7 Cara Mencari Kucing Hilang Seminggu Biar Ketemu

cara mencari kucing hilang

Cara mencari kucing hilang adalah kegiatan yang cukup melelahkan, karena kita harus menyusuri jalan, kebun, rumah, hingga sungai yang ada disekitar komplek perumahan.

Apalagi berbeda dengan hewan lain seperti ayam, kucing biasanya kalau sudah main ke luar rumah, maka bisa berjalan jauh hingga ke beberapa ratus meter.

Apesnya lagi, kalau kucing yang hilang itu kucing mahal yang tidak takut manusia dan gampang ditangkap orang. Wah bisa bahaya tuh.

Cara Mencari Kucing Hilang Seminggu

cara mencari kucing hilang

Cara mencari kucing hilang seminggu itu sebenarnya hal yang cukup sulit dilakukan, sebab waktunya sudah terlalu lama.

Baca juga Cara Mengobati Kucing Bersin Terus dengan Obat Alami

Selain itu, dengan waktu hilang yang sudah sampai seminggu, maka tidak bisa hanya menyisir sekitar rumah. Namun harus juga sampai ke tempat penampungan hewan atau yang lainya.

Berikut cara mencari kucing hilang seminggu:

1. Buat Poster atau Pamflet

Layaknya orang hilang, Anda juga memerlukan poster untuk kemudian dipasang di tiang listrik atau langsung ditanyakan ke orang orang.

Ketika Anda sudah membuat poster kucing tersebut. Maka Anda bisa mencari sambil memasang poster di tempat tempat yang dilalui orang.

Jangan lupa juga untuk menaruh nomor handphone di bawahnya, tujuanya agar yang pernah liat atau menemukan kucing tersebut bisa langsung menghubungi nomor Anda.

2. Umumkan Bagi Siapa yang Menemukan Akan Dapat Hadiah

Agar yang melihat poster, mau membantu Anda. Maka bisa umumkan bagi siapa saja yang berhasil memberikan informasi keberadaan kucing, akan dikasih hadiah.

Anda bisa mengumumkan itu di bawah poster maupun lewat media lain seperti facebook dan twitter. Yang terpenting bisa terlihat oleh banyak orang.

3. Naikan Radius Pencarian

Jika misalkan di hari kedua ketiga hanya mencari di radius 1 KM, maka pada saat kucing sudah hilang seminggu bisa naikan menjadi 2 KM.

Anda harus berani berkorban apabila memang ingin menemukan kucing kesayangan. Pokoknya kalau belum sampai ketemu jasadnya, berarti hanya ada 2 kemungkinan.

Dia nyasar ke kebun / perumahan atau diambil orang. Khusus kemungkinan diambil orang, hanya berlaku pada kucing yang terawat atau yang mahal.

4. Cari ke Tempat Pemilik Kucing Lain yang Lawan Jenis

Jadi bila kucing Anda adalah seorang pejantan, maka coba cari ke pemelihara lain yang memiliki kucing betina. Dikhawatirkan sang pejantan ikut betina karena sedang birahi.

Apesnya, waktu birahi juga bisa sampai seminggu. Bahkan beberapa kasus juga ada yang sampai 10 harian.

Baca juga Cara Mengatasi Kucing Birahi

Begitupun sebaliknya, jika yang hilang adalah kucing betina, maka cari ke pemilik kucing jantan. Ini juga dikhawatirkan nasibnya sama. Yaitu ikut pejantan karena birahi.

Namun ketika memutuskan untuk menggunakan cara mencari kucing hilang dengan langkah ini, pastikan ketika bertanya ke pemilik kucing dilakukan dengan sopan. Jangan ada kesan menuduh.

5. Cari di Penampungan Hewan Terdekat

Bila semua cara diatas tidak kunjung membuahkan hasil, maka Anda bisa mencoba untuk mencari anabul ke tempat penampungan hewan.

Karena bisa saja ada orang atau petugas terkait yang menemukan anabul, lalu karena kasian terlunta lunta di jalan. Maka akhirnya di bawa ke tempat penampungan hewan agar bisa lebih terawat.

Baca Juga : Fungsi Ekor Kucing, Kumis dan Bulu

6. Cari di Pasar Hewan

Nah tempat lain yang perlu Anda datangi adalah pasar hewan, apalagi kalau kucing kamu adalah kucing mahal dari ras yang asli.

Kamu harus mengecek kesini untuk memastikan kalau kucing kamu belum ditangkap orang lain dan belum dijual ke pasar hewan.

Tapi bila akhirnya menemukanya disini, kamu harus membelinya lagi. Meski awalnya itu kucing milikmu, kalau sudah pernah dijual orang, maka kamu tidak bisa mengambilnya secara paksa.

Kecuali ada bukti yang kuat mengenai sertifikat dan lain lain.

7. Gunakan Jasa Mencari Kucing Hilang

Jasa mencari kucing hilang adalah sebuah jasa yang menawarkan bantuan bagi orang yang sedang kehilangan kucing kesayangan. Biasanya jasa ini menawarkan produknya lewat media sosial Instagram atau medsos lain.

Berapa Lama Kucing Hilang

cara mencari kucing hilang

Umumnya kucing akan hilang hanya satu sampai 2 harian saja baru nanti pulang atau ditemukan. Namun apabila melebihi waktu diatas maka akan semakin kecil kemungkinan kucing bisa ditemukan.

Baca juga 6+ Obat Kucing Demam dan Lemas Secara Alami

Terlebih kalau kucing yang hilang adalah kucing mahal dan terawat, kalau di atas 2 hari paling mungkin mereka sudah ditangkap orang untuk dipelihara/dijual/ ditaruh di penampungan hewan.

Kucing Kabur Apakah Bisa Kembali

cara mencari kucing hilang

Kucing yang kabur karena bosan dan ingin main di luar rumah, maka bisa pulang kembali dengan syarat tidak main terlalu jauh dan tidak diambil orang.

Baca juga 10 Penyakit Kucing Kampung Scabies dan Panleukopenia

Karena bila sudah sampai beberapa hari belum kembali, maka Anda harus membaca cara mencari kucing hilang yang saya jelaskan diatas.

Demikian informasi mengenai cara mencari kucing hilang seminggu agar cepat ketemu.