3+ Penyebab Kenapa Mata Kucing Berair dan Cara Mengobati

kenapa mata kucing berair

Kenapa mata kucing berair merupakan salah satu pertanyaan menarik yang kerap diucapkan oleh pecinta kucing yang masih awam.

Seperti manusia, mata kucing memang bisa berair akibat banyak hal, seperti alergi ataupun penyakit. Keadaan ini harus didiagnosa lebih dalam untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab Mata Kucing Berair Dan Belekan

kenapa mata kucing berair

Alasan kenapa mata kucing berair dan belekan bisa karena Infeksi ataupun ada bakteri yang menyerang organ tersebut.

Baca juga 20 Ciri Ciri Kucing Stres & Cara Mengatasi Biar Tak Mati

Berikut ini penyebab mata kucing berair dan belekan:

1. Infeksi Mata

Alasan kenapa mata kucing berair dan belekan bisa karena infeksi mata. Biasanya infeksi ini disebabkan oleh bakteri, apalagi jika memang sudah sampai belekan.

Maka dari itu, saat organ mata baru mulai memunculkan gejala berair, sebaiknya langsung obati. Jangan sampai dibiarkan dan malah tambah parah dengan munculnya belek yang berlebih.

2. Alergi

Mirip yang terjadi pada manusis, kucing yang mengalami alergi juga bisa bikin mata jadi berair. Alergi yang dimaksud adalah berupa debu.

Jadi perhatikan apakah kucing habis main di tempat yang berdebu atau tidak. Jika kucing memang habis bermain di area tersebut, lalu matanya berair. Patut dicurigai kalau itu sebagai pemicu utamanya.

Perlu Anda ketahui juga, tanda lain yang muncul jika kucing alergi adalah bersin bersin.

3. Epifora

Alasan kenapa mata kucing berair yang selanjutnya adalah efek Epifora. Epifora sendiri memiliki arti berupa suatu keadaan dimana mata kucing mengeluarkan air mata secara berlebih. Biasanya ini terjadi karena ada gangguan pada organ pengering mata.

Baca juga 3 Cara Mengobati Kucing Sakit Mata, Penyebab Dan Ciri Ciri

Umumnya kondisi tersebut disebabkan penyumbatan saluran oleh rinitis (radang selaput hidung) atau sinusitis (radang selaput sinus) yang mengakibatkan pembengkakan jaringan di daerah ini.

Epifora bisa terjadi ke semua ras kucing, namun untuk ras wajah datar, memiliki kemungkinan Epifora yang lebih tinggi.

4. Flu Kucing

Flu kucing sering terjadi dengan berbagai gejala, nah salah satunya adalah mata berair. Apalagi kalau sudah sering bersin bersin, maka air mata bisa mengalir lebih deras lagi.

Anda harus segara menangi masalah ini secepatnya, jangan sampai menunggu lebih parah lagi baru ditangani.

5. Bisul Mata

Penyebab kenapa mata kucing berair lainya adalah bisul mata atau biasa disebut Ulkus. Penyakit ini dapat menyebabkan produksi air mata menjadi berlebih. Terebih jika dibarengi dengan mata merah, maka air mata serasa mengalir.

Cara Mengobati Mata Kucing Berair

kenapa mata kucing berair

Ketika alasan kenapa mata kucing berair sudah diketahui, tinggal obati sesuai penyebabnya.

Baca juga 10 Parfum Kucing Anti Kutu, Harga & Cara Menggunakanya

Berikut cara mengobati mata kucing berair:

1. Bersihkan Air Mata yang Mengalir

Saat mata kucing terus mengeluarkan air mata, Anda bisa coba bersihkan itu menggunakan kapas halus. Usapkan secara perlahan biar tidak menyakiti kucing.

2. Kompres Mata

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan proses kompres mata. Kompresi ini dilakukan menggunakan air hangat yah.

Baca juga 9 Rekomendasi Tempat Minum Kucing Otomatis & Harga Nya

Adapun cara melakukanya adalah sebagai berikut:

  • Sediakan kain halus bersih
  • Sediakan air hangat
  • Tenangkan kucing
  • Celupkan kain halus tadi ke air hangat
  • Peras biar tidak terlalu basah
  • Usap secara perlahan ke area mata
  • Jika ada belek, bersihkan secara lembut dengan kain ini

Biasanya cara ini dilakukan jika kucing mengeluarkan air mata dan belekan.

3. Berikan Obat Tetes Mata

Sebaiknya, kitika Anda menyadari mata kucing sedang tidak baik baik saja. Segera obati dengan meneteskan obat tetes mata khusus kucing.

Anda tidak perlu bingung harus beli merk apa dan dimana, langsung pergi saja ke Apotik hewan, lalu bilang mau beli obat mata tetes kucing.

Nanti pelayan Apotik hewan akan secara memberikan obat yang sesuai kepada Anda.

4. Oleskan Salep

Bila mata kucing disertai pula dengan gejala bengkak, maka Anda bisa mengobatinya dari luar dengan cara mengoleskan salep.

Terlebih kalau juga disertai luka, maka Anda sebaiknya memberikan salep. Bukan tetes mata, sebab luka tidak diperuntukan untuk disembuhkan dengan tetes mata.

5. Bawa ke Dokter

Ketika cara mengobati mata kucing berair sudah diobati sendiri tapi tidak kunjung sembuh. Langsung bawa ke Dokter saja untuk diteliti lebih jauh mengenai keadaan kucing.

Atau jika memungkinkan, segera bawa kucing ke dokter saat awal awal menyadari ada yang salah dengan keadaan mata anabul.

Dengan melakukan ini, maka kemungkinan kucing bisa sembuh lebih cepat karena menggunakan obat obatan yang tepat dari dokter.

Apakah Mata Kucing Berair Bisa Sembuh Sendiri

kenapa mata kucing berair

Mata kucing berair bisa sembuh dengan sendirinya, namun dengan waktu yang lebih lama dibanding dengan kucing yang diobati. Adapun mengenai persentase, tidak 100% kucing bisa sembuh sendiri.

Baca juga 6 Daftar Salep Mata Kucing Bengkak dan Belekan di Apotik

Sebab jika luka yang diakibatkan cukup serius, dan kucing tidak diobati, maka ada resiko kebutaan yang menyertai nasib kucing.

Demikianlah artikel mengenai kenapa mata kucing berair dan belekan.