5 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina Saat Masih Kecil

cara membedakan kucing jantan dan betina

Cara membedakan kucing jantan dan betina harus kamu tahu apabila memang ingin menjadi pemelihara kucing. Jangan sampai saat sudah memelihara, namun masih belum tahu cara membedakanya.

Meski terlihat sepele, tapi untuk membedakan anatara pejantan dan betina ada ilmunya, tidak boleh sembarangan agar tidak salah dalam mendefinisikan.

Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina Saat Masih Kecil

cara membedakan kucing jantan dan betina

Untuk dapat membedakan kucing jantan dan betina yang masih kecil, maka diperlukan ketelitian yang lebih tinggi dibanding kalau memeriksa yang versi dewasa.

Baca juga Kucing Mata Biru: Jenis, Harga dan Ras Terbaru

Berikut ini cara membedakan kucing jantan dan betina saat masih kecil:

1. Anak Kucing Jantan Memiliki Testis, dan Betina Tidak

Cara membedakan kucing jantan dan betina yang pertama bisa dilihat pada bagian testis. Apabila ada testis maka jantan, kalau tidak ada maka betina.

Nah untuk melihat testis pada anak kucing, maka bisa dilakukan dengan cara mengangkat bagian ekor secara perlahan. Bila sudah terangkat, maka kamu akan melihat ada 2 buah lubang pada bagian bawah pangkal ekor.

Nah lubang atas itu adalah anus, digunakan oleh anak kucing untuk pup / BAB. Sedangkan pada bagian dibawahnya adalah alat kelamin.

Apabila pada lubang kedua kamu mendapati ada testis yang berbentuk seperti dua bola sangat kecil, maka artinya jantan, jiak tidak ada berarti betina.

2. Lubang Kelamin Anak Kucing Betina Seperti Huruf i

Cara membedakan kucing jantan dan betina yang kedua bisa dilihat dari bagian kelamin lagi. Jika kamu lihat dengan lebih teliti, maka kamu akan sadar jika lubang kelamin anak betina akan terlihat seperti huruf I (irisan vertical).

Sedangkan pada kucing jantan, maka lubang kelamin akan terlihat seperti sebuah titik saja, dimana jika di tarik garis lurus dengan anusnya maka terlihat seperti titik dua.

3. Lubang Kelamin Anak Kucing Betina Berjauhan dengan Anus

Apabila kamu perhatikan lagi, maka kamu akan menemukan perbedaan yang lain. Dimana kucing betina terlihat alat kelaminya memiliki letak yang agak jauh dengan anus.

Nah hal ini berbanding terbalik dengan alat kelamin jantan, dimana kelaminya justru terlihat memiliki jarak yang agak dekat dengan anusnya.

Baca juga Cara Melatih Kucing Pup di Pasir Agar Tidak Sembarangan

Bila kamu memiliki 2 ekor kucing yang berlawan jenis, maka kamu akan lebih mudah memahai mengenai informasi yang kami sampaikan. Sebab bisa langsung praktek.

4. Kucing Betina Pada Umumnya Memiliki Warna Seperti Calico dan Tortoiseshell

Ternyata, cara membedakan kucing jantan dan betina bisa dilihat pada warna bulu loh. Sebab pada kucing Calico yang memiliki warna bulu kucing dari tiga warna, ternyata di dapat karena memiliki dua kromosom X. Dimana yang memiliki Kromosom X berjumlah dua hanya betina.

Jadi apabila ada kucing dengan warna tersebut, bisa dipastikan kalau itu adalah betina.

Sedangkan pada jantan, biasanya memiliki pola warna standar seperti polos atau 2 warna, dengan motif garis garis.

5. Bau Urine Jantan Lebih Menyengat Dari Betina

Cara membedakan kucing jantan dan betina saat masih kecil ternyata juga bisa dilakukan menggunakan urine loh. Dimana kucing jantan pada umumnya memiliki aroma yang lebih kuat di banding dengan betina.

Hal ini wajar terjadi, sebab ketika kucing jantan dewasa, maka mereka akan menggunakan urine sebagai tanda wilayah kekuasaan mereka. Oleh sebab itulah bau kucing jantan lebih menyengat.

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina dari Ekor

cara membedakan kucing jantan dan betina

Perbedaan kucing jantan dan betina ternyata bisa dilihat dari bawah ekor yah.

Baca juga Bulu Kucing Rontok: Penyebab, Obat & Vitamin Paling Ampuh

Nah berikut ini perbedaan mencolok yang bisa kamu peroleh dari bagian bawah ekor kucing:

  1. Ketika ekor kucing diangkat, maka akan terlihat ada testis pada kucing jantan
  2. Ketika ekor diangkat, maka kamu akan mendapati anak kucing jantan memiliki bentuk titik dua dibagian anus dan kelamin
  3. Ketika ekor kucing terangkat, kamu akan melihat kucing betina memiliki bentuk kelamin seperti huruf i.
  4. Bila ekor kucing diangkat, kamu akan memperoleh data berupa kucing betina memiliki jarak anus yang jauh dengan kelamin mereka
  5. Apabila Ekor kucing terangkat, maka alat kelamin jantan terlihat berdekatan dengan anus mereka

Perbedaan perbedaan antara kucing jantan dan betina yang terlihat dari bawah ekor memang cukup menyulitkan, karena harus dilihat dengan teliti.

Apalagi saat masih kecil, kadang testis jantan bisa saja tidak terlalu terlihat, sehingga bisa dikira betina. Selain itu, untuk memerhatikan lubang dan bentuk maka diperlukan dua kucing yang berbeda kelamin agar cepat dalam memahaminya.

Ini jelas berbeda dengan ketika kita ingin melihat perbedaan pada kucing dewasa yang sudah sangat jelas. Seperti testis yang sudah jelas karena besar, puting betina yang sudah muncul di bagian perut, hingga perilaku identitas juga sudah muncul.

Oleh sebab itu dalam menentukan jenis kelamin pada anak kucing, harap dilakukan dengan hati hati. Demikian informasi mengenai cara membedakan kucing jantan dan betina.