Cara Menghilangkan Kutu Kucing Alami: Garam dan Telon Termudah

Cara menghilangkan kutu kucing
Klik Disini

Cara menghilangkan kutu kucing menjadi salah satu pekerjaan yang kerap dilakukan oleh para pemiliki hobi kucing, sebab tak sedikit kucing peliharaan yang memiliki kutu di bagian bulu mereka.

Oleh sebab itu, sebagai pemelihara kucing yang bertanggung jawab terhadap kesehatan peliharaan sendiri, maka akhirnya banyak yang secara rutin membersihkan bulu kucing agar tehindar dari kutu. Lantas bagaimana jika sudah terlanjur ada ?

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Cara menghilangkan kutu kucing

Apabila kucing kamu sudah terlanjur memiliki kutu dibagian bulunya, maka Anda harus mencoba membersihkan dan menghilangkan kutu tersebut dengan berbagai cara apapun, yang penting kena.

Baca juga Kucing Belang 3 Membawa Rezeki, Benarkah? Cek Faktanya

Berikut ini cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang bisa kalian lakukan:

1. Gunakan Lidah Buaya                                

Lidah buaya jika pada manusia dikenal untuk mengatasi ketombe, dan ini juga berlaku untuk kucing. Dimana Lidah Buaya biasa digunakan sebagai obat luka sekaligus pengusir kutu.

Jadi saat Anda mengoleskan gel Lidah Buaya kepada bulu dan kulit kucing, maka ia akan memiliki 2 fungsi sekaligus. Yang pertama adalah mengusir kutu, dan yang kedua mengobati luka akibat ulah kutu tersebut. Menarik bukan ?

Yang perlu diingat, jangan lupa untuk mebilas setelah proses ini selesai, bilaslah menggunakan sampo yang biasa Anda pakai untuk kucing.

2. Gunakan Air Lemon

Air Lemon memiliki rasa asam, ini nantinya bisa mengganggu ekosistem kutu. Sehingga apabila Anda mencoba mengoleskan atau mengguyur bulu kucing dengan air lemon, maka di harapkan kutu menjadi tidak betah dan lari terbawa air saat proses pembilasan.

Selain itu, diharapkan pula dengan keasaman lautan air lemon ini, maka kutu kucing akan menjadi rusak dan tidak menetas.

Untuk cara memakainya, maka rebuslah beberapa potong lemon, lalu dingin kan air hasil rebusan tadi. Setelah sudah dingin masukan ke botol penyemprot. Kemudian semprot kan ke bulu kucing sampai merata ke kulitnya juga.

Namun Anda harus hati hati agar tidak mengenai mata kucing, sebab jika kena mata, rasanya akan perih. Soalnya lemon itu asam, jadi akan sangat perih jika mengenai mata.

3. Cuka Apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah cuka apel. Cuka Apel bersifat sangat asam, sehingga ampuh untuk membunuh bakteri dan kutu.

Sudah bukan rahasia umum kalau hal hal alami yang bersifat asam adalah zat yang cukup ampuh untuk membunuh organisme kecil seperti bakteri maupun kutu.

Sehingga penggunaan cuka apel juga menjadi hal yang bagus untuk menghilangkan kutu kucing secara alami. Selain itu, diharapkan pula apabila kutu telah bertelur, maka telur tersebut akan menjadi rusak saat terkena larutan cuka apel yang asam. Sehingga nanti tidak akan menetas.

Baca juga Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sunlight

Untuk pembuatan dan penggunannya cuka apel untuk menghilangkan kutu kucing, maka cukup larutkan cuka apel kedalam air menggunakan perbandingan 1:2, jadi apabila kamu menggunakan cuka apel satu gelas, maka air biasa adalah 2 gelas.

4. Minyak Zaitun

Penggunaan bahan alami selanjutnya adalah berasal dari minyak zaitun. Minyak zaitun selain berfungsi menghilangkan kutu, juga nantinya akan membuat bulu kucing menjadi lebih sehat.

Sudah bukan rahasia lagi, jika minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan perawatan pada rambut manusia, karena kandunganya yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut / bulu.

Yang terpenting adalah setelah menggunakan minyak ini, jangan lupa membilas kucing menggunakan sampo yang biasa dipakai.

Kekurangan dari penggunakan bahan ini adalah harganya yang cukup mahal, jadi silahkan atur sesuai keuangan Anda yah kawan.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Garam

Cara menghilangkan kutu kucing

Cara menghilangkan kutu kucing ternyata bisa Anda lakukan menggunakan air garam loh, fungsi air garam disini adalah untuk mengguyur tubuh kucing agar kutu nya pada hilang alias kabur. Tapi selain diguyur, Anda juga bisa melakukan semprot semprot sampai merata.

Baca juga Sampo Kucing: Bagus, Anti kutu & Alami Terbaik

Efek penggunaan bahan ini adalah akan menghilangkan kutu sekaligus telor telor nya.

Lalu cara menggunakan air garam untuk penyemprotan terbilang cukup gampang, karena Anda hanya perlu melarutkanya dengan air. Tapi perlu diingat, jika ada luka maka sebaiknya jangan.

Karena apabila luka pada kulit terkena garam, maka akan memunculkan reaksi perih yang luar biasa. Jadi nanti malah kasihan kucingnya ya kawan.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

Cara menghilangkan kutu kucing yang lain adalah bisa menggunakan minyak telon. Minyak telon ini nantinya bila usapkan ke bulu kucing, maka akan membuat kutu menjadi tidak nyaman tinggal disitu sehingga ia akan lari.

Baca juga Kucing Belang Tiga: Ciri, Fakta, Mitos, & Harga

Namun kekurangan dari metode ini adalah ada potensi terjilat kucing, dan ini cukup bahaya.

Sehingga apabila Anda menggunakan ini, ketika menunggu beberapa saat. Jangan sampai kucing terlepas dari pandangan.

Jaga kucing agar jangan sampai menjilat bulunya, setelah dirasa agak lama. Segera bila bulu kucing menggunakan sampo. Biar ketika kucing akan menjilat bulunya, maka sudah bersih.