Jamur Pada Kucing: Jenis dan Cara Mengobati Biar Sembuh

jamur pada kucing
Klik Disini

Jamur pada kucing biasa dikenal dengan nama ringworm atau dermatophytosis, dan umumnya disebabkan oleh jamur Microsporum Canis dan Trichophyton Mentagrophytes.

Jamur Kucing ini dapat menyerang kucing dalam segala kelompok usia, mulai dari kitten hingga kucing dewasa. Namun umumnya memang menyerang anak kucing, mulai dari bagian telinga, kepala, badan, bahkan kaki.

Jenis Jamur Pada Kucing

jamur pada kucing

Jamur yang menyerang kucing ternyata tidak hanya memiliki satu jenis saja loh. Melainkan cukup banyak, dan semuanya memiliki perbedaan perbedaan tersendiri.

Baca juga Kucing Savannah: Jenis, Harga, & Makanan Terlengkap

Berikut ini jenis jamur pada kucing:

1. Ringworm

Seperti namanya, Ringworm merupakan jenis jamur yang memiliki ciri khas membentuk lingkaran pada bagian tubuh yang terkena infeksi

2. Yeast

Yeast merupakan infeksi jamur yang biasanya menyerang telinga kucing. Dan jenis ini juga merupakan yang sering menginfeksi kucing. Sebab kebanyakan kucing yang terkena penyakit ini terinfeksi dari bagian telinga dahulu.

3. Ketombe

Yang memiliki ketombe tidak hanya manusia loh, kucing juga memiliki penyakit ketombe yang disebabkan oleh jamur.

4. Eosinophilic Granuloma

Eosinophilic Granuloma adalah jenis jamur yang menyerang bagian hidung dan mulut. Jadi coba Anda perhatikan, kucing Anda terkena disebelah mana.

5. Jerawat

Jerawat pada kucing umumnya menyerang bagian dagu dan sekitar wajah, ini akan terlihat sedikit menonjol.

6. Scabies

Scabies merupakan salah satu infeksi yang bersumber dari jamur dan tungau pada kucing. Menurut Admin, Scabies merupakan penyakit yang paling mengerikan jika kita perhatikan secara fisik.

Baca juga Scabies Kucing: Gejala, Obat, & Harga Suntik

Sebab dapat menyebabkan kucing yang tadinya imut dan indah, berubah menjadi super buluk dan mengerikan sekaligus kasihan.

7. Stud Tail

Berbeda dengan jenis jamur pada kucing yang lain Stud Tail justru biasanya menyerang bagian ekor dengan membuatnya seperti mengeluarkan minyak.

8. Jamur Rontok

Penyakit jamur pada kucing yang satu ini mirip dengan Scabies, namun bedanya tidak disebabkan oleh tungau / kutu, melainkan hanya jamur.

9. Pijal

Pijal adalah penyakit yang membuat kucing memiliki kulit seperti berkerak, nah kerak ini adalah ulah dari si jamur jahat.

10. Alergic Dermatitis

Alergic Dermatitis biasanya disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu, contohnya karena alergi sama makanan merk tertentu.

11. Lice

Lice adalah penyakit jamur yang dapat membuat anabul menjadi memiliki kulit super kering.

Cara Mengobati Jamur Pada Kucing

jamur pada kucing

Cara mengobati kucing yang terkena jamur memang sebaiknya ketahui dahulu penyebab dan jenisnya, ini bertujuan agar lebih mudah dalam proses pemberian obat. Namun meski begitu, karena kita orang awam, maka kurang paham betul soal hal seperti itu.

Baca juga Cara Memandikan Kucing Kecil Persia yang Takut Air

Nah berikut ini cara mengobati jamur pada kucing yang umum dilakukan orang orang:

1. Karantina Kucing

Apabila Anda memiliki lebih dari 1 ekor kucing, dan ada satu yang telah terindikasi jamuran, maka segera pisahkan dengan kucing yang lebih sehat.

Proses karantina ini diperlukan agar kucing yang masih sehat tidak ikut terkena jamuran seperti pada teman dia.

2. Bersihkan Kandang dan Alat Makan

Selanjutnya adalah bersihkan kandang dan alat makan yang sebelumnya telah dipakai. Bila perlu sikat sampai bersih, ini demi tidak ada jamur yang menempel dalam wadah atau kandang.

3. Mandikan Anabul dengan Sampo Ketoconazole Anti Jamur

Dalam dunia medis, ketoconazole merupakan salah satu obat kimia yang dapat mengatasi jamur. Sehingga Anda bisa berupaya dengan memakai sampo ini.

Baca juga Obat Jamur Kucing

Setelah Anda benar benar mengidentifikasi kalau kucing Anda jamuran, segera mandikan anabul dengan sampo yang mengandung Ketoconazole Anti Jamur. Tapi ingat, cari yang khusus buat kucing, bukan manusia.

4. Gunakan Bedak Anti Jamur

Salah satu hal yang lain yang bisa kamu lakukan adalah setelah memandikan kucing dengan sampo anti jamur, maka coba taburkan bedak anti jamur.

Diharapkan, dengan menggunakan 2 produk yang berbeda dengan cara pemakaian yang berbeda, bisa membuat jamur lebih cepat mati dan hilang.

5. Obat Semprot Anti Jamur

Selain menggunakan 2 obat diatas, kamu juga bisa mencoba obat lain saat kedua obat tidak manjur. Adapun obat yang dimaksud adalah obat semprot anti jamur.

Untuk mereka, cukup banyak jenisnya. Tinggal pilih sesuai keuangan, sementara perihal pemakaian, maka tinggal disemprot ke daerah infeksi.

6. Beli Antibiotik

Alternatif lain adalah Anda bisa coba membeli Antibiotik di Apotek terdekat. Pemberian Antibiotik bertujuan untuk membantu penyembuhan yang sedang dikerjakan oleh obat luar.

Jadi artinya Antibiotik hanya bertugas sebagai pembantu dari dalam.

7. Bawa ke Dokter

Langkah paling tepat jika Anda sudah melihat Anda indikasi kucing kena jamur adalah dengan membawa dia ke Dokter. Agar bisa ditangani oleh orang yang tepat.

Selain itu kamu jadi tidak perlu susah susah mencari obat, sebab sudah disediakan oleh dokter.

Demikian informasi mengenai jamur pada kucing lengkap dengan jenis dan cara mengobati mereka.