3 Cara Memandikan Kucing Kecil Persia yang Takut Air

Cara memandikan kucing
Klik Disini

Cara memandikan kucing ternyata tidak semudah yang dibayangkan ketika kamu belum pernah mencobanya loh. Apabila kamu pernah melihat seseorang memandikan kucing, memang terlihat mudah.

Namun ketika kamu mencobanya sendiri, justru lumayan susah. Mungkin karena belum terbiasa juga, apalagi kebanyakan kucing juga takut air. Jadi tantangan yang harus dihadapi juga lumayan banyak.

Cara Memandikan Kucing Kecil

Cara memandikan kucing

Cara memandikan kucing kecil dengan kucing besar tentu ada bedanya, jika kucing besar sudah terbiasa mandi. Maka tidak dengan kucing kecil.

Baca juga Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

Nah berikut ini beberapa cara memandikan kucing kecil yang bisa kalian lakukan:

1. Potong Kuku Kucing

Sebelum masuk ke air, usahakan untuk memotong kuku kucing terlebih dahulu. Tujuannya untuk menjaga agar kucing tidak mencakar dirinya sendiri maupun mencakar kamu.

Karena pasti kan nanti brontak, nah biar pas brontak tidak mencakar. Maka sebaiknya potong kuku kucing terlebih dahulu yah.

2. Persiapkan Alat Mandi yang Dibutuhkan

Dalam hal ini adalah ember, gayung, dan sampo kucing. Persiapkan semuanya sebelum kucing di bawa ke tempat pemandian yah.

Baca juga Sampo Kucing yang Bagus

Usahakan pula untuk sampo, harus menggunakan sampo khusus untuk kitten yah. Jangan sampo dewasa.

3. Siapkan Air Hangat

Nah, agar kucing tidak kaget dengan suhu air yang dingin. Sebaiknya gunakan air hangat untuk memandikan kucing yah kakak.

Namun sebelum mulai proses mandi, cek dulu dengan tangan yah. Jangan sampai terlalu panas juga, hanya semu semu panas gitu.

4. Gunakan Shampoo Kucing

Saat memandikan kucing dengan sampo, Anda harus melakukannya dengan hati hati. Jangan sampai sampo tersebut mengenai mata kucing. Karena itu nanti bisa perih di mata.

Selain itu, gunakan juga sampo khusus kucing, kalau bisa yang khusus kitten juga. Jangan pernah gunakan sampo manusia untuk kucing. Karena berpotensi bikin bulu mereka jadi rontok loh.

5. Bilas Dengan Air Hangat

Air hangat yang tadi disiapkan, selain untuk membahasai bulu, tapi juga digunakan untuk membilas bulu kucing yang sudah banyak terkena busa sampo.

Bilas secara perlahan keseluruh tubuh, dan selalu hati hati agar tidak sampai kena mata yah kakak. Pada fase fase awal memandikan kucing, sebaiknya perlakukan sebaik mungkin, agar ketika di momen selanjutnya jadi lebih mudah. Karena kucing tidak takut.

6. Keringkan Menggunakan Handuk

Saat selesai membilas, tugas kamu belum selesai. Selanjutnya Anda harus mengeringkan bulu kucing dengan handuk agar dia tidak masuk angin yah.

Selain itu, ini perlu dilakukan agar Anda bisa masuk ke tahap berikutnya. Karena kalau masih basah, tidak bisa.

7. Pijat Secara Lembut

Untuk memberikan pengalaman mandi yang menyenangkan, pijatlah kucing secara perlahan. Kamu lakukan ini paling tidak sekitar 3 – 5 menit yah.

Jangan sebentar doang loh yah. Jangan sampai kamu Cuma melakukan nya hanya semenit saja. Karena cara memandikan kucing yang pertama bakal jadi penentu kamu di momen selanjutnya yah.

Cara Memandikan Kucing yang Takut Air

Cara memandikan kucing

Salah satu tantangan yang sering ditemui oleh pemilik kucing adalah memiliki anabul yang takut dengan air. Karena anabul yang takut air, maka saat ingin memandikanya menjadi cukup repot dibanding dengan memandikan kucing yang tidak takut air.

Baca juga Scabies Kucing: Gejala, Obat, & Harga Suntik

Nah berikut ini cara memandikan kucing yang takut air:

1. Pastikan Kucing Sedang Dalam Kondisi Mod

Memastikan mod kucing sedang bagus adalah sangat penting. Sebab bilamana kamu asal memandikan tanpa melihat mod kucing. Bisa bisa malah nanti gagal.

Setidaknya apabila mod kucing sedang bagus, mereka jadi lebih mudah diatur dibanding dengan kucing yang sedang ngambek atau semacamnya.

2. Isi Bak Mandi Beserta Perlengkapan

Hal kedua yang perlu Anda siapkan adalah air di bak mandi berikut gayung (jika dibutuhkan), dan sampo kucing.

Jangan sampai Anda baru mengisi air saat kucing sudah dibawa ke dalam kamar mandi. Karena kucingnya aja takut sama air, maka sebisa mungkin jangan sampai lama lama disitu.

Jadi untuk mempersingkat waktu, isi bak mandi dulu hingga penuh, baru nanti kucing kamu bawa ke kamar mandi.

3. Basahi Kucing Secara Perlahan

Karena kucing Anda takut air, maka saat membahasahi kucing Anda, tidak perlu dengan air banyak, cukup sekenanya saja agar basah.

Hal ini untuk menghindari resiko kucing tambah takut, saat melihat dirinya diguyur dengan banyak air oleh Anda.

4. Gunakan Sampo Secara Merata

Selanjutnya, Anda perlu menggunakan sampo kucing secara merata, tanpa mengenai matanya. Karena kalau sampai kena maka akan membuat mata menjadi perih.

5. Segera Bilas

Karen anabul takut air, maka kamu harus cepat cepat. Saat bulu sudah dipastikan terkena sampo semua. Segera bilas bulu secara merata dan angkat kucing dari situ.

6. Keringkan Dengan Handuk

Saat Kucing Anda selesai dibilas, segera keringkan dengan handuk dan angkatlah segera.

Jika dalam proses memandikan ini kamu kewalahan, kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara untuk memegangi kucing.

Cara Memandikan Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing berbulu panjang, sehingga harus sering dimandikan agar tidak kutu-an. Karena bulu yang panjang, sangat rentan disusupi oleh kutu.

Baca juga Kucing Savannah: Jenis, Harga, & Makanan Terlengkap

Nah untuk cara memandikan kucing Persia, bisa gunakan langkah berikut ini:

  • Persiapkan alat yang dibutuhkan (bak, gayung, sampo)
  • Isi bak mandi dengan air
  • Bawa kucing ke tempat pemandian
  • Basahi bulu kucing secara hati hati
  • Bersihkan dengan sampo kucing
  • Bilas sampo
  • Keringkan dengan Handuk

Nah demikian artikel yang bisa kami buatkan untuk Anda para pecinta kucing tanah air.