9 Cara Merawat Kucing Baru Lahiran Beserta Makanan Nya

Dehidrasi pada Kucing? Apa yang Harus dilakukan?

Cara merawat kucing baru lahiran bisa menjadi pengalaman yang mendebarkan jika itu adalah yang pertama kali kamu alami selama memelihara kucing.

Terlebih jika kamu seorang laki laki yang belum pernah melihat sebuah proses persalinan, pasti jadi bingung mengenai apa saja yang harus kamu lakukan untuk menghadapinya.

Cara Merawat Kucing Baru Lahiran

Cara Merawat Kucing Baru Lahiran

Cara merawat kucing baru lahiran tidak boleh sembarangan, sebab saat itu kondisi antara induk dan anak kucing masih sama sama rentan.

Baca juga 200 Nama kucing Viral dan Keren Seperti Artis Indonesia

Jadi sebaiknya kamu memang harus membantunya untuk bisa membuat keduanya menjadi sehat sehat saja.

Berikut cara merawat kucing baru lahiran:

1. Periksa Kondisi Tubuh Induknya

Saat Anda mendapati induk kucing selesai lahiran, maka hal yang pertama harus Anda perbuat adalah dengan memeriksa kondisi fisik kucing secara singkat.

Baca juga 9 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat & Nurut

Mengenai matanya yang sayu atau tidak, mengenai suaranya yang masih mau mengong atau tidak, dan mengenai responya yang ketika kamu pegang merespon atau tidak.

Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah kondisi badanya masih fit dan kuat atau malah sebaliknya.

Sebab proses melahirkan anak kucing cukup menyita tenaga, apalagi kalau yang dilahirkan lumayan banyak, maka bakalan lebih cape lagi.

2. Berikan Makanan

Kucing yang baru lahiran pasti lelah dan lapar, dan ia tidak mungkin langsung meninggalkan anaknya untuk mencari makan.

Oleh sebab itu sebagai pemilik yang baik, sebaiknya segera berikan makanan agar induk kucing kondisinya bisa cepat pulih.

Apalagi ia juga akan tersedot nutrisinya akibat harus menyusi anak anaknya yang biasa dilahirkan cukup banyak.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa membeli Royal Canin Mother And Baby Cat. Sebab makanan tersebut telah di formulasikan khusus untuk induk kucing dan anaknya.

3. Sering Cek Wadah Minum

Cara merawat kucing baru lahiran yang ketiga adalah dengan sering sering melihat wadah minumnya.

Apalagi Kucing yang habis melahirkan telah membuang banyak tenaga, lalu setelah itu mereka menyusui sehingga kehilangan banyak cairan tubuh.

Nah untuk mengantipasi biar kucing tidak dehidrasi, sebaiknya sering cek wadah minum agar kucing biar minum dengan bebas tanpa menemui kendala kehabisan air.

4. Bantu Mengelap Anak Kucing

Anak kucing yang baru dilahirkan biasanya masih basah akibat cairan yang dikeluarkan saat proses melahirkan.

Untuk itu, Anda bisa mencoba membersihkanya menggunakan lap kering, sehingga bulu anak kucing tidak basah lagi.

Hal ini juga bisa membantu anak kucing agar hangat, sebab dengan keadaan bulu yang kering. Maka suhu tubuhnya akan menjadi lebih hangat.

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru di Lahirin

Cara Merawat Kucing Baru Lahiran

Cara merawat kucing baru lahiran beserta anaknya memang penting dilakukan. Sebab induk kucing yang masih lelah dengan proses melahirkan, tentu masih beristirahat sejenak sehingga tidak mungkin banyak bergerak.

Baca juga 9+ Cara Merawat Kucing Persia Agar Sehat Biaya Murah

Maka dari itu kamu harus membantu induk kucing untuk merawat anaknya sementara waktu. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Membersihkan Bulu Anak Kucing

Cara membersihkan bulu anak kucing yang baru dilahirkan adalah menggunakan lap kering. Namun bila ditemukan dalam keadaan sudah kering, maka step ini bisa diskip.

2. Menjaga Anak Kucing Tetap Hangat

Nah saat anak kucing berusia beberapa jam, ia masih membutuhkan rasa hangat dari induknya. Namun apa jadinya kalau jumlah anak kucing yang dilahirkan terlalu banyak, pasti kan ada yang dipinggir.

Lalu untuk mencegah yang dipinggir kedinginan, Anda harus memberikan beberapa kain kering sebagai tambahan penghangat.

Tetapi jika bentuk sarang kucing sudah bundar dengan sisi pinggir agak menjulang tinggi, mungkin langkah ini juga bisa di skip saja.

3. Berikan Susu Tambahan Jika diperlukan

Saat Anak kucing yang dilahirkan terlalu banyak, maka Anda bisa memberikan susu kitten tambahan untuk mengurangi beban induk kucing.

Karena sesuai hukum alam, semakin banyak anak kucing yang lahir di satu induk. Maka induknya juga akan lebih banyak tersedot ASI-nya.

Nah demi mengurangi itu, Anda bisa menambahkan susu kitten di jadwal makanan harian anak kucing.

4. Jangan Terlalu Lama Memegang Anak Kucing

Meski tampilan kitten yang baru lahir sangat lucu, namun Anda tidak boleh memegangnya terlalu lama. Karena di khawatirkan akan membuat induk kucing jadi mencium anaknya seperti bau manusia.

Kalau sampai seperti itu, resikonya anak yang berbau manusia akan di telantarkan oleh induk kucing.

5. Latih Pup di Kotak Pasir

Saat anak kucing sudah mulai bisa jalan, sebaiknya langsung mulai ajarkan anak kucing biar pup di kotak pasir. Sehingga nanti akan memudahkan kamu jika ingin membersihkanya.

Makanan Anak Kucing Baru Lahir

Cara Merawat Kucing Baru Lahiran

Makanan anak kucing baru lahir adalah ASI Induknya, dan kalau mau diberikan makanan tambahan, maka itu adalah susu khusus kitten, bukan makanan basah apalagi makanan kucing kering.

Baca juga 10 Cara Merawat Kucing Kecil Tanpa Induk Terlengkap

Demikian informasi mengenai cara merawat kucing baru lahiran.