10 Cara Membersihkan Telinga Kucing: Baby Oil & Zaitun

cara membersihkan telinga kucing

Cara membersihkan telinga kucing memang tidak mudah, sehingga menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapai pemilik kucing. Sebab ketika dibersihkan, kucing biasanya jadi aktif gerak dan berusaha menghindar.

Tak heran sebagian orang lebih suka membawanya ke salon hewan untuk di grooming, daripada membersihkan sendiri. Namun sejatinya, asal tahu triknya, maka bisa dilakukan dengan cukup gampang loh.

Cara Membersihkan Telinga Kucing Dengan Baby Oil

cara membersihkan telinga kucing

Untuk membersihkan telinga kucing, memang harus dipisahkan dari kegiatan mandi kucing. Sebab telinga kucing tidak bisa dibersihkan dengan disiram air.

Baca juga Cara Menjinakan Kucing Liar dan Galak Jadi Penurut

Nah berikut ini cara membersihkan telinga kucing dengan Baby Oil:

1. Siapkan Kapas / Tisu / Cutton Bad

Langkap pertama yang bisa kalian lakukan adalah menyiapkan kapas pembersih atau tisu basah atau cutton bad. Namun khusus cutton bad, banyak orang yang melarangnya. Katanya bisa menimbulkan iritasi atau semacamnya.

Fungsi dari benda benda ini adalah sebagai amplas pembersih. Jadi nanti metodenya adalah dengan menggesek bagian telinga yang kotor menggunakan bahan diatas.

Tapi jangan langsung, ikuti langkah langkah yang kami jelaskan di bawah yah.

2. Siapkan Baby Oil (Merk Bebas)

Langkah kedua adalah dengan menyiapkan baby oil, kamu boleh memakai merk apa saja. Kalau di rumah ada, ya pakai saja. Kalau tidak ada, beli yang ukuran kecil saja.

Alasan menggunakan baby oil adalah karena minyak bayi dapat membantu mengangkat kotoran / kulit mati yang menempel pada kulit.

Jadi nanti, kotoran yang pada nempel, kalau dikasih baby oil, lama lama menjadi lunak dan mulai terpisah dari kulit.

Maka dari itulah, kami menyarankan menggunakan baby oil, biar lebih gampang mengangkat kotoranya.

3. Pegang Kepala Kucing dengan Lembut

Setelah bahan sudah disiapkan semua, segera pegang kepala kucing dengan lembut, kalau perlu dielus elus terlebih dahulu sampai ia tenang.

Atau bila Anda merasa tidak sanggup, bisa minta bantuan teman atau keluarga untuk memegangi kepala kucing.

4. Oleskan Baby Oil ke Bagian yang Ingin dibersihkan

Setelah kepala kucing diam, segera oleskan telinga dengan baby oil secara merata. Kamu bisa menggunakan kapas atau tisu, dan apabila berani, bisa gunakan cutton bad.

5. Diamkan dan Lepas Kepala Kucing Selama Beberapa Menit

Tujuan dilakukan ini adalah untuk membiarkan baby oil bekerja terlebih dahulu. Biarkan selama beberapa menit biar meresap ke kulit kucing, sehingga nanti kotoran telinga perlahan mulai terlepas dari kulit.

6. Buang Kotoran Telinga Menggunakan Kapas / Tisu / Cutton Bad

Setelah didiamkan sekitar beberapa menitan, pegang kembali kepala kucing. Lalu bersihkan telinga kucing yang tadi telah diolesi baby oil. Kamu akan mulai melihat kalau kotorannya mulai menempel pada kapas / cutton bud.

Jika Anda merasa susah di bagian sudut kecil, bisa gunakan cutton bad, namun harus ektra hati hati yah.

Cara Membersihkan Telinga Kucing Dengan Minyak Zaitun

cara membersihkan telinga kucing

Cara membersihkan telinga kucing memang bisa dilakukan dengan berbagai bahan alami. Nah salah satu bahan yang populer adalah menggunakan minyak zaitun.

Baca juga Kenapa Kucing Mendengkur Saat dielus? Cara Mengatasinya

Berikut ini cara membersihkan telinga kucing dengan minyak zaitun:

1. Siapkan Minyak Zaitun

Langkah pertama mengenai step cara membersihkan telinga kucing dengan minyak Zaitun adalah dengan menyiapkan bahanya.

Jika bisa gunakan minyak zaitu yang cara dikeluarkanya dengan cara di tetes, biar gampang dalam penggunaanya.

Namun bila puya yang biasa, maka juga tidak mengapa. Asalkan asli minyak zaitun.

Fungsi minyak ini adalah sebagai media pelumas sekaligus pengangkat kotoran dan sel sel kulit yang telah mati dan menumpuk.

2. Pegang Kepala Kucing Secara Perlahan

Dalam memegang kepala kucing, kamu harus hati hati agar dia tidak memberontak. Atau kalau bisa mencari bantuang ke teman. Atur agar nanti dia yang memegangi, sementara kamu nanti yang bertugas sebagai orang yang membersihkanya.

3. Teteskan Atau Oleskan Minyak Zaitun

Jika bisa diteteskan, maka teteskan saja ke area telinga yang ingin dibersihkan, namun jika tidak bisa diteteskan, maka oleskan saja.

Tapi yang perlu diingat, jangan langsung pakai tangan. Oleskan menggunakan kapas atau cutton bud. Setelah dioleskan, jangan lupa tunggu beberapa saat sampai minyak zaitun bekerja.

4. Bersihkan Kotoran dengan Kapas Atau Semacamnya

Nah langkah terakhir adalah coba bersihkan area yang telah dilumuri minyak zaitun dengan kapas maupun cutton bud. Jika dilakukan dengan step by step, pasti nanti akan terlihat kalau kotoran yang pada menempel, ikut terangkat.

Berapa Kali Membersihkan Telinga Kucing

cara membersihkan telinga kucing

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, usahakan bersihkan telinga kucing minimal seminggu sekali, atau biar gampang kalau dia habis mandi, maka jangan lupa telinga ikut dibersihkan juga.

Baca juga 23 Manfaat Memelihara Kucing Menurut Spiritual & Islam

Membersihkan telinga kucing terlalu sering, tidak bagus. Dan kalau terlalu lama juga tidak bagus, jadi yang bagus adalah yang sedang. Antara 1 minggu sampai 2 minggu sekali

Itulah beberapa informasi mengenai cara membersihkan telinga kucing beserta frekuensi paling bagus.