Biaya Steril Kucing: Jantan dan Betina Terbaru 2022

biaya steril kucing

Biaya steril kucing menjadi salah satu informasi populer yang kerap dicari oleh para pecinta kucing terutama yang tidak ingin anabul memiliki keturunan.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang dengan sengaja bikin kucing steril agar anabul tidak merasakan birahi saat musim kawin kucing. Nah lantas untuk membuat itu semua, berapa biaya yang dibutuhkan?

Biaya Steril Kucing Jantan

biaya steril kucing

Biaya steril kucing jantan berkisar antara Rp200.000 sampai Rp500.000 tergantung dari fasilitas dokter dan metode steril yang digunakan. Biasanya semakin bagus RAS kucing, maka biaya yang diberikan juga lebih mahal, karena nanti metode yang dipakai adalah yang terbaik.

Baca juga Makanan Kucing Anggora Biar Gemuk dan Pantangan Nya

Perlu Anda ketahui, metode sterilisai kucing jantan adalah dengan tindakan operasi untuk mengangkat kedua testis kucing karena organ tersebut merupakan sumber hormon testosteron pada kucing.

Oleh sebab itu harus diangkat guna mensukseskan program strelisasi yang telah direncanakan.

Biaya Steril Kucing Betina

biaya steril kucing

Biaya steril kucing betina berkisar antara Rp400.000 – Rp1.000.000 tergantung dari fasilitas kedokteran dan metode serta obat yang dipakai untuk proses steriliasasi tersebut. Sama seperti pada pejantan, semakin bagus RAS, maka biaya yang dibebankan juga biasanya semakin tinggi.

Baca juga 9 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Paling Lengkap

Nah, jika kita lihat dengan seksama, biaya operasi kucing betina lebih mahal dari jantan yah? Kenapa ya?

Jika Anda bertanya demikian, maka jawabanya karena proses sterilisasi pada kucing betina lebih rumit dari pada di kucing jantan, sehingga biaya yang dibebankan juga lebih tinggi.

Pada kucing betina, tindakan operasi yang harus dilakukan adalah dengan membedah perut kucing, lalu secara hati hati, dokter akan mengangkat rahim dan indung telur agar saat Anda kucing jantan yang mengawani, maka tidak akan terjadi pembuahan.

Nah tindakan membedah perut kucing dan mengangkat rahim yang letaknya ada di dalam sana, maka tingkat kesulitan yang dihadapi dokter jelas lebih tinggi daripada mengangkat testis kucing. Oleh sebab itulah, biaya steril kucing betina bisa lebih mahal dari penjantan.

Steril Kucing Gratis

biaya steril kucing

Steril kucing gratis adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pelayanan sterilisasi kucing dengan biaya nol rupiah alias gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Baca juga Penyebab Kenapa Kucing Mengeong Terus Tengah Malam dan Gelisah

Biasanya program ini diadakan oleh pemerintah atau sebuah komunitas dengan tujuan ingin menekan populasi kucing yang berpemilik dengan cara membuat kucing mejadi steril tidak bisa memiliki keturunan

Hal ini memiliki tujuan akhir agar bisa menekan angka populasi hewan yang dapat membawa penyakit rabies di wilayah pemungkiman padat penduduk.

Salah satu contoh yang memberikan kayanan steril kucing gratis adalah pemerintah DKI Jakarta. Nah bagi yang ingin tahu jadwal dan kuotanya, silahkan lihat informasi di bawah ini

Jadwal Steril Kucing Gratis Jakarta

Silahkan bagi warga DKI yang ingin melakukan sterilisasi dengan biaya steril kucing gratis, bisa ikuti jadwal layanan di bawah ini:

TanggalKuota
27 Juli 202220 ekor kucing lokal
07 September 202220 ekor kucing lokal
12 Okttober 202220 ekor kucing lokal
16 November 202220 ekor kucing lokal
21 Desember 202220 ekor kucing lokal

Manfaat Steril Kucing

Meski kadang kadang steril kucing dianggap terlalu tega sama kucing, karena menghilangkan birahi dan kemampuan memiliki keturunan pada kucing.

Namun secara kedokteran, ternyata ada manfaatnya loh. Nah beriku ini manfaat melakukan steril kucing:

1. Menjaga Populasi Kucing Agar Tidak Tambah Banyak di Daerah Padat Penduduk

Seekor induk kucing, bisa melahirkan tiga bulan sekali dengan 2 – 6 ekor setiap melahirkan. Artinya dalam setahun, paling tidak seekor induk kucing bisa memiliki antara 8 – 24 anak kucing.

Atas dasar itulah, kian hari populasi kucing di kota semakin meningkat, dan yang menjadi masalah adalah mereka tidak memiliki tuan dan juga tidak memiliki lahan berburu dikota.

Alhasil mereka tinggal di jalanan dan tidak terurus, tak jarang banyak yang mati kelaparan.

Oleh sebab itu, pemerintah setempat terkadang menganjurkan agar kucing di sterilkan agar bisa menekan populasi kucing yang kian meningkat.

2. Membuat Kucing Menjadi Lebih Sehat

Menurut ASPCA, sterilisasi pada kucing jantan akan membantu mereka terhindar dari kanker testis dan prostat. Sedangkan pada kucing betina, akan membantu mereka bisa hidup lebih lama dibanding kucing yang sering melahirkan.

3. Membuat Kucing Jadi Betah di Rumah

Salah satu trik agar kucing bisa betah dirumah dan tidak berusaha keluar adalah dengan melakukan streriliasi kucing. Sebab kucing dewasa pada umumnya akan keluar rumah karena mencari pasangan saat mereka birahi.

Nah pada kucing dewasa steril, rasa birahi mereka sudah hilang, sehingga mereka tidak akan berusaha mencari pasangan diluar rumah tuan mereka.

Baca Juga : Tanda Kucing Mau Melahirkan Dan Persiapan Nya

4. Membuat Kucing Berperilaku Lebih Baik dan Tenang

Kucing yang sudah steril, biasanya mereka akan memiliki sifat yang lebih tenang dari sebelumnya. Karena mereka sudah tidak memiliki birahi, dimana birahi ini yang kerap bikin kucing jadi agresif dan suka keluar rumah seenak jidat.

Selain itu dengan di bikin steril, maka kucing jantan akan menjadi tidak kecing di pojokan rumah guna menandai wilayah mereka dari pejantan lain.

Demikian informasi mengenai biaya steril kucing pada jantan dan betina.