Cara Vaksin Kucing Sendiri Di Rumah Yang Benar

cara vaksin kucing sendiri

Jika anda bertanya tanya apakah bisa vaksin kucing sendiri ? Maka saya akan jawab bisa. Dengan catatan Anda setidaknya punya ilmunya, bukan merupakan seorang amatiran.

Secara umum, kebanyakan catslovers akan melakukan vaksin kucing di rumah sakit. Namun bagi sebagian orang, dengan alasan tertentu dan punya ilmunya, akan melakukan vaksin kucing dengan tangannya sendiri.

Lalu sebenarnya bagaimana cara melakukanya ?

Berikut Cara Melakukan Vaksing Kucing Sendiri Di Rumah :

Tentukan Jenis Vaksin Yang Akan Kamu Gunakan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis vaksin untuk kucing. Ini karena setiap penyakit memiliki vaksin yang berbeda. Misalnya untuk rabies tentu akan berbeda dengan vaksin scabies.

Jadi menentukan jenisnya adalah hal paling pertama. Setidaknya ini akan mempengaruhi tindakan selanjutnya. Kadang juga tidak semua vaksin, terjual bebas. Ada kalanya yang hanya tersedia di klinik hewan.

Oleh sebab itu, tentukan dulu jenisnya.

Cari Tahu Apakah Vaksin Ada Di Pasaran Atau Tidak

Setelah menentukan jenis vaksin, maka selanjutnya coba kamu cari tahu dulu apakah bisa beli di luar klinik atau tidak. Coba kamu market place dan apotik hewan. Apabila Anda, berarti kemungkinan ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa dokter.

Dengan catatan, ada petunjuk pakainya. Apabila tidak ada petunjuk pakai, dan kamu tidak menemukan informasi apapun. Sebaiknya urungkan niatmu dan serahkan ke dokter saja. Biar tidak ada kesalahan.

Beli Vaksin Beserta Peralatanya

Saya anggap kamu sudah menemukan informasi mengenai tata cara pakainya, sehingga tahap selanjutnya adalah beli vaksinnya dan segala peralatannya.

Karena ada yang model tetes, ada juga yang model suntik. Apabila kamu membeli vaksin tetes, tentu peralatan tambahan yang perlu kamu beli hanyalah sebuah kapas untuk lap.

Tapi jika berupa vaksin suntik, maka kamu perlu beli jarum suntik dan juga kapas. Untuk jumlah jarum suntik yang perlu kamu beli, tinggal sesuaikan dengan jumlah kucing yang ingin kamu vaksin.

Intinya sebaiknya 1 kucing 1 jarum suntik. Tidak boleh 1 jarum suntik untuk banyak kucing. Ini untuk menghindari penularan penyakit.

Jika Kucing Sehat, Segera Lakukan Vaksinasi

Yang perlu Anda tahu, proses vaksinasi harus kamu lakukan saat kondisi kucing sedang sehat dan sudah memenuhi kriteria untuk vaksin kucing. Atau sebelum melakukan, baca dulu syarat kucing bisa di vaksin.

Saya Anggap, kucing kamu sudah masuk kriteria. Maka tinggal kamu aplikasikan. Misal jika berupa tetes mata, ya silahkan teteskan saja ke area yang memang perlu ( lihat aturan pakai produk ).

Dan jika berupa suntikan maka bisa lakukan ini :

  1. Kosongkan udara dalam suntikan dengan cara mendorong tuas suntikan.
  2. Buka penutup boto dan masukkan jarum suntik kedalam botol vaksin.
  3. Tarik tuas suntikan, berdasarkan dosis yang diperluakan ( baca di panduan kemasan, dosisnya berapa ml ).
  4. Dorong tuas sedikit saja, untuk memastikan cairan bisa keluar.
  5. Baca aturan pakai, dimana Anda harus menyuntikan, apakah kaki, perut, atau bagian mana ( bisa juga tanyakan ke penjual ).
  6. Setelah sudah yakin, perintahkan teman Anda untuk memegangi kucing dan kamu suntikan jarum tadi ke bagian tubuh yang sesuai.
  7. Selesai.

Jika Anda merasa takut dan tidak tega. Atau merasa takut salah. Sebaiknya serahkan ke dokter hewan saja. Atau setidaknya pertama biar dokter yang melakukanya.

Nah saat kamu akan melakukan vaksin yang berbeda, baru kamu sendiri yang melakukanya. Dengan mengingat dan mengikuti panduan dokter yang sebelumnya.

Berikan Makanan, Agar Dia Bisa Happy Dan Tidak Stres

Memberikan makanan kucing favorit setelah proses vaksin, menjadi cara jitu untuk menghindari stress pada kucing. Apalagi jika berupa suntikan, tahu sendiri lah, rasa suntikan itu kayak gimana. Sedikit gak enak kan ?

Nah kira kira begitu yang kucing rasakan. Makannya sebagai penghilang rasa sakit dan trauma, segera beri makananan. Biar mereka cepet lupa soal yang tadi. Wkwkwkwk

Kira kira gitu aja sih. Semoga bermanfaat yah sobat kucing. Ingat yah ! Jangan ragu, kalau ragu untuk vaksin kucing sendiri, mendingan sama dokter saja. Terima kasih.

4 Replies to “Cara Vaksin Kucing Sendiri Di Rumah Yang Benar”

  1. plis jangan bikin blog yang menyesatkan seperti ini. vaksinasi membutuhkan proses, pemeriksaan kesehatan, dll… jangan embel2 melakukan dirumah tapi malah menyebakan tidak terkontrolnya penyebaran penyakit hewan yang dapat menular ke manusia. memang melakukan tindakan menyuntik itu mudah. tapi efek obat yang disuntikkan itu yang mempunyai rantai panjang… by drh imam.

    1. Terimakasih atas sarannya….artikel ini saya persembahkan untuk pembaca yang sedang mencari tahu cara vaksinasi kucing sendiri…

      Tak lupa…karena vaksinasi sendiri…saya rasa kurang afdol..akhirnya beberapa kali saya sisipkan pesan di beberqpa paragraf…”kalau di rasa pengin lebih aman..sebaiknya ke dokter hewan saja”.

      MOHON LEBIH TELITI DALAM MEMBACA..TERIMA KASIH MAS

  2. tetap yang berwenang untuk vaksinasi itu hanya tenaga medis yaitu dokter apapun alasannya. vaksinasi sendiri itu bukan kurang afdol tapi memang tidak boleh.

    1. yah memang benar gan…cuma ya gitu.. banyak juga yang kepo dan pengin nyari tau cara vaksinasi sendiri.. oleh sebab itu saya bikin artikel begini.. yang tujuanya selain menjelaskan juga menggiiring biar vaksinya sama ahli medis saja. ( dokter ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *