8 Cara Merawat Kucing Bagi Pemula yang Benar

cara merawat kucing
Klik Disini

Cara merawat kucing menjadi salah satu hal yang harus Anda pelajari saat baru baru memelihara kucing, karena setiap hewan memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda beda.

Jadi meski pada awalnya Anda hebat saat memelihara kambing, maka saat mulai memelihara kucing Anda harus belajar lagi, tidak boleh menyamakan tekniknya dengan teknik memelihara hewan lain.

Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

cara merawat kucing

Merawat kucing memang bisa dibilang gampang gampang susah, kalau kamu memelihara ras yang umum di pelihara, mungkin akan gampang. Namun bila yang Anda pelihara adalah ras kucing mahal, maka perawatan yang diberikan pasti berbeda dan lebih ribet.

Baca juga Grooming Kucing: Arti, Harga Dan Syarat Terlengkap

Berikut ini cara merawat kucing bagi pemula yang paling benar:

1. Siapkan Kandang Sebelum Membeli Kucing

Bentuk cara merawat kucing yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang atau tempat tidur bagi kucing. Jangan sampai kucing kamu nanti disuruh tidur di lantai tanpa alas apapun yah.

Meskipun tidak menggunakan kandang, minimal gunakan kain atau bahan apapun sebagai alas bagi tidur kucing. Bahkan secara naluri, kucing juga tidak akan tidur di lantai begitu saja.

Ia akan mencari tempat hangat, oleh sebab itu tak jarang kita melihat kucing tidur di sofa, atau di serbet. Itu semua dilakukan secara naluri dan alamiah, sebab mereka butuh kehangatan saat ingin tidur.

Jadi perhatikan masalah kandang ini yah, karena selain bermanfaat untuk tempat tidur. Kandang juga nantinya dijadikan sebagai pembatasan gerakan / kurungan saat Anda pergi.

Pergerakan kucing dibatasi dengan kandang agar dia tidak membuat masalah saat kau tinggal.

2. Kasih Makanan yang Tepat

Cara merawat kucing yang benar adalah dengan memberikan makanan yang tepat.

Nah cara memberikan makanan yang tepat bisa Anda dapatkan dengan bertanya kepada penjual kucing, jadi misalkan kamu beli kucing ke seseorang, tanyakanlah mengenai makanan yang biasa diberikan.

Lalu belilah sesuai dengan kebiasaan sang penjual, apakah berupa makanan kering atau justru basah, tiru saja.

Ini berguna agar kucing tidak stress saat pergi ke lingkungan baru, bayangkan saja jika kucig harus dihadapkan dengan lingkungan baru, cuaca baru, dan makanan yang baru. Bisa stress dia.

Nah untuk itu paling tidak, makanan harus diberikan dengan makanan lamanya. Lalu apabila kucing kamu itu tidak dibeli melainkan adopsi dari jalanan,

maka Anda bisa membeli beberapa macam makanan kucing ukuran repack terkecil. Cobalah satu satu sampai menemukan makanan yang disukai kucing.

Ingat, agar tidak boros, beli saja yang kemasan repack yah.

3. Sediakan Tempat Minum

Hal selanjutnya yang perlu kalian sediakan sebagai upaya cara merawat kucing yang umum dilakukan adalah dengan menyediakan tempat minum.

Baca juga Kucing Caracal: Harga, Cara Merawat, dan Bahaya Nya

Saat Anda memberikan kucing makan di tempat makan, jangan lupa pula sediakan tempat minum disebelahnya, biar kalau kucing haus bisa langsung minum di tempat tersebut.

Ini juga untuk mencegah kucing pergi keluar atau ke wc untuk minum, jika saja kucing beneran minum air WC, maka kucing berpotensi sakit.

Jadi jangan sampai lupa untuk menyediakan tempat minum untuk kucing kesayangan yah. Sediakan sedikit saja, karena kucing juga minumnya tidak banyak.

4. Memandikan Kucing

Meski kucing sebenarnya sudah sering mandi sendiri dengan cara menjilati bulunya, namun kamu tetap harus sering memandikan kucing, paling tidak seminggu sekali, atau 3 minggu 2 kali. Atur sesuai kondisi saja.

cara merawat kucing

Kalau bulu kucing tidak kotor, tidak perlu sering sering, mungkin 10 hari sekali, membersihkan dan memandikan kucing ini bermanfaat agar kucing tidak menderita berbagai macam penyakit kulit.

Seperti jamur, scabies, kutu, dan berbagai macam penyakit kulit lainya yang umum terjadi. Kalau Anda tidak punya waktu, maka bisa lakukan grooming saja ke salon hewan terdekat.

5. Latih Agar Mau PUP di Bak Pasir

Cara merawat kucing yang selanjutnya adalah dengan melatih kucing agar tidak PUP sembarangan, yaitu biar dia PUP di wadah yang berisi pasir kucing.

Dengan melatihnya, jika dia sudah bisa dan terbiasa, jadi kamu nanti tinggal bersihkan / ganti pasir kucing secara berkala.

Baca juga Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

Kecuali jika kamu tinggal dikampung yang halaman disekitarnya masih banyak tanah atau pasir, maka rasanya tidak perlu menyediakan ini, biarlah secara alami kucing PUP di tanah / pasir sekitar rumah.

6. Berikan Vitamin Jika diperlukan

Demi menjaga kesehatan kucing, kamu bisa berikan vitamin kucing secara berkala, entah itu seminggu sekali atau beberapa hari sekali.

Apalagi kalau sedang musim hujan, pemberian vitamin akan sangat membantu agar kucing tidak sakit flu maupun demam.

7. Berikan Vaksin

Cara merawat kucing yang ke tujuh adalah jika kucing Anda senilai jutaan, sebaiknya lakukan vaksin demi mencegah kucing kamu terkena sakit yang parah.

Sayangkan kalau beli mahal mahal namun belum lama memelihara, malah kena penyakit mengerikan, jadi sebaiknya vaksin saja jika diperlukan.

8. Ketika Sakit, Bawalah ke Dokter Hewan

Saat kucing Anda menderita sakit, baik flu, demam, jamuran, atau penyakit lainya. Saran saya adalah bawa ke dokter agar bisa ditangani lebih cepat oleh orang yang tepat.

Namun apabila ada keterbatasan biaya, atau tidak ada dokter hewan yang dekat, maka bisa juga gunakan obat apotek yang sudah umum.

Demikian informasi mengenai cara merawat kucing bagi pemula yang benar.