8 Cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil Termudah

cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil
Klik Disini

Cara melatih kucing agar bisa dipanggil bisa dilakukan dengan mudah jika mau mengikuti langkah demi langkah sesuai dengan petunjuk yang kami berikan.

Petunjuk tersebut kami rangkum dari berbagai sumber agar menjadi suatu langkah yang singkat namun memiliki tingkat keberhasilan tinggi sehingga cocok untuk kamu praktekan.

Cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil

cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil

Apabila Anda ingin mempraktekan cara melatih kucing agar bisa dipanggil dengan namanya, maka bisa gunakan beberapa tips yang telah kami  buat.

Baca juga 4 Langkah Cara Melatih Kucing Pup Di Toilet & WC

Berikut tips melatih kucing agar bisa dipanggil:

1. Tentukan Nama Panggilan yang Pas

cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil

Cara melatih kucing agar bisa dipanggil bisa dilakukan dengan menentukan nama panggilan terlebih dahulu.

Baca juga Cara Melatih Kucing Bersalaman 100 PERSEN Berhasil

Cari nama panggilan yang terdiri dari satu kata dengan pengucapan yang mudah. Anda bebas menentukan dari bahasa mana saja, Indonesia, Arab, Inggris, Korea, dll.

Yang terpenting kalau bisa yang memiliki arti baik dan gampang diucapkan. Alasan kenapa pilih yang berarti baik adalah karena nama merupakan doa.

Jadi kalau namanya memiliki arti yang baik atau postif, diharapkan kucing juga bisa memiliki sikap yang melambangkan namanya.

2. Beritahukan ke Keluarga

cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil

Apabila kamu sudah memilih nama kucing yang pas dan mudah di ucap, langkah selanjutnya adalah dengan memberitahukan keluarga atau pun teman yang sering bertemu kucing.

Baca juga 4 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Dengan Kunyit

Beritahukan kalau si kucing sudah punya nama, dalam hal ini misalnya adalah Baret.

Dengan melakukan hal semacam ini, diharapkan akan membantu kucing untuk lebih cepat memahami siapa namanya.

3. Latih Sedini Mungkin Mumpung Kucing Masih Muda

Saat melatih kucing, sebaiknya lakukan saat dia masih anak anak atau remaja. Sebab dimasa ini, kucing lebih gampang mengerti dan nurut saat kita ajarkan sesuatu.

Baca juga 10 Cara Merawat Kucing Kecil Tanpa Induk Terlengkap

Berbeda dengan kucing dewasa yang cenderung lebih lama mengerti dan nurut. Layaknya manusia, kalau sudah dewasa, akan lebih sulit belajar ketimbang ketika ia masih muda.

Maka dari itu, usahakan untuk mengajarkan ini ke kucing muda agar lebih cepat dan mudah.

4. Tentukan Hadiah

Cara melatih kucing agar bisa dipanggil harus dengan menyiapkan hadiah agar bisa berjalan sukses tanpa hambatan.

Sebab hewan akan lebih mudah kita arahkan jika setelah ia nurut dikasih hadiah. Nah adapun hadiah yang dimaksud adalah berupa makanan kesukaan untuk cemilan.

Jadi nanti setiap kucing mau menghampiri saat dipanggil, ia berhak menerima 1 pcs hadiah, entah itu biscuit kucing atau makanan kucing kering satu biji.

Intinya yang penting ada hadiah, dan si kucing suka/doyan terhadap hadiah tersebut.

5. Mulai Biasakan Berbicara Positif dan Selipkan Namanya

Yang dimaksud dengan membiasakan berkata postif dengan menyelipkan namanya adalah misalnya ketika Anda sedang memberi makan, sisipkan pembicaran yang positif dengan menggunakan namanya.

Sebagai contoh namanya adalah Baret “Hai Baret, makan yang banyak yah, bair cepat gemuk” (sambil mengelus kucing yang lagi makan).

Atau bisa juga “Baret sini! Ayo kita makan siang” (sambil memanggil).

Jadi kira kira yang dimaksud adalah seperti itu.  Anda harus menyelipkan namanya di kalimat positif, bukan negatif. Karena ini masih tahap tahap awal.

Untuk kalimat negatif yang sebaik dihindari biasanya berupa larangan / memarahi. Contoh “Dasar Baret, kamu tuh yah, jadi kucing kok nakal sekali!” (sambil berteriak dan memarahi).

6. Lakukan Secara Berulang

Latihan apapun yang pasti kucinya konsisten dan berulang, ini juga termasuk ketika Anda praktek cara mealtih kucing agar bisa dipanggil, harus konsiten.

Oleh sebab itu, lakukan obrolan ini sampai beberapa hari atau beberapa minggu, sampai melihat ada respon kucing ketika menyebut namanya.

Nah nanti kalau sudah terlihat ada respon, baru masuk ke tahap berikutnya.

7. Coba Panggil Namanya dan Berikan Hadiah

Nah pada tahap berikutnya adalah dengan memanggil namanya, lalu ketika kucing menghampiri, langsung kasih hadiah.

Misalkan namanya Baret, maka langsung panggil saja “Baret”. Lalu ketika dia datang ke kamu dan mengeong, langsung kasih makanan.

Atau sebagai alternatif, berikan makanan biasa dengan porsi sedikit. Sisanya untuk hadiah ketika kucing dipanggil dan mau datang.

Ini dilakukan untuk mencegah kucing kegemukan karena terlalu banyak diberi hadiah oleh kamu.

8. Mulai Kurangi Pemberian Hadiah

Cara melatih kucing agar bisa dipanggil di tahap berikutnya adalah dengan mulai mengurangi hadiah. Jadi jika kamu melatihnya 10x sehari, coba berikan 8 latihan seperti biasa, dan 2 latihan tanpa hadiah.

Lakukan ini sampai sekitar 5 latihan tanpa hadiah dan 5 latihan dengan hadiah. Jadi bisa diselang seling.

Tujuanya cara melatih kucing agar bisa dipanggil dengan teknik ini adalah untuk mengurangi ketergantungan kucing yang mau dipanggil jika hanya ada hadiahnya saja.

Selain itu, cara ini juga dilakukan biar kucing tidak ngambek. Sebab kalau nanti sama sekali tidak dikasih hadiah, dikhawatirkan malah kucing ngambek dan tidak mau menghampiri lagi.

Bagaimana, cara melatih kucing agar bisa dipanggil, mudah kan?