8 Ciri Ciri Kucing Cacingan: Penyebab Dan Obat Alami Ampuh

ciri ciri kucing cacingan
Klik Disini

Ciri Ciri kucing cacingan sebenarnya bisa dilihat dengan mengamati keadaan kucing tanpa harus pergi ke dokter loh, sebab bisa langsung terlihat untuk beberapa kasus.

Untuk beberapa kasus, Anda bisa langsung melihatnya langsung dari kotoran mereka. Namun untuk lebuh meyakinkan silahkan lihat penjelasan kami.

Ciri Ciri Kucing Cacingan

ciri ciri kucing cacingan

Untuk mengetahui ciri ciri kucing cacingan, maka Anda perlu membaca ini satu persatu biar tidak salah dalam mendefinisikan.

Baca juga Kucing Domestik: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

  1. Gusi Kucing tampak tidak sehat
  2. Bulu tampak kusam dan seperti tidak terawat
  3. Nafsu makan turun
  4. Sering muntah
  5. Penurunan berat badan secara terus menerus
  6. Kucing terlihat lesu tiap hari
  7. Sering menyeret anus ke karpet / lantai
  8. PUP mengandung Cacing

Ciri ciri kucing cacingan diatas sangat akurat terutama bila ketika kucing PUP, terus pas dilihat di kotoran ada cacing kecilnya. Jika sudah sampai tahap demikian. Maka sudah 100 % kena.

Jika sudah sampai tahap ini, maka Anda harus benar benar segera mengobatinya biar tidak tambah parah. Apalagi kalau Pup yang mengandung cacing, maka kemungkinan cacing yang ada di dalam juga sudah cukup banyak.

Penyebab Kucing Cacingan

ciri ciri kucing cacingan

Kucing yang memiliki masalah pencernaan dengan adanya cacing pada perutnya merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan. Untuk itu jangan sampai kucing Anda terkena yah ! caranya adalah dengan mengetahui penyebabnya, sehingga bisa mencegahnya.

Baca juga Kucing Eksotis: Jenis, Harga dan Sifat Terbaru

Berikut penyebab kucing cacingan:

1. Kucing Memakan Telur Cacing Dari Tanah Secara Tidak Sengaja

Kucing termasuk kedalam hewan tak segan makan dari tanah, dan apabila saat di makan ternyata ada tanah yang menempel pada makanan dia, terus ada telur cacingnya hingga tertelan.

Maka dari situlah kucing bisa terkena penyakit cacing dan akhirnya malah mengeluarkan berbagai sikap aneh yang berkaitan dengan ciri ciri kucing cacingan.

2. Memakan Hewan yang Terinfeksi

Kucing termasuk kedalam hewan yang suka berburu dan memakan buruan. Biasanya mereka suka memakan tikus, kecoa, atau hewan lainya yang terindikasi mengandung cacing telur akibat lingkungan yang kotor

Tapi umumnya hewan yang bisa membawa telur cacing adalah tikus dan kecoa, karena merekalah yang memiliki lingkungan hidup paling kotor.

3. Anak Kucing Tertular dari Ibunya

Saat anak kucing masih menyusu pada induknya, maka segala penyakit yang diderita oleh induknya juga akan terindikasi bisa menular ke anaknya melalui air susu kucing.

Sehingga, apabila Anda mendapati induk kucing Anda terkena penyakit cacingan, segera isolasi dan hentikan anak kucing untuk menyusu kepada induknya.

Obat Kucing Cacingan Secara Alami

Kucing yang terkena cacingan memang sangat kasihan, sehingga harus cepat cepat diobati agar tidak tersiksa. Nah berikut ini obat Kucing cacingan secara alami:

Baca juga Kucing Siberia: Harga, Ciri Ciri dan Makanan Terbaik

1. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa dapat digunakan untuk mengobati kucing yang cacingan secara alami, ini disebabkan karena minyak kelapa mengandung asam kaprilat yang sangat berguna untuk membunuh cacing.

2. Air Kelapa

Air kelapa yang diminumkan kucing dapat membantu mengusir cacing dari bagian dalam, selain itu air kelapa juga berguna untuk menetralkan perut kucing.

Sudah sejak dari dulu, kalau manfaat air kelapa memang cukup luar biasa.

3. Kunyit + Madu

Untuk mengatasi cacing yang menyelinap pada pencernaan kucing, sebaiknya bikin ramuan kunyit dan madu. Yang mana kedua bahan tersebut dapat Anda berikan sebagai minuman kucing.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dikenal sebagai antiseptic sejak dahulu kala, apabila Anda memberikan ini kepada kucing, maka lidah buaya dapat membantu membersihkan usus kucing dari cacing yang bandel.

5. Minyak Jarak

Minyak jarak bisa kamu berikan kepada kucing dengan mencampurkan sedikit air hangat dan madu. Nantinya minyak jarak akan membantu membersihkan usus kucing dari segala hal yang seharusnya tidak ada di situ.

6. Delima

Delima yang diberikan ke kucing dapat mengatasi masalah parasite maupun cacing yang menyerang organ pencernaan kucing. Anda dapat mencoba memberikan delima ke kucing yang cacingan tersebut.

Apakah Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri

Kucing yang cacingan tidak bisa sembuh dengan sendirinya, Anda harus mengobatinya dengan segera, karena kalau tidak segera diobati maka kucing akan terus bertelur dan berkembang biak hingga akhirnya menyebar ke seluruh tubuh.

Semakin parah cacing menginfeksi tubuh kucing, maka cara penyembuhanya juga akan semakin sulit dan lebih lama dari yang baru muncul gejala mirip ciri ciri kucing cacingan.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik hewan yang bertanggung jawab, sebaiknya segera obati kucing jika Anda sudah mengidentifikasi kalau anabul memang benar benar terkena cacingan. Bukan sekedar gangguan makan yang akan sembuh dengan sendirinya. Demikian artikel mengenai ciri ciri kucing cacingan lengkap dengan penyebab dan obat alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan cacing.