena bermain untuk mereka yah. Atau Anda juga bisa sesekali memberikan tikus hidup untuk dikejar, asal sudah dipastikan tikus tersebut tidak membawa penyakit.

2. Kucing yang Suka Bermain

Fakta menarik lain mengenai kucing ini adalah mereka suka bermain, jadi jika Anda berniat untuk memelihara kucing ini. Jangan lupa untuk sering mengajak mereka untuk bermain.

3. Abisinia Suka Jalan Jalan

Efek dari kucing ini yang aktif, maka membuat kucing ini sangat suka berjalan jalan dengan mengikat tali ke leher agar dia tidak kabur.

Anda bisa mengajak dia jalan jalan ke taman atau sekitar rumah. Jangan lupa ikan tali di leher biar dia tidak berlari dan kabur.

4. Abisinia Merupakan Salah Satu Ras Kucing Bulu Pendek Tertua di Dunia

Menurut para pakar kucing dunia, kucing ini termasuk kedalam salah satu ras tertua di dunia yang memiliki bulu pendek (shorthair).

Bahkan dia sudak eksis di jaman mesir kuno. Jadi sangat pantas kalau dikatakan sebagai salah satu ras kucing tertua.

5. Abisinia Sangat dipuja Ketika Jaman Mesir Kuno

Di jaman Mesir kuno, Abisinia adalah jenis kucing yang sangat dipuja puja. Bahkan sampai sampai mereka juga membangun kuil khusus untuk menghormati Abisinia ini.

6. Abisinia Pernah dilarang Untuk diperjualbelikan

Meski saat ini Abisinia termasuk kucing yang cukup laris, namun di jaman Mesir Kuno, sangat dilarang bagi siapapun untuk melakukan tidakan jual beli Abisinia.

Apalagi dulu kucing ini termasuk yang sangat dihormati oleh orang jaman dahulu.

7. Abisinia Menjadi Salah Satu Ras Kucing Mahal

Kucing jenis ini menjadi salah satu ras kucing yang memiliki harga jual tinggi, bahkan bisa mencapai $2000 untuk yang versi dewasa (setara Rp30.000.000).

Ini jelas sangat berbeda jauh dengan kucing pada umumnya yang paling Rp5.000.000-an, sehingga saya katakan tadi, kucing ini termasuk kucing ras mahal.

Demikian informasi mengenai Kucing Abisinia yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.