Grooming Kucing: Arti, Harga Dan Syarat Terlengkap

grooming kucing
Klik Disini

Grooming Kucing merupakan salah satu bentuk perawatan populer yang sering dilakukan oleh para pecinta kucing, umumnya mereka akan melakukan grooming di tempat khusus grooming.

Jadi jarang sekali, para pecinta kucing melakukan grooming dirumah oleh mereka sendiri. Kebanyakan dari mereka lebih suka melakukanya diluar sambil jalan jalan dan liburan.

Arti Grooming Kucing

grooming kucing

Grooming merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris “Groom” yang artinya merawat atau membersihkan diri, sedangkan kucing berasal dari bahasa Indonesia yang berarti kucing.

Jadi arti grooming kucing adalah aktivitas membersihkan dan merawat kucing secara menyeluruh mulai dari memotong kuku, memandikan, membersihkan telinga & mata, hingga menyikat dan merapikan bulu kucing.

Baca juga Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar Terupdate

Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah maupun salon hewan, namun umumnya pecinta kucing melakukan grooming di salon hewan.

Harga Grooming Kucing

grooming kucing

Grooming kucing di setiap daerah memiliki harga yang berbeda beda, ini biasanya tergantung dari fasilitas apa saja yang diberikan oleh salon hewan tempat grooming.

Baca juga Kucing Caracal: Harga, Cara Merawat, dan Bahaya Nya

Nah berikut ini beberapa daftar harga Grooming kucing yang cukup umum di Indonesia:

Jenis LayananHarga
Grooming Cat Shorthair <2,9 kg Rp60.000
Grooming Cat Longhair <2,9 kg Rp65.000
Grooming Cat Shorthair 3-4,9 kg Rp75.000
Grooming Cat Longhair 3-4,9 kg Rp80.000
Grooming Cat Shorthair 5-7,9 kg Rp100.000
Grooming Cat Longhair 5-7,9 kg Rp105.000
Grooming Cat Shorthair 8-12,9 kg Rp110.000
Grooming Cat Longhair 8-12,9 kg Rp115.000
Mandi Biasa Kucing KecilRp55.000
Mandi Biasa Kucing Besar >6KgRp110.000
Mandi Kutu/Jamur <2,9 kg Shorthair Rp110.000
Mandi Kutu/Jamur 3-4,9 kg Shorthair Rp125.000
Mandi Kutu/Jamur 5-7,9 kg Shorthair Rp135.000
Mandi Kutu/Jamur 5-7,9 kg Longhair Rp140.000
Mandi Kutu/Jamur 8-12,9 kg ShorthairRp145.000
Mandi Kutu/Jamur 8-12,9kg Longhair Rp150.000
Mandi Kutu/Jamur >13 kg ShorthairRp165.000
Mandi Kutu/Jamur >13Kg Longhair Rp175.000
Cukur Minor (Sedikit)Rp25.000
Cukur Mayor (Banyak)Rp45.000

Harga Grooming bisa berbeda beda antar tiap salon. Namun untuk yang standar, biasanya perbedaanya tidak jauh dengan harga harga yang kami jabarkan diatas.

Dalam hal Grooming kucing, model perawatan dan layanan perawatan memang sangat menentukan seberapa banyak uang yang harus Anda keluarkan.

Jika ada hal yang bisa dilakukan dirumah, bisa coba lakukan dirumah untuk menghemat biaya yang akan dikeluarkan. Misalkan bila Anda bisa memotong kuku kucing dirumah, maka bisa lakukan itu di rumah saja.

Karena mengurangi salah satu layanan perawatan juga akan berdampak bagus ke uang yang dikeluarkan. Namun jika aslinya uang Anda cukup banyak, lakukan saja semua di salon hewan.

Ini sekalian sebagai salah satu bentuk sayang Anda ke hewan peliharaan, sehingga dikasih perawatan di salon hewan. Kalau perlu, jika salon menyediakan layanan pijat hewan, Anda bisa menambah paket layanan tersebut khusus untuk kucing kesayangan.

Syarat Grooming Kucing

Untuk melakukan Grooming, ternyata tidak sembarangan loh, ada ilmunya. Oleh sebab itu, jika tidak tahu apa saja yang perlu diperhatikan, maka bisa datang langsung ke ahlinya, yaitu salon hewan terdekat.

Baca juga Kucing Peaknose: Harga Dan Perbedaan dengan Flatnose

Atau bisa baca syarat grooming kucing dibawah ini untuk menambah wawasan Anda:

1. Grooming Hanya Boleh di Lakukan Pada jam 08.00 – 16.000

Artinya bagi siapa saja yang hendak melakukan grooming kucing atau entah itu hanya memandikan kucing dirumah, sangat disarankan untuk dilakukan di pagi hingga siang hari. Atau sekitar puluk 08.00 – 16.00 WIB.

Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan suhu ruangan dan suhu air. Pada jam jam segitu, umumnya hawa udara sudah mulai hangat, sedangkan kalau sebelum jam 8 dan setelah jam 16, umumnya udaranya dingin.

Perlu Anda ketahui, kucing memang termasuk hewan yang rentang terhadap cuaca dingin, apalagi kalau disiram sama air dingin, bisa bisa loncat dia. Untuk itulah perlu penyesuaian mengenai jam grooming.

2. Kucing Sedang Sehat dan Memiliki Suhu Sekitar 38-39 Derajat

Suhu tubuh kucing pada umumnya berapa pada level 38-39 derajat celcius, jadi apabila pas dicek suhunya mencapai 41 derajat, maka ada indikasi kalau kucing sedang sakit.

Lah keadaan semacam ini adalah tidak boleh. Yang bisa dilakukan grooming adalah hanya kucing yang masih sehat. Jika kucing ternyata sedang Flu dan Anda bawa ke tempat grooming, ini bisa menyebabkan kucing lain tertular.

Oleh sebab itu, hanya bawa kucing sehat, saat hendak pergi ke tempat grooming.

3. Kucing Tidak Menerima Vaksin Dalam Jangka 1 Minggu Kebelakang

Syarat selanjutnya yang harus kalian penuhi adalah Anda harus memastikan kucing Anda selama 1 minggu terakhir tidak dilakukan vaksin.

Bila mana ternyata 3 hari yang lalu, kucing Anda baru saja divaksin, maka Anda akan ditolak oleh pihak Salon Grooming yang Anda datangi.

Demikianlah artikel mengenai Grooming Kucing, mulai dari arti, harga, hingga syarat syarat yang harus dipenuhi.