7 Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar Terupdate

cara melatih kucing
Klik Disini

Cara melatih kucing sebenarnya cukup gampang jika tahu caranya, tapi kuncinya juga harus sabar yah. Mengingat kucing dan manusia memiliki bahasa yang berbeda, jadi Anda harus lebih sabar dalam melatihnya.

Selain sabar, konsistensi juga sangat penting, kekurangan dari bahasa hewan dan manusia yang cukup berbeda jauh, bisa kita tambal dengan konsistensi sehingga hewan menjadi terbiasa dan mulai mengerti.

Cara Melatih Kucing Agar Nurut dan Pintar

cara melatih kucing

Melatih kucing biar nurut itu biasanya dilakukan oleh orang yang baru membeli kucing atau mengadopsi kucing. Sehingga memang butuh dilatih, ini berbeda jika kucing lahir di rumah kamu, biasanya tidak usah dilatih juga akan nurut dengan seiring berjalanya waktu.

Baca juga Jamur Pada Kucing: Jenis dan Cara Mengobati Biar Sembuh

Berikut ini cara melatih kucing biar nurut dan pintar:

1. Lakukanlah Pendekatan Terlebih Dahulu

Jika memang kucing kamu merupakan pendatang baru, entah itu baru dibeli atau diadopsi, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah lakukan pendekatan dahulu biar kenal.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman ke kucing, kalau kamu adalah pemilik barunya. Ini sama halnya seperti ketika kamu melakukan pendekatan dengan teman baru atau pacar baru.

Pendekatan yang dimaksud bisa dilakukan dengan berbagai macam, yang penting yang sering bersentuhan atau saling bercengkrama.

2. Sering Kasih Makan Kucing Dengan Tangan Kamu Sendiri

Maksud dari cara melatih kucing tahap dekua ini, adalah meski misalkan kamu punya karyawan atau saudara, usahakan pas awal awal, kamulah yang bertugas memberi makan dia.

Tujuanya agar kucing cepat akrab dengan Anda, dan tahu siapa kamu. Kamu adalah sosok yang memberi makan.

Nah konsistensi konsistensi seperti inilah yang nantinya akan membuat kamu menjadi cepat akrab dan dengan kucing yang baru tersebut.

Biasanya, hewan peliharaan akan cepat lebih akrab dengan manusia yang memberi makan dia. Nantinya dia menjadi betah di dekat Anda dan sudah tidak takut lagi.

3. Sering Ajak Bermain

Kemudian cara berikutnya adalah dengan cara sering sering ajak kucing bermain bersaman, misalkan jika kamu pulang bekerja dan sudah sempat istirahat, kamu bisa coba ajak kucing bermain.

Baca juga Cara Memandikan Kucing Kecil Persia yang Takut Air

Selain itu, jika kamu sedang libur, kamu bisa coba ajak kucing jalan jalan keluar sekaligus mengenalkan lingkungan tempat tinggal yang baru.

4. Saat Kucing Sudah Mulai Nyaman, Latihlah

Nah ketika ketiga hal tersebut sudah kamu coba praktekan, tinggal tunggu waktu sampai kucing sudah mulai nyaman dengan Anda.

Salah satu tanda kucing sudah mulai nyaman adalah ketika kucing sudah sering menghampiri Anda dan selalu ingin dekat dengan Anda.

Selain itu, tanda yang lain bisa dilihat jika kucing sudah mulai menggesek gesekan kepalanya ke kaki Anda, itu artnya kucing sudah memercayai Anda, dan menganggap kamu sebagai pemilik yang selalu baik kepadanya.

5. Latihlah Apa yang Ingin Kamu Latih

cara melatih kucing

Nah kamu sebenarnya ingin kucing bisa ngapain ? jika sudah pada tahap ini, kamu sudah waktunya mulai melatih. Misalkan jika kamu ingin kucing tidak naik kemeja, maka cara melatih kucing agar nurut tidak naik meja, adalah dengan melarangnya.

Baca juga Kucing Caracal: Harga, Cara Merawat, dan Bahaya Nya

Kamu bisa lakukan dengan cara, memberikan tanda “hust” saat kucing naik meja, sambil mengayunkan tangan Anda untuk isyarat agar dia turun. Selain “hust”, Anda juga bisa gunakan suara lain, misalkan “jangan”.

Kuncinya adalah konsisten, jadi bilang memang ingin demikian, gunakan kata “hust” setiap kamu melarang kucing. Nantinya “hust” akan terekam oleh memori kucing, yang berarti dia harus berhenti melakukan itu saat pemilik bersuara “hust”.

Selanjutnya jika yang ingin kamu latih adalah kucing bisa menghampiri saat kamu panggil, maka bisa dengan cara sering sering memanggil namanya.

Anda bisa konsisten gunakan kata itu agar memory kucing merekam dan mengartikan kalau kata yang biasa kamu sebut, berarti suara panggilan.

6. Berikan Hadiah Ketika Kucing Berhasil Melakukan Perintah Anda

Cara melatih kucing yang selanjutnya adalah saat kucing berhasil melakukan perintah yang kamu suruh, berilah hadiah sebagai apresiasi. Tujuanya biar kucing makin senang dan makin nurut dengan perintah Anda.

Baca juga Kucing Peaknose: Harga Dan Perbedaan dengan Flatnose

Jangan sungkan sungkan bicara dengan bahasa manusia ke kucing, percaya tidak percaya, lama lama mereka akan sedikit mengerti meski mereka tidak bisa ngomong bahasa manusia.

Kamu juga bisa gunakan video untuk melatihnya. Lalu setelah kucing berhasil, berilah hadiah berupa makanan kucing.

7. Gunakan Video

Saat ini, cara melatih kucing agar nurut juga bisa dilakukan dengan bantuan video di HP / Komputer loh. Jadi misalkan Anda ingin kucing bisa pipis dan BAB di pasir kucing yang telah disiapkan.

Maka kamu bisa coba sering sering putar video kucing yang pipis dan BAB di pasir kucing, sambil kamu tunjuk dan arahkan agar kalau mau pipis dan BAB di pasir kucing.

Demikian informasi mengenai cara melatih kucing agar nurut dan Pintar.