7 Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami Cepat Sembuh

cara mengobati kucing mencret secara alami

Cara mengobati kucing mencret secara alami ternyata bisa dilakukan loh dirumah, cara ini pas banget untuk kalian yang memiliki rumah jauh dari dokter hewan dan apotik.

Sebab, jika jauh dari dokter dan apotik, maka Anda bisa berusaha mengobati kucing mencret secara alami dengan bahan bahan yang berasal dari sekitar kita, yang penting tahu caranya.

Cara mengobati Kucing Mencret Secara Alami

cara mengobati kucing mencret secara alami

Cara mengobati kucing mencret secara alami bisa dibilang gampang asal sudah tahu caranya dan bahan bahan yang dibutuhkan juga tersedia di sekitar rumah. Ok, langsung saja ke bahasan utamanya.

Baca juga 5 Cara Melatih Kucing Pup di Pasir Agar Tidak Sembarangan

Berikut ini cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah biar cepat sembuh:

1. Jangan Beri Makan Kucing Selama 12 Hingga 24 Jam

cara mengobati kucing mencret secara alami

Mencret adalah kejadian dimana pup kucing berair dan terus dikeluarkan dalam frekuensi yang pendek, dimana umumnya kucing pup 1x sehari, maka ketika mencret bisa sampai 5x.

Nah cara mengobati kucing mencret secara alami yang pertama bisa dilakukan dengan membiarkan kucing puasa sekitar 12 – 24 jam, kondisional saja, kalau kira kira kucing sudah kehausan maka hentikan proses puasa tersebut.

Tujuan dilakukan ini adalah untuk membersihkan sekaligus menormalkan fungsi pencernaan kucing agar kembali seperti semula.

2. Beri Tempe / Yoghurt

Cara mengobati kucing dengan tempe bisa dilakukan dengan cara mencampurkan tempe dengan makanan lain seperti daging atau wetfood. Tujuanya agar tempe membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada dipencernaan kucing.

Tempe mengandung bakteri baik yang biasanya membantu membersihkan organ pencernaan. Nah ini juga sama saja dengan yoghurt, fungsinya sama.

Cuma kalau yoghurt cukup susah dicari, sebab yoghurt khusus kucing tidak dijual di warung warung sembako. Melainkan hanya di petshop petshop tertentu.

3. Berikan Air Kelapa Muda

Anda bisa mencoba memberikan air kelapa kepada kucing yang telah di treatment puasa. Taruh air kelapa ke wadah minum, dan biarkan kucing yang minum dengan sendirinya.

Tujuan diberikanya air kelapa adalah kandungan yang didalamnya mampu menetralkan organ tubuh apabila ada sesuatu yang salah seperti racun.

Baca juga Bulu Kucing Rontok: Penyebab, Obat & Vitamin Paling Ampuh

Selain itu, kandunganya bisa menjadi oralit alami. Atau bahasa mudahnya akan mengembalikan cairan dan tenaga kucing yang habis karena mengalami mencret.

Dengan meminum air kelapa, kucing yang habis mencret dan tidak diberi makanan hingga lemas, akan seketika bisa bergairah. Hal ini karena air kelapa memang minuman oralit alami.

4. Berikan Madu

Cara mengobat kucing mencret secara alami bisa juga menggunakan madu loh. Madu yang diberikan kepada kucing mencret berfungsi sebagai vitamin atau penambah tenaga setelah kucing mengalami mencret.

Anda bisa memberikan madu ini dengan cara dicampur di air kelapa tadi. Atau bisa juga diberikan dengan dicampur air biasa. Bila Anda tidak memakai air kelapa, ini juga bisa sebagai pengganti.

Yang penting jangan berikan madu terlalu banyak, silahkan baca dosis madu untuk kucing.

5. Kunyit

Cara mengobati kucing mencret secara alami ternyata bisa juga dilakukan dengan kunyit loh. Namun pemberian kunyit untuk kucing mencret harus dicampur dengan madu biar rasanya manis yah kakak.

Baca juga Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina Saat Masih Kecil

Cara pembuatanya seperti membuat jamu untuk manusia, yaitu dengan cara mengambil air rebusan kunyit. Tak perlu banyak banyak, mungkin satu hingga dua sendok saja.

Kemudian air tersebut dicampur dengan madu agar berasa manis juga, baru nanti minumkan ke kucing menggunakan pipet atau semacamnya.

Yang penting jangan terlalu dipaksa yah, selain itu berikan saat sebelum makan. Biar nutrisinya bisa tercerna dengan baik.

Nantinya kunyit akan membantu mengembalikan fungsi tubuh kucing beserta menambah nafsu makan mereka.

6. Ubah Asupan Makanan

Jika mencret yang terjadi disebabkan oleh pergantian makanan dari merk A ke merk B, maka setelah mengetahui merk B tidak cocok untuk kucing.

Maka segera kembali ke menu makanan merk A. Bukan sebuah rahasia, kalau soal makanan kucing maka tidak bisa disamakan.

Sebagus bagusnya sebuah merk, tetap saja akan cocok di beberapa kucing dan malah tidak cocok di kucing tertentu. Seperti misalkan cocok di kucing A,B,C,D namun bisa tidak cocok di kucing E dan F.

Oleh sebab itu, jika menemukan problem ternyata kucing Anda yang tidak cocok, maka segera ganti makanan ke merk semula.

7. Selalu Cek Wadah Minum

Kucing yang mencret maka akan menguras cairan yang berada di dalam tubuh kucing. Oleh karena itu, setelah mencret tersebut berhenti, kucing membutuhkan asupan minum yang cukup banyak.

Jadi selalu cek ketersedian air minum di wadahnya. Selain itu, cara ini dilakukan untuk mencegah kucing minum air di kloset atau air kotor di luar rumah.

Sudah bukan rahasia lagi, bila kucing ingin minum dan ia tidak menemukan di tempat biasa. Maka kadang kadang si kucing malah minum air di WC.

Nah mungkin juga, hal ini yang menyebabkan kucing kamu malah jadi mencret. Demikian artikel mengenai cara mengobati kucing mencret secara alami.