Harga Anakan Kucing Persia, British Shorthair dan Himalaya 2022

harga anakan kucing

Harga anakan kucing sangat bervariasi tergantung dari jenis ras dan umur yang dimiliki kitten, beda bulan juga kadang beda harga. Sebab meski beda satu bulan, biaya perawatan juga lumayan tinggi.

Jika memang Anda tertarik untuk mengetahui harga seputar anakan kucing di tanah air, maka silahkan baca informasi dari kami hingga selesai yah.

Harga Anakan Kucing Persia

harga anakan kucing

Anakan kucing Persia adalah salah satu yang paling laris di pasaran hewan. Sebab memang mayoritas masyarakat Indonesia suka terhadap kucing Persia.

Baca juga Kucing Snowshoe: Perawatan, Harga, dan Sifat Terbaru 2022

Berikut daftar harga anakan kucing Persia tahun 2022:

  1. Anak Persia Medium 3 bulan: Rp300.000
  2. Anak Persia Flatnose 2 bulan: Rp1.200.000
  3. Persia Kitten Medium Jantan 4 bulan: Rp400.000
  4. Persia Kitten Medium Betina 4 bulan: Rp400.000
  5. Anak Persia Flatnose 4 bulan: Rp1.600.000

Harga diatas saya dapat dari beberapa sumber online. Cuma umumnya akan dijual sesuai harga yang ditawarkan penjual.

Jadi meski jenis dan umur sama, namun harga anak kucing bisa berbeda beda karena perbedaan penjual maupun perbedaan gen dari induknya.

Misalkan anak tersebut dihasilkan dari induk kucing yang sering menang kontes, maka harga kitten juga akan tinggi dibanding rate pasar.

Yang terpenting saat memilih anak kucing untuk dipelihara, perhatikan juga kesehatanya. Cek apakah bulu sehat, matanya sehat, dan cara jalanya bagus atau tidak.

Jika yakin semua  bagian tubuh kitten sehat dan tidak ada cacat sama sekali, baru kamu ajukan harga yang bisa terjangkau oleh kantong.

Saran saya, kalau dana kurang dari 1 juta, sebaiknya cari Persia Medium atau Persia biasa, jangan cari yang flatnose / peaknose ataupun Himalaya. Sebab biasanya untuk kitten jenis tersebut bisa sampai jutaan.

Apalagi kucing Peaknose, ia adalah kucing yang biasa digunakan untuk kontes, sehingga harganya sudah pasti mahal.

Baca Juga : 8 Hair Dryer Kucing Terbaik, Watt Kecil dan Harga Nya

Harga Anakan Kucing British Shorthair

harga anakan kucing

Harga anakan kucing British Shorthair memiliki harga pasaran sekitar $1200 – $2000, atau setara Rp18.000.000 sampai Rp30.000.000-an.

Baca juga 5 Vitamin Bulu Kucing Rontok, Harga & Cara Menggunakan

Jika dilihat dengan seksama, pasti Anda akan berpikir kalau kucing ini kok mahal sekali, untuk anakan saja tembus belasan juta.

Memang benar begitu adanya, sebab kebanyakan jenis kucing ini harus diimport terlebih dahulu dari Inggris. Sehingga harganya bisa jadi tambah mahal, sebab harus ada ongkos kirim dan bea cukai.

Tak hanya itu, perlu Anda ketahui pula kalau perawatan kucing jenis ini cukup mahal, sehingga harganya bisa beda jauh walau hanya terpaut 1 bulanan.

Ketika Anda merawat kucing ini, Anda tidak boleh memberikan makanan kucing secara sembarangan.

Sebab kalau sampai terjadi, dan malah membuat kucing jadi rontok bulunya, malah bikin pusing, sebab kalau dijualpun jarang ada yang mau.

Jadi memang harga mahal untuk kucing ini sangat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Tapi saya ada saran, kalau mau yang agak murah, maka harus mencari yang berupa kucing keturunan, dan lahir di Indonesia.

Jadi misalkan ada peternak kucing yang sudah berhasil breeding British Shorthair sampai beberapa generasi, nah kamu beli yang anaknya itu, biasanya agak murah sedikit.

Walaupun berkurangnya tidak sampai setengah, namun setidaknya bisa mengurangi hingga beberapa juta.

Dengan memilih cara ini, Anda bisa berhemat uang untuk kemudian dibelikan pakan untuk kucing baru Anda. Bagaimana, menarik bukan?

Harga Anakan Kucing Himalaya

harga anakan kucing

Harga anakan kucing Himalaya usia 3 bulan bisa mencapai Rp1.000.000 hingga Rp1.300.000 tergantung dari kondisi kesehatan dan tawaran dari sang penjual. Kemudian, biasanya kalau yang sudah divaksin akan memiliki harga yang lebih mahal dari yang belum vaksin sama sekali.

Baca juga 7 Merk Makanan Kucing yang Berbahaya & Perlu dihindari

Selain itu ada hal lain yang membuat ras ini cukup mahal, yaitu karena memiliki kelebihan berupa sifatnya yang tenang, cerdas, lembut, dan suka berinteraksi.

Lalu kucing ini juga memiliki sifat yang cukup manja ke manusia, sehingga tidak heran jika Himalaya ini banyak dicari.

Perlu Anda ketahui pula, harga kucing Himalaya Asli terkenal lebih mahal daripada kucing Persia Asli. Sebab, ternyata Himalaya itu hasil persilangan antara Persia dan Siam.

Maka dari itulah, harga Himalaya berada di tengah tengah antara Persia (yang murah) dengan Siam (yang mahal).

Saudara saya saja, beli anak kucing Himalaya usia 4 bulan dengan minus bulu sedikit rontok seharga 1 juta. Jika seandainya tidak minus, mungkin harganya sudah tembus 1,5 juta keatas.

Namun meski harga Himalaya lumayan mahal, Anda bisa membeli yang harga murah, asal sudah tercampur dan bukan murni.

Biasanya kalau Himalaya yang sudah dicampur sama ras domestik, maka harganya bisa berkurang sekitar setengah.

Jadi harga anakan Himalaya MixDom adalah sekitar Rp500.000-an untuk yang usia 4 bulanan.

Demikianlah artikel mengenai harga anakan kucing Persia, British Shorthair, dan Himalaya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat kawan.