Daur Hidup Kucing: Jenis dan Penjelasan Terlengkap

daur hidup kucing
Klik Disini

Daur Hidup Kucing artinya fase pertumbuhan kucing yang dimulai dari pertama kali dilahirkan oleh induk hingga akhirnya berkembang menjadi kucing dewasa atau senior.

Daur hidup kucing perlu kamu pahami sebagai pengetahuan umum, terlebih lagi jika kamu adalah seorang pemelihara kucing maka sudah sepantasnya memahami mengenai bagaimana daur hidup kucing terjadi di kucingku.id.

Jenis Daur Hidup Kucing

Daur Hidup Kucing

Jenis daur hidup kucing ialah Ametabola, yang berarti jenis daur hidup yang tidak mengalami perubahan bentuk tubuh secara ekstrim dari sejak lahir hingga dewasa.

Baca juga Kucing Muntah Kuning: Penyebab, Obat & Pertolongan Pertama

Jenis tulang, bentuk tubuh, hingga jumlah kaki dari anak kucing sama seperti induknya. Dan dari pertama kali dilahirkan sampai ia dewasa tidak terjadi perubahan bentuk kecuali hanya tumbuh menjadi lebih besar.

Untuk itulah ia disebut sebagai daur hidup Ametobola (Tidak mengalami metamorphosis).

Nah untuk lebih jelasnya mari kita bandingkan dengan hewan yang memiliki daur hidup berjenis Holometabola / Metamophorsis seperti kupu kupu.

Kupu Kupu saat ia pertama kali ditetaskan dari terlur akan berbentuk larva ulat, kemudian di tahap selanjutnya ia malah berubah menjadi kepongpong, nah dari kepongpong, berubah lagi menjadi hewan bersayap bernama kupu kupu.

Jika kita lihat, dari fase telur hingga menjadi kupu kupu, mereka mengalami perubahan bentuk tubuh yang sangat ekstrim. Oleh sebab itulah kupu kupu dan kucing memiliki perbedaan daur hidup yang bisa dilihat jelas. Dan dalam bahasa ilmiah disebut Ametabola dan Holometabola.

Penjelasan Tentang Daur Hidup Kucing

Daur Hidup Kucing

Daur Hidup Kucing yang kerap dijelaskan oleh ahli kucing terbagi menjadi lima fase, yaitu fase anak kucing, remaja, kucing dewasa, kucing tua, dan kucing senior yang menuju kematian.

Baca juga Cara Merawat Kucing Bagi Pemula yang Benar

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat penjelasan kami dibawah ini.

1. Anak Kucing / Kitten

Tahap kehidupan kucing yang pertama adalah ia dilahirkan oleh induk kucing dan mejadi anak kucing / kitten. Umumnya yang disebut sebagai anak kucing atau kitten adalah yang berusia 0 sampai 6 bulan.

Jika dikaitkan dengan masa hidup kucing, maka usia 0 sampai 6 bulan itu seperti manusia yang sedang mengalami pertumbuhan di usia 0 – 10 tahun.

Sehingga pada usia usia segini, kucing masih cukup rentan dan sangat membutuhkan kasih sayang induknya. Ini juga kurang lebih sama dengan yang dialami oleh anak kecil usia 0 – 10 tahun yang masih sangat haus akan kasih sayang orang tua.

Pada fase fase ini pula, Anda harus merawatnya dengan benar dan jangan sampai kucing kekurangan nutrisi, kalau tidak maka kucing bisa kurus tak terkesan tidak terawat

2. Kucing Remaja

Kucing remaja adalah fase daur hidup kucing yang kedua. Umumnya yang disebut sebagai kucing remaja adalah dia yang berusia 7 – 24 bulan.

Pada fase ini, perbedaan antara kucing pejantan dan kucing betina mulai terlihat jelas. Bahkan saat puncak puncak dari fase ini, kucing sudah mulai tertarik dengan lawan jenisnya.

Dan sebagian besar, pada fase ini, kucing betina sudah memiliki anak. Karena pada umumnya, kucing siap kawin dan mulai birahi adalah saat menginjak umur sekitar 10 bulan.

Oleh karena itu pula, pada fase ini, kucing biasanya sudah terampil berburu / menangkap hewan yang lebih kecil (kucing liar).

3. Kucing Prima

Kucing Prima itu biasanya dikategorikan kepada kucing yang berusia di atas 2 tahun sampai 6 tahun. Pada fase ini adalah masa keemasan, dimana kucing perlahan tumbuh menjadi kucing dewasa yang penuh dengan kekuatan (jantan) dan keibuan (betina).

Pada fase ini pula, biasanya baik jantan maupun betina sudah pernah melakukan perkawinan dengan lawan jenisnya (kalau ada pasanganya).

Maka dari itu, bilamana Anda memelihara kucing. Memang sebaiknya pelihara yang berpasangan, biar ketika masa birahi kucing, mereka bisa menyalurkanya.

Atau apabila Anda memelihara kucing jantan, maka saat masa birahi atau perkawinan, Anda bisa membiarkanya berpetualang ke luar rumah untuk mencari betina di luar.

4. Kucing Dewasa

Yang disebut sebagai kucing dewasa secara umum adalah yang berusia diatas 6 tahun hingga 11 tahun. Jika diibaratkan manusia, ia telah mencapai usia 40-50 tahunan.

Baca juga Wet Food Kucing: Harga & Cara Menyimpan Agar Bisa Lama

Dimana mereka benar benar telah tumbuh menjadi kucing dewasa sepenuhnya dengan memiliki banyak keturunan.

Kucing Dewasa biasanya sudah mulai mengalami beberapa gangguan kesehatan akibat usianya yang sudah mencapai 10 tahunan.

5. Kucing Senior (11 tahun – Mati)

Kucing Senior adalah proses daur hidup kucing yang menuju kematian, ia telah mencapai kesempurnaan kucing dewasa dan mulai mengeluhkan berbagai hal terkait penurunan fungsi tubuh.

Layaknya manusia, kucing senior diibaratkan manusia berumur 50 tahunan yang sedang menuju usia lansia dan menunggu kematian.

Kucing senior adalah tahap terakhir dari proses daur hidup kucing yang cukup panjang dan berlangsung hingga belasan tahun.

Demikian informasi mengenai fase daur hidup kucing yang kami rangkum selengkap mungkin.